9 Manfaat Olahraga Jalan Cepat Untuk Penyembuhan Penyakit Degeneratif

jalan-kaki-cepat

sumber : pixabay.com

MANFAAT OLAHRAGA JALAN CEPAT UNTUK KESEHATAN. Sahabat Quran yang dimuliakan Allah. Sebagai seorang muslim tentu kita sangat paham bahwa tubuh kita adalah salah satu amanah yang dititipkan oleh Allah SWT. Oleh karenanya menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan merawatnya sebaik mungkin. Selain mengkonsumsi makanan yang halal dan thoyyib, salah satu ikhtiar untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita adalah melalui olahraga teratur. Olahraga yang teratur sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Melalui olahraga, peredaran darah di tubuh menjadi lancar sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar.

Di era modern yang serba sibuk dan cepat ini, salah satu jenis olahraga yang murah meriah dan dapat dilakukan kapan pun dan dimana saja adalah berjalan kaki, tepatnya berjalan kaki dengan cepat atau jalan cepat. Olah raga ini merupakan aktifitas berjalan kaki dengan kecepatan di atas rata-rata kecepatan berjalan pada umumnya yaitu sekitar 7 sampai 9 kilometer per jam. Selain tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga seperti olahraga kompetisi, misalnya: sepakbola, bulu tangkis, futsal, dan lain-lain, ternyata hanya dengan jalan cepat ini, kita akan mendapat banyak manfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

Berjalan kaki cepat dapat di lakukan dimanapun anda berada. Baik di rumah, di tempat anda bekerja, atau dimanapun saja. Asalkan anda mau meluangkan waktu sedikit untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan kaki. Tidak hanya kaki saja yang bergerak, tetapi tangan ikut mengayun dan tubuh mengikuti irama kemanapun kita melangkah.

jalan-cepat-obat-penyakit-degeneratif

sumber : pixabay.com

Jadi umat Islam jangan malas berolahraga. Olahraga bertujuan untuk menjadikan manusia sehat dan kuat. Dalam Islam, sehat dipandang sebagai nikmat kedua terbaik setelah Iman. Selain itu, banyak ibadah dalam Islam membutuhkan tubuh yang kuat seperti shalat, puasa, haji, dan juga jihad. Bahkan Allah sebetulnya menyukai mukmin yang kuat. Oleh karena itu, olahraga itu perlu.

Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan umatnya melakukan aktifitas olahraga utama yaitu berenang, memanah, berkuda dan berlari sebagaimana sabdanya,

“Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” (HR. Ath-Thahawi).

“Lemparkanlah panahmu itu, saya bersama kamu.” (Riwayat Bukhari).

“Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani).

“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).” (Riwayat Muslim). “Berlari-lari kecillah kamu” (HR Bukhari)

Dari Abu Hurairah RA. Bahwa Rasulullah SAW bersabda “Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah”.

Jika selama ini anda belum terbiasa atau merasa malas untuk berjalan kaki, maka sebaiknya pikirkan kembali. Mengapa ? Karena selain sebagai bentuk kepatuhan kita untuk menjalankan sunnah Rasulullah SAW yaitu berolahraga, berjalan kaki juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh kita.

Berdasarkan salah satu penelitian mengungkapkan bahwa dengan berjalan kaki bisa mengurangi 10 macam penyakit degeneratif atau penyakit yang disebabkan usia ataupun pola hidup yang salah. Bahkan bisa menyembuhkan penyakit tersebut tanpa kita memerlukan banyak biaya.

