Film Anak Islami Dodo Dan Syamil : Cara Asyik Mengajarkan Agama Pada Anak

syamil-dan-dodo-seri-dikejar-paman-adulFILM ANAK ISLAMI DODO DAN SYAMIL. Waah… Dodo dan Syamil serta kawan-kawannya dikejar Paman Adul hingga jatuh bertubrukan, untung saja mereka berhasil sembunyi di masjid. Kebetulan saat itu mereka bertemu dengan Kak Nadya, “Adik-adik sedang apa ? Kebetulan sudah masuk waktu sholat, sekalian saja kalian berwudhu, terus segera sholat ya”, begitu pesan kak Nadya. Tapi kok Dodo wudhunya cepat sekali ya ? Lalu, adakah cara lain untuk bersuci selain berwudhu ? Mengapa pula Syamil sampai tertawa terbahak-bahak melihat wajah Dodo yang belepotan tanah ?……..

Nah begitulah kira-kira secuplik fragmen dalam film anak islami seri Dodo dan Syamil yang penulis ambil dari salah satu serial yang berjudul Bersuci. Film ini merupakan film animasi untuk anak-anak yang dibalut dengan beragam kisah dan cerita keseharian anak-anak. Penuh dengan canda dan kejadian-kejadian lucu, ceria khas anak-anak, bahkan kadang diselingi dengan tingkah laku nakal mereka, terutama tokoh yang bernama Dodo. Tokoh ini memang menjadi pusat cerita dalam film animasi seri pendidikan anak muslim ini.

Film animasi anak islami besutan NCR Production ini, merupakan produk unggulan dari perusahaan animasi lokal, yang khusus bergerak dalam bidang industri animasi berbasis edukasi dan hiburan (edutainment). NCR Production sendiri merupakan brand utama dari PT. Nada Cipta Raya yang memproduksi serial Dodo dan Syamil dalam paket Seri Ensiklopedia Anak Muslim. Film animasi ini sudah mulai diperkenalkan pada penonton Indonesia sejak tahun 2013 bertepatan dengan bulan Ramadhan dan ditayangkan oleh salah satu televisi swasta. Satu tahun kemudian tepatnya 2014 film serial ini mendapatkan penghargaan dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), sebagai acara anak terbaik 2014.

Film memberikan pengaruh yang besar terhadap jiwa manusia. Dalam ilmu Psikologi Komunikasi dikenal dengan gejala “Identifikasi Psikologi”, yaitu efek seseorang yang merasa terlibat dengan tokoh yang ada dalam film, seolah-olah ia ikut merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh-tokoh dalam film yang ditampilkan tersebut. Ditengah banyaknya film-film yang hanya mengutamakan unsur hiburan semata, baik film dewasa maupun anak-anak, jelas sekali kehadiran film bernuansa pendidikan dan dakwah seperti Film Anak Islami Dodo dan Syamil ini sangatlah dibutuhkan sebagai penyeimbang.

Dari sekian banyak film kartun animasi yang tayang di Indonesia, hampir tidak ada film anak yang menghadirkan edukasi dan pengetahuan tentang agama. Miskinnya film-film kartun animasi bertemakan pendidikan Islam membuat kita para orang tua muslim menjadi bingung. Ingin melarang anak-anak menonton film, tapi tidak memiliki alternatif pengganti yang positif.  Film Animasi Anak Islami Dodo dan Syamil merupakan animasi yang didalamnya mengandung pesan pengajaran tentang pengetahuan Agama Islam. Kisah yang sederhana diangkat dari kejadian sehari-hari namun dikemas dengan adegan dan cerita lucu yang dapat membuat anak-anak tertawa. Hal lain yang lebih utama adalah membantu anak-anak untuk dapat memahami Islam dengan lebih mudah dan indah.

Tidak mengherankan jika film animasi anak islami ini sangat digemari oleh anak-anak. Bagi para orang tua tentu akan sangat terbantu dengan adanya film animasi yang sangat mendidik ini. Pelajaran tentang ibadah dan amaliah yang akan kita ajarkan pada anak-anak, akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh mereka. Tidak sedikit yang kemudian menjadikan tokoh-tokoh dalam serial ini sebagai “idola”, untuk menjadi contoh baik yang harus ditiru dan contoh buruk tingkah laku keseharian anak-anak yang tidak boleh dilakukan/ditiru.

