Asyiknya Menghafal Alquran Dengan Software Aplikasi AYAT

No comment 3319 views

menghafal-alquran-dengan-aplikasi-ayatMENGHAFAL ALQURAN DIMANA SAJA. Perkembangan teknologi informasi dan digital yang sangat pesat saat ini, apabila digunakan untuk kebaikan di jalan Allah, tentu saja akan menghasilkan amalan yang luar biasa. Kalau saat ini banyak info-info yang beredar dan menjadi viral, hingga bisa diketahui semua orang dimanapun dia berada, maka informasi yang akan penulis sharing kali ini pun harus kita viralkan, agar semakin banyak orang yang mendapatkan kebaikan, khususnya diri kita sendiripun bisa mendapatkan imbas pahala kebaikan juga. Alhamdulillah saat ini sudah ada aplikasi atau software untuk membantu kita untuk mempelajari, membaca dan menghafal Alquran dimana saja.

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini sangat memudahkan kita, untuk mempelajari dan menghafalkan Alquran. Software hafalan quran yang diberi nama “Aplikasi Ayat” ini, merupakan produk kreasi dari  Proyek Al-Qur’an Al-Karim dari King Sa’ud University. Saat ini sudah tersedia sampai dengan versi terakhir yaitu versi 1.4.

Hingga versi terakhir ini Aplikasi Ayat sudah dapat digunakan dalam berbagai platform yaitu :

  • Versi desktop untuk berbagai platform popular yaitu system operasi Windows (XP, Vista, 7 dan 8), Mac, dan Linux
  • Versi mobile untuk platform sistem operasi Android dan Ios

Sungguh sangat beruntung kita yang diberi kesempatan untuk dapat memiliki Aplikasi Ayat ini, karena disediakan secara gratis bagi siapapun yang mau mempelajari Alquran. Rasanya sudah tidak ada alasan lagi bagi siapapun umat muslim saat ini, untuk tidak mempelajari Alquran. Mengapa ? Karena sudah tersedia berbagai kemudahan yang menjadikan aktifitas membaca, menghafalkan dan mempelajari Alquran menjadi sebuah aktifitas yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Tidak hanya terbatas bagi para pencinta Alquran saja, tetapi bagi siapapun yang merasa dan mengaku sebagai umat nabi Muhammad, yang mengakui Alquran sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat, maka sudah menjadi kewajiban untuk mempelajari Alquran.

tampilan-mushaf-alquran-aplikasi-ayat

Hingga saat ini, sudah lebih dari 500.000 orang mengunduh dan memanfaatkan Aplikasi Ayat ini di seluruh dunia. Berbagai fitur dan keunggulan yang tersedia dalam Aplikasi Ayat ini antara lain sebagai berikut :

  • Tampilan menu yang mudah dan user friendly
  • Tampilan Mushaf Sesuai Cetakan Mushaf Al-Madinah
  • Tersedia pilihan Mushaf : Mushaf Madinah, Mushaf Tajwid Berwarna Sesuai Hukum Tajwid, Mushaf Riwayat Warsy ‘an Nafi’
  • Tilawah Oleh Qari’ Ternama (dua diantaranya dengan Riwayat Warsy ‘n Nafi’). Tersedia lebih dari 20 Qari international yang dapat dipilih sesuka kita.
  • Pengulangan Bacaan Ayat Sebanyak yang Diinginkan dengan jarak bacaan yang dapat disesuaikan.
  • Pencarian Teks Ayat Al-Qur’an.
  • Pencarian Langsung ke Nama Surat, Ayat, Juz, atau Halaman.
  • Lima Tafsir Dalam Bahasa Arab : As-Sa’di, Ibn Katsir, Al-Baghawi, Al-Qurthubiy, Ath-Thabariy.
  • Tafsir Dalam Bahasa Indonesia : Tafsir Jalalayn
  • Satu Tafsir Dalam Bahasa Inggris,  Tafheem Al-Quran karya Al-Maududi.
  • I’rab (Tatabahasa) Al-Qur’an oleh Qasim Da’aas.
  • Terjemah Al-Qur’an ke dalam Lebih dari 20 Bahasa Dunia.
  • Pembacaan Terjemah Al-Qur’an ke dalam Tiga Bahasa, Inggri, Francis dan Urdu.
  • Sinkronisasi antara bacaan dan ayat yang dibaca (ayat yang sedang dibaca akan diberi tanda dengan warna).
  • Sinkronisasi antara Tilawah dan Terjemah (Terjemah akan sesuai ayat yang dibaca)
  • Dilengkapi fitur untuk hafalan Alquran dengan tampilan ayat yang dapat di munculkan dan dihilangkan sesuai dengan ayat yang sedang dihafalkan
  • Interface program ini dalam bahasa Arab dan Inggris

