Download Surah Yasin di Smartphone Apakah Boleh Dilakukan?

DOWNLOAD SURAH YASIN. Saat ini hampir semua aktivitas kita tidak terlepas dari bantuan teknologi, karena adanya teknologi memang diperuntukkan mempermudah semua aktivitas manusia. Termasuk didalamnya adalah untuk melakukan amal kebaikan.

Salah satu teknologi yang sangat mendukung untuk berbuat amal kebaikan adalah teknologi smartphone dan internet. Dengan teknologi tersebut salah satu amal kebaikan yang banyak diamalkan saat ini adalah, mendownload file surah-surah dalam Al Quran ke smartphone kita. Salah satu surah yang cukup populer dan banyak didownload adalah download Surah Yasin MP3.

Kemudahan ini bisa membantu kita untuk mendengarkan bacaan dan lantunan ayat-ayat suci yang ada di dalam Al Qur’an kapan saja dan dimana saja. Sehingga siapapun bisa mendapatkan pahala dengan melakukan hal ini. Pastikan juga untuk mendengarkan surah yang ada di dalam Al Qur’an di tempat yang tepat.

Al Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam. Orang yang membaca dan juga mendengarkan bacaan Al Qur’an akan mendapatkan pahala. Untuk itu sebagai umat Islam dianjurkan untuk membaca Al Qur’an setiap hari, meskipun hanya satu ayat saja.

Hal tersebut kita lakukan karena terdapat banyak manfaat yang didapatkan dengan membaca Al Qur’an. Sebagaimana Allah SWT berfirman, yang artinya :

“Apabila dibacakan al-Quran, perhatikanlah dan diamlah, maka kalian akan mendapatkan rahmat.” (QS. al-A’raf: 204)

Allah juga berfirman di surat yang lain, yang artinya :

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka melakukan tadabbur terhadap ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.” (QS. Shad: 29)

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukur” (QS. Al Fathur : 39-40)

Yang dimaksud mendengarkan di sini adalah memperhatikan dan mentadabburi Al-Quran. Selain mendapatkan pahala berlimpah, juga bisa mendatangkan ketenangan di dalam hati.

Oleh karena itu membiasakan diri untuk senantiasa rutin membaca Al Qur’an setiap hari, merupakan salah satu tips terbaik untuk menenangkan hati agar jauh dari rasa galau dan gelisah. Bukan hanya bagi yang membacanya, bahkan bagi yang mendengarkannya pun akan mendatangkan pahala, seperti firman Allah SWT di atas.

Rasulullah SAW pun menyampaikan berbagai manfaat dan keutamaan membaca Al Quran sebagaimana hadist berikut :

“Bacalah Alquran karena sesungguhnya dia datang memberi syafaat bagi pembacanya di hari Kiamat.” (HR. Muslim)

Rasulullah Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah bersabda :

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi no. 6469)

Bolehkah Download Surah Yasin di Smartphone?

Bagi yang membaca Al Quran secara lancar atau masih terbata-bata, tidak perlu khawatir dan risau. Sebab Allah tetap memberikan pahala bagi yang mau berusaha membaca kitab suci tersebut.

Jangan pula takut karena dibilang terlambat belajar Al Quran saat usia sudah tua. Sebab, Allah tetap memberikan kemudahan bagi siapa saja yang mau belajar dan mengambil pelajaran dari Al Quran.

Itu lebih baik daripada tidak belajar sama sekali. Sebagaimana hadits yang dikutip dari buku Berani Takut karya Dian Nafi, Rasulullah bersabda.

“Orang yang mahir membaca Al Quran, nantinya akan berkumpul bersama-sama para malaikat yang mulia lagi taat, dan orang-orang yang terbata-bata ketika membaca Al Quran dan terasa berat baginya, ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saat ini kecanggihan teknologi semakin berkembang dan dapat memudahkan segala aktivitas manusia. Tidak hanya aktivitas dalam melakukan keseharian saja, melainkan saat ini kemudahan untuk membaca ataupun mendengarkan Al Qur’an juga dapat dilakukan dengan mudah.

Hanya dengan memanfaatkan smartphone saja, maka Anda sudah bisa mendengarkan dan juga membaca Al Qur’an. Untuk mendengarkan bacaan yang ada di dalam Al Qur’an, maka Anda bisa juga download surah Yasin melalui smartphone Anda.

Untuk mendownload surah Yasin MP3 sangatlah mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuka mesin pencari dan mulai mendownload surah Yasin melalui smartphone Anda.

Kemudahan seperti ini memanglah dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi yang semakin berkembang dengan baik. Untuk itu segala aktivitas bisa dilakukan tanpa perlu repot, hanya membutuhkan smartphone dan juga jaringan internet yang aktif.

Maka Anda bisa melakukan banyak hal dengan hal tersebut. Untuk mendapatkan pahala juga mudah dengan melakukan fitur-fitur yang ada di dalam smartphone. Anda bisa membaca ataupun mendengarkan Al Qur’an, mengikuti kajian umum bahkan melakukan sedekah juga bisa dilakukan dengan mudah karena kecanggihan teknologi.

Adanya teknologi ini sudah seharusnya dimanfaatkan dengan baik. Pada saat mendengarkan Al Qur’an melalui smartphone, mungkin Anda pernah memiliki pertanyaan apakah boleh melakukan hal ini? tentunya di dalam Al Qur’an tidak menjelaskan media apa saja yang bisa digunakan untuk mendengarkan Al Qur’an.