Tentunya sebagai anak bangsa, merupakan sebuah kebanggaan bahwa film animasi anak islami seri Dodo dan Syamil ini, merupakan produk lokal yang mampu bersaing dengan produk-produk sejenis dari mancanegara. Sejak ditayangkan di bulan Ramadhan 2013 oleh salah satu stasiun TV, film ini masih bertahan hingga Ramadhan tahun 2016 lalu. Mudah-mudahan akan terus dipertahankan dari tahun ke tahun dan dikembangkan terus dengan materi-materi atau pun serial-serial baru yang lebih variatif dan menarik. Oleh karenanya tugas kita untuk memastikan produk lokal bisa berjaya di tanah air. Jadi jangan ragu untuk menyajikan tontonan bermutu ini kepada anak -anak kita.

Untuk lebih mengenal tokoh dan karakter yang ada pada serial film animasi anak islam Dodo dan Syamil ini mari kita coba lihat sekilas beberapa informasi terkait dengan film ini.

TOKOH DAN KARAKTER SERIAL DODO DAN SYAMIL

dodo dan syamil

DODO

Seorang anak laki-laki berperawakan gembul. Kepalanya cenderung botak, karena rambut yang tumbuh sangat jarang-jarang. Periang, lucu, dan sembrono. Dodo adalah karakter utama yang mendampingi Syamil. Dodo suka iseng dan memiliki keyakinan diri yang kuat dan cenderung sombong. Dalam memahami ilmu agama cenderung asal dan salah kaprah.

 

 

dodo dan syamil

SYAMIL

Seorang anak laki-laki berpawakan sedang. Berambut keriting, setia kawan, jujur, dan amanah. Namun syamil agak cengeng bila harus berdebat atau membela diri. Syamil adalah karakter utama dalam serial ini. Dibandingkan dengan Dodo sahabatnya, Syamil lebih banyak memahami ilmu agama, meskipun juga masih terbatas. Syamil berasal dari keluarga yang religius Islami.

 

 

Alur dan Konsep Cerita Serial DODO dan SYAMIL

Cerita diawali dengan peristiwa yang menampilkan kelalaian atau kesalahpahaman yang dilakukan oleh Dodo. Lalu Syamil akan mencoba untuk meluruskan permasalahan yang muncul, namun karena keterbatasan pengetahuan dan ilmu yang dimilikinya maka masalah yang muncul tidak dapat diselesaikan dengan baik. Selanjutnya akan muncul tokoh Nadia atau tokoh lain yang mewakili sosok lebih tua dan memiliki pemahaman agama yang lebih baik, dan berperan untuk memberikan penjelasan dan pencerahan terhadap kasus yang sedang dihadapi oleh Dodo dan Syamil serta kawan-kawannya.

Konsep Cara Penyampaian Pesan Moral dan Edukasi Film Anak Islami DODO dan SYAMIL

Pesan dan inti edukasi menyatu dalam cerita. Pesan dan isi dari edukasi yang akan disampaikan diambil dari sumber-sumber literatur pendidikan agama Islam yang bersumber Al-Qur’an, Hadist, dan Sejarah Islam. Selain itu dilengkapi juga dengan sumber-sumber lain yang masih berhubungan / relevan dengan konsep cerita. Dengan demikian isi dan pesan moral yang ingin disampaikan dapat diterima  dan disukai karena disampaikan melalui keunikan karakter dalam berperilaku serta pemahaman dari ilmu pengetahuan islam yang disampaikan. Rangkaian cerita dengan isi dan pesan moral yang disampaikan, merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi dalam setiap episodenya sehingga merupakan ensiklopedi anak muslim lengkap.

syamil-dan-dodo-paket-lengkap-21-judulHingga tulisan ini penulis bagikan, total serial Film Anak Islami Dodo dan Syamil ini telah tersedia hingga 21 judul. Yang terdiri dari beragam materi tentang pengetahuan Islam di dalamnya, yaitu :

1. Shalat
2. Haji
3. Puasa Yuuk!!
4. Rukun Iman
5. Hukum dalam Islam
6. Shalat 2
7. Syahadat
8. Alam Kehidupan
9. Zakat
10. Akhlak Mulia
11. Adat & Syariat
12. Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW
13. Bersuci
14. Shalat Berjamaah
15. Harta Temuan
16. Sejarah Al-Qur’an
17. Mari Mengenal Allah
18. Shalat Sunnah
19. Mari Mengenal Nabi
20. Berhaji Seperti Nabi
21. Berwudhu Seperti Nabi

 

Untuk melihat gambaran tentang isi dari masing-masing judul Film Anak Islami Dodo dan Syamil di atas, pembaca dapat melihat cuplikan video berikut ini :


Bagi sahabat yang ingin memiliki Film Animasi Anak Islami Dodo dan Syamil dapat menghubungi kontak berikut ini :

HP/SMS/WA : 087821830344

 

Semoga bermanfaat….

 

 

author
Author: 

    Leave a reply "Film Anak Islami Dodo Dan Syamil : Cara Asyik Mengajarkan Agama Pada Anak"