9 MANFAAT OLAHRAGA JALAN KAKI CEPAT

Mulai sekarang rajin-rajinlah untuk berjalan kaki dan rasakan manfaatnya untuk mengobati penyakit. Nah, penyakit apa saja
yang bisa disembuhkan dengan berjalan kaki. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Jalan Cepat Membakar Lemak dan Mencegah Obesitas. Rutin dengan berjalan kaki cepat dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Selain sejumlah kalori akan terbuang melalui aktivitas yang menyenangkan ini , maka kelebihan kalori yang tersimpan di dalam tubuh juga ikut terbakar pula. Akibatnya, dengan rutin melakukan jalan kaki ini maka kenaikan berat badan yang memicu obesitas tidak akan terjadi.
  2. Jalan Cepat Membantu Menurunkan Kelebihan Berat Tubuh (Obesitas). Kelebihan berat badan atau sering disebut sebagai obesitas sudah menjadi isu publik. Di sisi yang lain, mempunyai berat badan ideal dan langsing adalah impian semua orang bahkan telah menjadi sebuah lifestyle. Jika anda memiliki masalah kelebihan berat badan maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan rutin berjalan kaki. Berjalan kaki dapat menggerakkan seluruh tubuh, sehingga mampu untuk mengurangi lemak terutama yang ada di perut. Lemak akan cepat terkikis, dengan syarat anda berjalan kaki secara rutin selama satu jam dan menjaga pola makan. Kelebihan berat badan juga tidak baik dampaknya bagi kesehatan karena tumpukan lemak didalam tubuh dapat menyebaban timbulnya berbagai macam penyakit, yang paling umum adalah gangguan jantung.
  3. Jalan Cepat Dapat Mencegah Terjadinya Serangan jantung. Serangan jantung datang secara tiba-tiba kapan pun saja. Serangan jantung termasuk dalam penyakit yang mematikan. Nah, tahukah anda hanya dengan berjalan kaki saja maka dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Karena otot jantung membutuhkan aliran darah yang deras (dari pembuluh koroner) agar menjadi segar dan juga dapat berfungsi secara normal untuk memompa darah tanpa berhenti. Apabila Anda sering berjalan kaki dengan ritme yang cepat maka aliran darah ke dalam jantung akan menjadi deras/kencang. Hal ini akan meningkatkan kandungan kolesterol baik atau HDL yang bekerja layaknya spons untuk menyerap kolesterol jahat atau LDL. Disarankan agar mendapatkan hasil yang optimal, maka olahraga jalan cepat ini sebaiknya dilakukan 5 kali dalam seminggu.
  4. Jalan Cepat Melancarkan Peredaran Darah dan Mencegah Stroke. Penyempitan dan penyumbatan saluran darah menuju otak dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak. Hal ini mengakibatkan pasokan oksigen dan darah menuju otak berkurang dan menyebabkan serangkaian reaksi yang dapat mematikan atau merusak sel-sel saraf otak. Kondisi itulah yang dikenal dengan serangan stroke. Jumlah penderita stroke di Indonesia dan di dunia setiap tahun semakin bertambah. Salah satu cara untuk mencegah serangan stroke itu adalah dengan berupaya agar aliran darah ke otak senantiasa lancar. Jantung yang sehat dan kuat untuk memacu aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh khususnya ke otak menjadi kunci pencegahan serangan stroke ini. Salah satunya adalah dengan kebiasaan melakukan aktifitas jalan cepat yang mudah dan murah ini. Harvad School of Public Health pernah melakukan sebuah penelitian yang dilakukan kepada sekitar 70 ribu pasiennya yang bekerja sambil berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan, yaitu resiko terkena stroke pada para pasien tersebut dapat berkurang hingga 2/3-nya.
  5. Jalan Cepat Dapat Mencegah Kanker Usus. Kanker adalah salah satu penyakit yang ganas yang dapat menyebabkan kematian setiap saat. Penderita kanker di dunia juga semakin bertambah setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan minimnya informasi tentang kanker, penderita tidak mau memeriksakan diri sedini mungkin, lingkungan yang tidak sehat, dan pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat pula. Tetapi kanker dapat dicegah sedini mungkin, Salah satunya dengan berjalan kaki. Gejala kanker akan lenyap dengan sendirinya jika anda rutin berjalan kaki. Kanker yang dimaksud disini adalah jenis kanker usus besar atau biasa disebut Colorectal Carcinoma. Anda mungkin tahu jika gerakan badan juga dapat memperlancar gerakan peristaltik (meremas-remas) pada usus, sehingga buang air besar (BAB) menjadi lancar. Sedangkan salah satu penyebab kanker usus karena kotoran yang bertahan lama di saluran pencernaan.
  6. Jalan Cepat Dapat Memperlambat Osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang sering menyerang wanita usia lanjut. Tetapi sekarang ini tidak hanya menyerang wanita usia lanjut, usia muda dan dewasa juga rentan terkena osteoporosis. Dengan sering berjalan kaki bukan hanya menyebabkan otot tubuh saja yang sehat, tetapi tulang di dalam tubuh juga ikut sehat dan kuat. Mencegah osteoporosis tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi vitamin D dan kalsium saja, tetapi tubuh membutuhkan gerakan dibawah sinar matahari pagi selama lebih kurang dari 15 menit, lebih dari itu juga lebih baik.
  7. Jalan Cepat Dapat Mengontrol Gula Darah / Penyakit Diabetes. Diabetes juga termasuk penyakit yang membahayakan jika tidak dicegah sedini mungkin. Apalagi bagi anda yang mempunyai riwayat keluarga yang terkena diabetes, maka kemungkinan terkena diabetes lebih besar. Cara yang paling mudah dan murah adalah rutin berjalan kaki sekitar 6 kilometer dan jarak tersebut ditempuh dalam waktu 50 menit. Hal ini dapat mencegah berkembangnya diabetes, khususnya bagi mereka yang bertubuh gemuk, seperti yang diutarakan National Instute of Diabetes and Gigesive & Kidney Disease. Selama gula darah anda dapat terkontrol dengan baik hanya dengan menggerakkan badan seperti jalan cepat atau brisk walking, maka obat tidak diperlukan. Yang anda perlukan hanya berjalan secara rutin untuk menjaga kesehatan tetap prima dan dapat terhindar dari diabetes.
  8. Jalan Cepat Mampu Mencegah Depresi. Depresi atau stres dapat menimpa kepada siapa saja. Pikiran yang tidak terkontrol, sering melamun, masalah keluarga, masalah pekerjaan dapat menjadi penyebab timbulnya depresi. Satu hal yang dapat menggantikan obat anti depresi yang diminum bagi penderita depresi adalah dengan berjalan kaki. Untuk itulah berjalan kaki dapat dimulai dari sekarang untuk menyembuhkan pasien yang sedang mengalami depresi.
  9. Jalan Cepat Dapat Mencegah Penyakit Kanker Payudara. Para ilmuwan di American Cancer Society mempelajari sebanyak 73.615 wanita di usia pasca-menopause, di antaranya 4.760 didiagnosis kanker payudara selama 17 tahun. Didalam kelompok tersebut, 47 persen mengatakan kerap melakukan aktivitas seperti berjalan dan penelitian menemukan dengan berjalan kaki menurunkan angka risiko terkena kanker payudara. Dr Hannah Bridges dari Breakthrough Breast Cancer juga menambahkan aktivitas hanya 30 menit sehari atau 3,5 jam seminggu maka dapat mengurangi risiko kanker payudara setidaknya 20 persen. ” Setiap kegiatan yang meningkatkan denyut nadi dapat mengurangi risiko penyakit. Sehingga berjalan cepat secara teratur adalah cara mudah dan gratis untuk menjadikan pribadi yang aktif,” tambahnya.

