Membedah Kelebihan dan Kekurangan Speaker Alquran Al Akram

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SPEAKER ALQURAN AL AKRAM. Speaker Alquran telah menjadi salah satu inovasi yang signifikan dalam dunia teknologi bagi umat Muslim. Walaupun saat ini dengan adanya gadget lain seperti smartphone atau tablet, aplikasi reciter Al Quran bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, akan tetapi speaker Alquran tetap memiliki penggemarnya tersendiri.

kelebihan dan kekurangan speaker quran al akram

Apa saja sih kelebihan dan kekurangan speaker Alquran, khususnya produk Al Akram dibandingkan dengan gadget lain tersebut ? Nah, di bawah ini Pondok Islami akan menyampaikan perbandingan tentang kelebihan dan kekurangan speaker Alquran berdasarkan pengalaman, cerita dan testimoni para pelanggan Speaker Quran Al Akram, yang sempat kami catat.

Kelebihan Speaker Alquran

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh gadget Speaker Alquran secara umum dan secara khusus dari produk Speaker Alquran Al Akram. Sebelum sahabat memutuskan untuk membeli, pastikan sudah memahami berbagai kelebihan dan kekurangan speaker Alquran di bawah ini.

kelebihan speaker al akram

1. Suara yang Jernih dan Merdu

Salah satu keunggulan utama dari speaker Alquran adalah kualitas suaranya yang superior. Dibandingkan dengan menggunakan speaker pada smartphone atau tablet, speaker Quran cenderung menghasilkan suara yang lebih jernih dan merdu serta lebih keras.

Hal ini membuat pengalaman mendengarkan ayat-ayat suci Al-Quran menjadi lebih mendalam dan menyenangkan. Bagi pengguna tertentu suara yang jernih, merdu dan lebih keras akan sangat bermanfaat.

Seperti misalnya bagi para pendakwah yang bisa memanfaatkan mode mic pada Speaker Al Quran Al Akram Ultimate. Melalui fasilitas ini pemateri bisa menyampaikan tausiah dan materi kajiannya pada lokasi ruangan/mesjid yang tidak terlalu besar dengan lebih jelas, jika tidak tersedia fasilitas mic.

Suara audio yang jernih dan keras juga akan sangat bermanfaat jika ingin melantunkan murottal ayat suci Al quran dalam sebuah ruangan tertutup, baik di rumah, atau di mesjid sebagai sarana murojaah hafalan quran.

2. Khusus Didesain untuk Mendengar Audio Murottal Al-Quran

Speaker Quran memang didesain khusus untuk mendengarkan audio murottal Al-Quran, sehingga penggunaannya akan lebih fokus dan sesuai dengan tujuannya. Fitur-fitur tambahan yang terintegrasi dengan baik, seperti fitur murottal Alquran yang lengkap 30 juz disertai dengan berbagai macam qori dari dalam dan luar negeri, fitur pencarian ayat, pengulangan per ayat, per juz, per halaman dan per surat serta fitur murottal dengan terjemahan.

Kesemua fitur-fitur tersebut akan sangat membantu untuk melakukan sahabat pembaca dalam melakukan aktifitas bersama Alquran. Mulai dari murojaah (mengulang-ulang hafalan) maupun ziyadah (menambah hafalan Quran) menjadi menjadi lebih nyaman dan efisien.

Bagi pembaca yang sedang memperbaiki bacaan quran pun akan sangat terbantu dengan mengikuti murottal dari qori dengan irama bacaan perlahan, sehingga bisa mengikuti setiap ayat yang dibaca sesuai tajwid. Begitu juga apabila sahabat pembaca ingin belajar menguasai berbagai maqam atau irama tilawah quran, insya allah dengan speaker quran akan sangat terbantu.

3. Tidak Distractions dari Aplikasi Lain

Salah satu masalah yang sering dihadapi saat menggunakan smartphone atau tablet untuk membaca Al-Quran adalah adanya distraksi dari aplikasi lain yang terpasang di perangkat tersebut. Dengan menggunakan speaker Quran, Anda dapat meminimalisir gangguan tersebut karena fokusnya hanya pada membaca Al-Quran tanpa adanya aplikasi lain yang mengganggu.

rekomendasi-speaker-quran

4. Meningkatkan Konsentrasi

Speaker Quran membantu meningkatkan konsentrasi dalam membaca Al Quran karena tidak ada gangguan visual yang mengalihkan perhatian. Anda dapat menikmati keindahan ayat-ayat suci Al-Quran tanpa harus khawatir tentang notifikasi atau pesan yang masuk seperti yang sering terjadi saat menggunakan gadget lainnya.

