Kisah Para Hafidz Quran dalam Buku Negeri-Negeri Penghafal Alquran

NEGERI-NEGERI PENGHAFAL AL-QURAN. Sahabat-sahabatku pencinta Al Quran, Alhamdulillah telah hadir buku yang akan mengajak sahabat sekalian berpetualang dan bertemu dengan para Hafidz Quran serta para penghafal Al Quran dari berbagai negara di 4 benua, tepatnya pada 32 negara. Buku ini bisa dibilang merupakan pelengkap dari film dokumenter tentang para penghafal Alquran dalam format DVD yaitu DVD Perjalanan Bersama Al Quran yang merupakan film dokumenter kisah para Hafidz Quran di seluruh belahan dunia.

buku-kisah-hafidz-quran-negeri-negeri-penghafal-al-quran

Syukur Alhamdulillah, bahwa saat ini fenomena hadirnya para hafidz Quran dan hafidzah terasa semakin semarak gaungnya di tanah air kita. Berbagai acara perlombaan hafalan quran semakin menjamur dan diminati oleh mayoritas kaum muslim tanah air. Tidak hanya itu saja, bahkan berbagai fasilitas dan kemudahan juga mulai bermunculan dan disediakan khusus bagi para hafidz quran dan hafidzah.

Boleh dikatakan saat ini, menjadi seorang hafidz quran dan hafidzah serta penghafal quran, sudah menjadi sebuah simbol kehormatan bagi seorang manusia. Karena memang demikianlah adanya, bahkan Allah SWT pun sudah mengatakan dalam Alquran tentang bagaimana keutamaan membaca dan menghafal Alquran bagi hamba-Nya.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kita Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambahkan kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”
(QS. Faathir 35:29-30)

Begitu pula junjungan kita Nabi Muhammad SAW pun telah menyampaikan dalam berbagai hadistnya tentang keutamaan tersebut, seperti salah satu sabdanya,

“Barangsiapa menghafal Al-Quran maka seakan-akan disisipkan kenabian di antara kedua pundaknya, hanya saja tidak diturunkan wahyu kepadanya.” (HR. Al-Hakim)

“Sebaik-baiknya kalian adalah siapa yang mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya”.
(HR. Bukhari)

Dari Anas r.a, Ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, ” Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia.” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu ya Rasulullah ? ” Baginda menjawab, “Yaitu ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Al-Quran dan mengamalkan isinya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah”.

Jauh sebelum mendapat liputan stasiun TV dan media massa, fenomena hafidz Quran sebenarnya telah berjalan di pondok-pondok pesantren tradisional, masjid, mushala dan surau di tanah air. Ribuan hafidz Quran dan hafidzhah telah muncul setiap tahunnya. Hanya saja nama, kehebatan, dan peranan besar mereka tidak terlalu mendapat perhatian mayoritas kaum muslimin tanah air. Baru setelah mendapat sorotan dari stasiun TV dan media mainstream, fenomena Tahfizhul Qur’an menjadi primadona yang mendapat tempat istimewa di hati umat Islam.

Para Hafidz Quran sendiri di dunia islam bukan hal yang asing. Di banyak negara berpenduduk mayoritas muslim, tahfizh Al-Qur’an bahkan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan beragama mereka. Sebanyak 12,3 juta atau sekitar 18,5 persen dari total 67 juta jiwa penduduk Mesir adalah hafidz Quran.

Sebanyak 7 juta jiwa penduduk Pakistan adalah hafidz Quran. Sebanyak 1 juta jiwa atau sekitar 20 persen penduduk Libya adalah hafidz Quran. Mayoritas anak-anak Mauritania, sebuah negara di Afrika barat yang berada di pesisir Samudra Atlantik, adalah hafidz Quran.

Umat Islam di negara-negara yang hidup puluhan tahun di bawah rezim komunis sekalipun, Bosnia dam Chechnya misalnya, tiap tahun melahirkan puluhan hafidz Quran dan hafidzhah. Bahkan para hafidz-hafizhah Bosnia tidak sekedar hafal 30 juz Al-Qur’an, namun juga menguasai qira’ah ‘asyrah!

Umat muslim Turki yang puluhan tahun hidup dalam penindasan rezim sekuler mampu mencetak 5000 hafidz Quran dan hafidzhah setiap tahun. Sementara umat muslim di jalur Gaza yang terkepung dan selalu diinvasi oleh penjajah Israel, setiap tahun rata-rata meluluskan 10.000 hafidz Quran  dan hafidzhah baru.

Prestasi luar biasa negeri-negeri muslim tersebut tidak bisa dilepaskan dari banyaknya pondok pesantren tahfizh Al-Qur’an, madrasah tahfizh Al-Qur’an dan halaqah tahfizh Al-Qur’an di tengah penduduknya. Di Pakistan terdapat 12 ribu madrasah tahfizh Al-Qur’an di Arab Saudi 1500 madrasah, dan Turki 37 ribu madrasah. Di Mauritania, Tunisia, Maroko, Libya, Sudan, Yaman, dan Indonesia jumlahnya mencapai ratusan hingga ribuan.