FITUR MENGHAFAL ALQURAN APLIKASI AYAT

Bagi sahabat yang sedang menghafalkan Alquran, salah satu cara menghafal alquran yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan metode pengulangan/repetisi atau bittikrar dalam bahasa arab. Melalui metode paling kuno dan paling banyak digunakan ini, para penghafal Alquran tidak perlu secara khusus melakukan aktifitas menghafal. Dengan seringnya mendengarkan lantunan ayat-ayat Alquran yang sedang dihafalkan, baik dibaca sendiri maupun dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran dari media pemutar audio (tv, radio, mp3, handphone, dll), maka dengan sendirinya ayat-ayat tersebut akan terekam di alam bawah sadar kita. Sehingga ayat-ayat Alquran tersebut akan hafal dengan sendirinya, hafal tanpa perlu menghafal.

fitur-repetisi-pengulangan-aplikasi-ayat

Aplikasi Ayat ini menyediakan fitur untuk menunjang metode tersebut yaitu fitur pengulangan/repeating. Pengguna Aplikasi Ayat dapat menyimak ayat yang ingin dihafal secara berulang-ulang. Tak tanggung-tanggung, pilihan jumlah pengulangan tersedia hingga 1000 kali. Setting pengulangan pun diatur secara detail. Kita bebas untuk memilih banyaknya ayat yang ingin di ulang-ulang. Termasuk juga berapa kali pengulangan yang diinginkan per ayatnya.  Misalkan kita ingin menghafalkan surat Al-Bayyinah ayat 1-20, maka kita bisa melakukan pengaturan untuk mengulang-ulang ayat 1-20 sesuka kita. Begitu pula untuk masing-masing ayat ke-1, 2, 3 dst hingga ke-20 masing-masing dapat pula kita atur pengulangannya. Jadi bila kita ingin mengulang sebanyak 10 kali per ayat dan 10 kali juga untuk ayat 1-20, maka total pengulangan yang akan terjadi adalah 200 kali pengulangan.

Tidak berhenti hanya di situ saja, fitur pada Aplikasi Ayat ini juga bisa mengatur jeda / lama waktu tunggu antar ayat atau antar rangakaian ayat yang akan diulang-ulang tersebut. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita  yang sedang menghafalkan saat di perjalanan, atau sedang melakukan pekerjaan ringan yang kadang membutuhkan waktu jeda beberapa saat.

Begitu pula dengan pilihan qori yang tersedia, dapat kita pilih sesuka kita. Masing-masing qori international yang tersedia pada Aplikasi Ayat ini, memiliki kekhasan tersendiri dari sisi irama tilawah Alqurannya. Hal ini tentu saja menghadirkan keasyikan dan kesenangan tersendiri saat mendengarkan lantunan murotal Al Quran / tilawah yang dilafazkan oleh masing-masing qori tersebut.

daftar-qari-software-menghafal-alquran-aplikasi-ayat

Fitur berikutnya yang menurut penulis sangat bagus adalah, tersedianya fungsi tes/uji hafalan secara mandiri. Fungsi ini berguna saat kita ingin menguji apakah hafalan ayat-ayat Alquran kita sudah benar atau tidak. Kita tinggal memilih hafalan rangkaian ayat mana yang ingin uji. Lalu aplikasi Ayat ini akan menampilkan cuplikan salah satu ayat dari rangkaian ayat yang sudah kita pilih tadi secara acak untuk kita lanjutkan. Apabila kita masih lupa, maka tinggal kita tap saja simbol di baris yang sedang diujikan, dan secara perlahan akan muncul ayat yang tadi kita lupakan tersebut.

fitur-uji-hafalan-ayat-aplikasi-ayat

 

 

Keren sekali bukan ? Masih menunda untuk mempelajari Alquran ?

 

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS Al Fathir: 29-30)

Dari sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda :
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)

“Orang yang mahir membaca al Qur’an bersama malaikat yang mulia lagi taat. Adapun orang yang membaca al Qur’an dengan terbata-bata dan berat atasnya maka baginya dua pahala” (HR. Bukhari – Muslim)

 

Jadi ….. tunggu apalagi sahabat ! Ayo kita jaga Alquran dengan budaya menghafal Alquran.

Segera saja unduh Aplikasi Ayat ini, dan rasakan kenikmatan melantunkan murotal Al Quran serta berlama-lama dan bermesraan dengan Alquran tercinta.

Salam

sumber : http://quran.ksu.edu.sa

author
Author: 

    Leave a reply "Asyiknya Menghafal Alquran Dengan Software Aplikasi AYAT"