” Setiap kegiatan yang meningkatkan denyut nadi dapat mengurangi risiko penyakit. Sehingga berjalan cepat secara teratur adalah cara mudah dan gratis untuk menjadikan pribadi yang aktif,” (Dr. Hannah Bridges).

KEBAIKAN DARI AKTIFITAS BERJALAN KAKI KE MESJID

Selain manfaat penyembuhan penyakit degeneratif di atas, bagi kita umat muslim pria yang memiliki kewajiban shalat 5 waktu berjamaah di mesjid, akan mendapatkan 2 kebaikan, yaitu :

  1. Ditinggikan derajatnya
  2. Dihapuskan dosa-dosanya
keutamaan-berjalan-kaki-ke-mesjid

gambar : taotauajer.blogspot.co.id

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Abu Huroiroh,

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan
kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya”. (HR. Muslim no. 15-53)

Dari Ubai bin Kaab r.a katanya:

“Ada seorang lelaki yang setahuku dialah yang paling jauh tempat tinggalnya dari masjid. Walaupun begitu dia tidak pernah ketinggalan bersolat jamaah. Kata orang kepadanya: “Alangkah baiknya jika kamu membeli seekor keldai untuk tunggangan kamu di malam gelap atau di panas terik”. Dia menjawab: “Aku tidak suka tinggal berdekatan dengan masjid kerana aku ingin supaya setiap langkahku pergi dan pulang dari masjid ditulis Allah pahalanya bagiku”. Sabda Rasulullah SAW : “Allah mengumpulkan pahala semuanya itu bagi mu”. (Riwayat Muslim)

 

MasyaAllah, betapa luar biasanya kebaikan dari sisi agama dan manfaat olahraga secara fisik dari jalan kaki cepat ini.

Jadi ??? Tunggu apalagi ???

Yuk segera kita rutinkan olahraga jalan kaki cepat ini, agar kita dapat menjadi muslim dan muslimah yang sehat dan kuat fisiknya untuk berdakwah dan berjihad di jalan Allah SWT. Aamiin…

Semoga bermanfaat…

author
Author: 

    Leave a reply "9 Manfaat Olahraga Jalan Cepat Untuk Penyembuhan Penyakit Degeneratif"