Buku ini merekam semarak kegiatan tahfizh Al-Qur’an di 32 negara di empat benua di dunia. Buku ini juga mengungkapkan secara jelas beragam metode tahfizh atau cara menghafal Alquran dengan keunikan dan kelebihannya. Lika-liku serta suka dan duka yang dialami oleh seseorang yang sedang berproses menghafalkan Alquran. Mulai dari proses awal membaca dan melakukan murotal Al quran hingga proses tahfizh hingga menjadi seorang hafidz Quran.

Selain itu kita juga akan diberikan paparan kisah-kisah kehidupan / biografi dari para hafidz Quran dan qari-qari yang menjadi pelopor dunia Islam. Lebih istimewa lagi, buku ini seakan mengajak Anda untuk berkeliling dunia, menyusuri negeri-negeri para penghafal Al-Qur’an. Semoga kita bisa mendapatkan banyak pelajaran dan hikmah dari buku ini.

DETIL KISAH HAFIDZ QURAN DALAM BUKU “NEGERI-NEGERI PENGHAFAL AL QURAN”

Judul Buku : Negeri-Negeri Penghafal Al-Qur’an
Penulis : Abu Ammar & Abu Fatiah Al-Adnani
Penerbit : Al-Wafi Publishing
No. ISBN : 978-979-1039-1093-38-5
Ukuran : 24.5 x 18 cm
Halaman : 590 halaman
Berat : 1231 gram

Harga : Rp. 143.000,- (belum termasuk ongkir)

Daftar Isi :

  • Bab Pertama : Al-Qur’an Kitab Suci Paling Ajaib Sepanjang Zaman
    1. Al-Qur’an Mukjizat Terbesar Nabi Sepanjang Zaman
    2. Enam Sikap Muslim Untuk Meraih Kemuliaan Al-Qur’an
    3. Al-Qur’an Satu-Satunya Kitab Suci Yang Bisa Dihafal
    4. Hafal Al-Qur’an Vs Hafal Injil
    5. Gerakan Menghafal Al-Quran Berkembang Pesat Di Indonesia Dan Dunia
    6. Peranan Strategis Penghafal Al-Quran Di Masyarakat
    7. Manfaat-Manfaat Menghafal Al-Quran
    8. Orang Yahudi Sangat Takut Kepada Para Penghafal Al-Qur’an
    9. Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Menghafal Al-Qur’an
  • Bab Kedua : Negeri-Negeri Penghafal Al-Qur’an
    1. Pengaruh halfalan alquran dalam kehidupan
    2. Wisata ruhani keliling dunia bersama alquran
    3. Mengenal sosok Syaikh Fahd bin Salim Al-Khandari
    4. Organisasi internasional tahfizh Alquran
    5. Para huffazh Alquran dari benua afrika
    6. Para huffazh Alquran dari benua eropa
    7. Para huffazh Alquran dari benua asia
    8. Para huffazh Alquran dari benia Amerika
  • Bab Ketiga : Indonesia Negeri Penghasil Lembaga Tahfidz Terbaik Dunia
    • 30000 hafiz Alquran di Indonesia
    • Gerakan baca tulis Alquran tradisional sebagai produsen huffazh Indonesia
    • Ponpes tahfizh Alquran modern
    • Akselerasi tahfidz Alquran luluskan ratusan hafizh dalam dua bulan
    • Tahfidz award, darul Alquran mendapat penghargaan sebagai lembaga tahfidz terbaik
    • Daftar nama pondok pesantren tahfizh se-Indonesia
    • Senarai Ma’ahid, Madaris, dan Lembaga Pendidikan Tahfidzul Quran di Indonesia
    • Fenomena demam odoj merebah nusantara
    • Mukjizat yang berjalan
    • Kisah tukang becak yang sukses mendidik 8 anaknya menjadi hafizh Alquran
    • Kisah keluarga dakwah yang 10 anaknya menjadi hafizh dan hafizhah Alquran
    • Kiat sukses mengelola lembaga tahfidz Alquran

kisah-para-hafidz-quran-vcd-bonus-buku-negeri-negeri-penghafal-al-quran

Bonus:
VCD TAPAK TILAS Perjalanan SYAIKH FAHD AL-KANDARI Dalam Safari Al-Qur’an di Lebih dari 20 Negara di Dunia.

Pemesanan Buku Kisah Para Hafidz Quran – “Negeri-Negeri Penghafal Al Quran” ini silahkan kontak :
HP/SMS/WA : 087821830344
Pin BB : 27C69F90

Selamat berpetualang.

author
Author: 

    Leave a reply "Kisah Para Hafidz Quran dalam Buku Negeri-Negeri Penghafal Alquran"