5. Mudah Dibawa dan Digunakan

Speaker Quran seringkali didesain dengan ukuran yang kompak dan ringan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Anda dapat membawanya saat bepergian, dalam perjalanan, atau bahkan saat beribadah di masjid. Seperti contohnya speaker Alquran tipe Mini dari Al – Akram, yang memiliki desain kompak tanpa mengurangi kelengkapan dari konten yang dimilikinya.

Selain itu, penggunaannya yang mudah membuatnya cocok digunakan oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

6. Daya tahan Batere dan fitur tambahan

Secara umum speaker Alquran memiliki daya tahan batere yang lebih lama dibandingkan dengan smartphone atau gadget lain. Seperti speaker Alquran Al Akram tipe Traveller, yang memiliki kapasitas batere 6000 mAH.

Selain sebagai speaker Alquran, tipe Traveller juga bisa memiliki fitur tambahan sebagai powerbank. Fitur ini akan sangat bermanfaat sebagai cadangan daya smartphone untuk sahabat Pondok Islami yang memiliki aktifitas mobile yang tinggi.

Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan tersebut, tidak mengherankan jika speaker Quran menjadi pilihan yang populer bagi umat Muslim dalam mendalami Al-Quran. Meskipun gadget lainnya juga memiliki kegunaan mereka masing-masing, namun kekhususan dan keunggulan yang dimiliki oleh speaker Quran membuatnya tetap menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendekatkan diri kepada Al-Quran.

Kekurangan Speaker Alquran

Namun, seperti halnya produk lainnya, speaker Quran juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan gadget lain. Berikut ini adalah beberapa kekurangan utama dari penggunaan speaker Quran dibandingkan dengan gadget lainnya.

testimoni-speaker-quran

1. Keterbatasan Konten

Salah satu kekurangan utama dari speaker Quran adalah keterbatasan konten yang dimilikinya. Meskipun menyediakan akses ke Al-Quran dalam format audio, speaker Quran tidak bisa dijadikan sebagai perangkat multitasking seperti smartphone atau tablet. Anda tidak dapat menjelajahi internet, membaca email, atau menggunakan aplikasi lain selain yang disediakan oleh speaker Quran.

2. Keterbatasan Fitur Tambahan

Meskipun beberapa speaker Quran dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti lampu LED yang berkedip-kedip sesuai dengan irama ayat-ayat Al-Quran atau fitur kontrol suara, namun kebanyakan fitur tambahan ini masih terbatas dan tidak sekompleks fitur yang dimiliki oleh gadget lainnya. Hal ini dapat menyebabkan pengguna merasa terbatas dalam penggunaan dan tidak bisa memaksimalkan potensi perangkat.

3. Keterbatasan Fungsionalitas

Speaker Quran umumnya didesain dengan fokus pada satu fungsi utama, yaitu membaca Al-Quran. Meskipun hal ini membuat penggunaan Al-Quran menjadi lebih khusyuk dan fokus, namun dapat menjadi kekurangan bagi mereka yang menginginkan perangkat yang multifungsi.

Dibandingkan dengan smartphone atau tablet yang memiliki berbagai aplikasi dan fitur tambahan, speaker Quran terasa lebih terbatas dalam hal fungsionalitas.

4. Keterbatasan Interaksi dengan Pengguna

Sebagian besar speaker Quran hanya memiliki antarmuka yang sederhana dan terbatas, membuat interaksi dengan pengguna menjadi kurang fleksibel. Anda tidak dapat melakukan banyak hal seperti melakukan panggilan telepon, mengirim pesan teks, atau menggunakan aplikasi sosial media seperti yang dapat dilakukan dengan smartphone atau tablet.

Hal ini dapat menjadi kendala bagi mereka yang menginginkan perangkat yang lebih interaktif. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, speaker Quran tetap menjadi pilihan yang berguna bagi umat Muslim untuk lebih dekat dengan Al-Quran.

Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangan Speaker Alquran seperti telah dijabarkan di atas, semoga sahabat dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi sahabat dalam rangka semakin mendekat, dan mencintai Al quran.

Demikianlah review kelebihan dan kekurangan speaker Alquran dibandingkan dengan gadget lain seperti smartphone, tablet atau gadget lainnya. Untuk sahabat yang berminat untuk memiliki speaker Alquran terbaik yang kami rekomendasikan, bisa melihat detil produk Speaker Alquran Al Akram melalui artikel kami tentang Speaker Alquran terbaik dari Al Akram.

Barakallahu fiikum.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara sukses menjadi Konten Kreator dengan aplikasi Gratisan
This is default text for notification bar