Petunjuk Cara Menggunakan Al quran Hafalan Tikrar

No comment 5841 views

AL QURAN HAFALAN TIKRAR. Syaamil Quran yang merupakan penerbit Alquran terkemuka di negeri ini telah meluncurkan produk baru yang diberi nama Al quran Tikrar. Penerbitan mushaf Al quran Tikrar tepat menjelang bulan Ramadhan 1436 H/2015 M merupakan momentum yang sangat tepat dan pas, karena keistimewaan dari produk yang satu ini yaitu merupakan Al quran Hafalan. Al quran Tikrar sebagai Al quran Hafalan menerapkan metode dan cara menghafal Alquran dengan sistematika repetisi/pengulangan/tikrar.

Metode Tikrar yang diterapkan pada Al quran Tikrar, merupakan bentuk sistematisasi dari cara menghafal AlQuran paling tua dan banyak diamalkan oleh para huffazh (penghafal AlQuran) dari dulu hingga sekarang. Menurut kesaksian Syekh Abo Omar Al Iraqy, para santri tahfizh di masjid Nabawi dan Haram Makkiy pun melakukan tikrar/pengulangan hingga minimal 40 kali.

Pengulangan merupakan kunci kesuksesan hafalan, semakin sering diucapkan maka akan semakin kuat kita mengingatnya, demikian kesimpulan hasil penelitian modern tentang fakta bahwa pengulangan/repetisi sangat membantu menguatkan hafalan. Begitu pula riwayat dari Imam Al Bukhari, salah seorang perawi hadist yang sangat terkenal akan kekuatan hafalannya  menyatakan bahwa, “Saya tidak menemukan cara menghafal yang lebih efektif selain dengan cara terus menerus melihat tulisan dan mengulang-ngulang perkataan, karena itulah sejatinya hafalan”.

Sangatlah tepat jika tagline “Hafal Tanpa Menghafal” digunakan oleh Al quran Tikrar untuk menggambarkan akhir proses yang akan didapat apabila menerapkan metode dan petunjuk yang ada pada Al quran hafalan ini dengan konsisten dan istiqamah. Siapapun bisa menjadi penghafal Alquran, asalkan mau menerapkan cara menghafal Alquran yang ada pada sistem tikrar ini secara konsisten. Mulailah dari surat-surat pendek yang lebih mudah, secara perlahan dan sistematis baru beranjak kepada surat-surat dengan ayat-ayat yang sedang panjangnya hingga surat-surat panjang.

Akan lebih baik bila dapat ditambah dengan sering mendengarkan bacaan surat yang sedang dihafalkan melalui audio seperti mp3 quran, aplikasi quran online yang banyak beredar dan bisa diperoleh dengan mudah serta gratis pada perangkat handphone android, ataupun melalui media audio/visual lainnya. Semakin sering diperdengarkan dan diulang-ulang bacaan alquran kita, maka akan semakin mudah diserap oleh memori otak kita. Hingga tanpa sadar ayat-ayat Alquran yang sedang kita hafalkan sudah melekat dan terekam dalam memori otak kita.

Petunjuk Cara Menggunakan Al quran Hafalan Tikrar

Berikut cara menggunakan alquran tikrar sebagaimana tertera pada halaman awal mushaf Al quran Tikrar ini.

petunjuk-penggunaan-al-quran-tikrar

                                                                                               Petunjuk Penggunaan Al Quran Tikrar

Berikut kesaksian dari Dr. Amir Faisol Fath, seorang penulis dan penceramah serta founder dari Fath Institute dan Rumah Tafsir Alquran RTQ serta www.dakwatuna.com. Beliau juga sekaligus sebagai juri acara Hafiz Indonesia RCTI dan pakar tafsir Alquran International Islamic Universitas Islamabad.

“Saya takjub dengan metode yang digunakan dalam Al Quran Tikrar. Metodenya terstruktur dan mempermudah bagi yang ingin menghafal Al Quran. Saya merekomendasikan Al Quran Tikrar yang diterbitkan oleh Syaamil Quran ini untuk digunakan oleh para calon penghafal AlQuran”.

testimoni-Alquran-Tikrar-Syeikh-Ali-Jaber

Beruntunglah kita yang saat ini mendapatkan kesempatan untuk bisa memiliki Al Quran Tikrar ini, karena kesempatan untuk bisa mempelajari dan menghafalkan Alquran sebagai salah satu ibadah terbaik yang bisa kita lakukan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW :

Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”” (HR. Muslim)

Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dan keistiqamahan untuk mempelajari AlQuran. Dengan mengetahui cara menghafal alquran dengan alquran tikrar ini, insya Allah usaha kita untuk menghafalkan Alquran akan terwujud, agar nantinya dapat menjadi bekal yang akan mempermudah jalan kita untuk menghadap-Nya kelak….Aamin Ya Rabbal Alaamin.

Harga Alquran Tikrar :

Ukuran A5 (14,8 cm x 21,1 cm) : Rp. 79.000,-
Ukuran B6 (12 cm x 16,6 cm)) : Rp. 59.000,-
Ukuran A4 (21,5 cm x 30,1 cm) yaitu Rp. 129.000,-

(belum dihitung ongkir dari Kota Bandung, kurir JNE)

Untuk pemesanan dapat menghubungi :
HP : 087821830344
Pin : 27C69F90
WA : 088218454806

author
Author: 

    Leave a reply "Petunjuk Cara Menggunakan Al quran Hafalan Tikrar"