Karena kemudahan smartphone ini terjadi akibat perkembangan zaman yang semakin canggih. Sehingga tidak ada penjelasan secara detail mengenai hal ini. Namun terdapat berbagai pendapat menurut ulama mengenai hal ini.

Seperti dalam Mausu’ah Al Fiqh al Islam Wa Al Qadhaya Al Muashirah, menurut Prof. Dr. Wahabh Az Zuhaly bahwa Al Qur’an yang direkam dalam kaset adalah bacaan Al Qur’an itu sendiri. Untuk hukum merekamnya memanglah diperbolehkan karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dari hasil rekaman tersebut.

Begitu pula dengan pendengarnya juga diperbolehkan. Bahkan untuk pahala mendengarkan Al Qur’an melalui media smartphone maupun media lainnya pahala yang didapatkan sama seperti mendengarkan bacaan Al Quran secara langsung.

Dengan demikian mendengarkan bacaan Al Qur’an tetap diperbolehkan dan akan mendapatkan pahala. Untuk itu kemudahan seperti ini sudah seharusnya Anda manfaatkan dengan baik. Bahkan mendapatkan pahala juga dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu aktivitas keseharian Anda.

4 Manfaat Dari Download Surah Yasin

Membaca Al Qur’an memanglah memiliki banyak manfaatnya. Sama halnya dengan mendengarkan Al Qur’an dari berbagai macam media juga akan mendapatkan banyak manfaatnya. Salah satu media yang bisa dijadikan untuk mendengarkan bacaan surah yang ada di dalam Al Qur’an adalah smartphone.

Anda hanya cukup download surah Yasin melalui smartphone, maka Anda juga dapat mendengarkannya setiap saat.terdapat banyak aplikasi yang menawarkan untuk mendownload surat Yasin MP3. Sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mendengarkan surah yang ada di dalam Al Qur’an, diantaranya adalah:

  1. Mendapatkan Pahala
    Salah satu manfaat Al Qur’an yang banyak dicari oleh semua umat muslim adalah untuk mendapatkan pahala. Tidak hanya orang yang membaca Al Qur’an saja yang akan mendapatkan pahala. Orang yang menyimak dan juga mendengarkan Al Qur’an akan mendapatkan pahala juga.
    Bacaan yang ada di Al Qur’an memanglah menjadi pedoman hidup bagi umat muslim. Untuk itu barangsiapa yang mengamalkan, membaca, mendengar dan menyimak Al Qur’an akan mendapatkan keberkahan.
  2. Mendapatkan Ketentraman Hati
    Dengan mendengarkan Al Qur’an setiap hari, maka hati akan terasa tenang dan tentram. Sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan keihklasan dan rasa senang. Untuk itu Al Qur’an merupakan penyemangat hidup yang paling ampuh. Biasakan untuk mendengar surah Yasin setiap hari agar mendapatkan ketentraman hati.
    Bahkan saat Anda mendapatkan masalah tertentu, dengan mendengarkan dan juga membaca Al Qur’an maka Allah akan memudahkan segala masalah Anda. Karena Al Qur’an juga menjadi salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.
  3. Dapat Terhindar dari Perbuatan Dosa
    Pada saat Anda membiasakan diri dengan membaca dan juga mendengarkan bacaan dari Al Qur’an, maka Anda akan terhindar dari dosa. Hal ini disebabkan karena Anda senantiasa mengingat akan kehadiran Allah. Sehingga pada saat akan melakukan perbuatan dosa, Anda akan merasa takut akan konsekuensinya.
    Untuk itu dengan melakukan rutinitas membaca dan mendengarkan surah Yasin dapat menghindarkan Anda dari perbuatan dosa. Perbuatan dosa memang bisa saja terjadi pada semua manusia, namun bagaimana Anda menghindari perbuatan dosa adalah salah satu hal yang perlu untuk Anda lakukan.
  4. Mendapatkan Hidayah
    Hati yang sudah sering mendengarkan bacaan surah yang ada di dalam Al Qur’an akan mendapatkan ketenangan. Sehingga seiring dengan waktu Anda juga akan mendapatkan hidayah dari Allah. Al Qur’an memang digunakan untuk pedoman hidup bagi manusia. Dengan hal ini Anda sudah harus mulai mengamalkan isi dari Al Qur’an.

Yuk Download Ayat Al Quran Lewat Smartphone!

Membaca Al Qur’an setidaknya perlu Anda lakukan setiap hari minimal satu ayat. Anda juga bisa mendengarkan Al Qur’an agar mendapatkan berbagai manfaat yang dapat menjadikan segala aktivitas harian Anda bisa dilakukan dengan baik.

Kemudahan teknologi memanglah harus dimanfaatkan dengan baik mulai dari download surah Yasin agar mendapatkan berbagai manfaatnya. Jangan sampai hati menjadi sempit karena kurangnya membaca ataupun mendengarkan ayat suci Al Qur’an. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan bisa Anda amalkan dengan baik.

Barakallahufiikum

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Ebook (GRATIS): "TIPS MENGATASI KECANDUAN GADGET PADA ANAK"> DOWNLOAD <
+ +