Ebook Gratis “MEMAHAMI BACAAN SHALAT”

keutamaan-pentingnya-memahami-bacaan-shalat

EBOOK GRATIS MEMAHAMI BACAAN SHALAT. Assalaamualaikum sahabat quran, para hamba Allah yang senantiasa menegakkan shalat. Apakah kita pernah bertanya pada diri sendiri, tentang bagaimana atau sampai mana telah memahami apa yang sahabat baca saat shalat, mulai dari takbir hingga salam ?

Bersyukurlah apabila sahabat telah mampu memahami setiap bacaan shalat yang setiap hari dilakukan. Semoga dengan itu, sahabat selalu dapat menjalankan ibadah wajib ini dengan penuh kekhusyukan.

Namun, sepertinya tidak sedikit dari kita, umat islam pada umumnya, yang belum memahami bacaan shalat. Padahal, ritual ibadah shalat ini sudah dilakukan sejak kecil, bertahun-tahun, bahkan berpuluh tahun. Sampai kapan kita akan membiarkan keadaan seperti ini ?

KEUTAMAAN IBADAH SHALAT

Ibadah shalat merupakan ibadah yang memiliki kedudukan sangat tinggi dan utama dalam Islam. Shalat merupakan tiang agama sekaligus menjadi batas pemisah antara keislaman seseorang dengan kekufuran dan kemunafikan.

Sebagaimana Allah SWT pun telah menjelaskan dalam Al Quran surat Al-Ankabut, yang artinya :

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat! Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadath-ibadah yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut : 45)

Rasulullah pun telah menunjukkan dan mencontohkan betapa pentingnya ibadah shalat ini. Beliau memberikan perhatian yang sangat ekstra terkait dengan ibadah shalat, hingga memberikan contoh sangat detail dan lengkap dari awal, mulai takbiratul ikhram hingga diakhiri dengan salam.

Berdasarkan hadits dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahuanhu yang artinya:

“Aku pernah bertanya kepada Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , ‘Apakah amalan yang paling afdhal (terbaik)?’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Shalat pada waktunya.’ Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu mengatakan, ‘Lalu aku bertanya lagi, ‘Lalu apa?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu mengatakan lagi, ‘Lalu aku bertanya lagi, ‘Lalu apa? ‘ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Jihad di jalan Allâh’”

Bahkan ibadah shalat ini merupakan ibadah yang paling beliau senangi, sebagaimana sabdanya :

“Dijadikan sesuatu yang paling menyenangkan hatiku ada pada saat mengerjakan shalat” (HR. An-Nasaa`i dan Ahmad dan selain keduanya. Hadits Shahih)

PENTINGNYA MEMAHAMI BACAAN SHALAT

Sebagian besar dari kita, telah belajar bacaan shalat sejak dari kecil, hingga terus mempraktekkannya sampai dewasa. Kita membaca doa-doa tersebut secara berulang-ulang, belasan kali perhari, ratusan kali per bulan dan ribuan kali per tahun.

Sebagian dari kita telah shalat puluhan ribu raka’at dan sebagiannya lagi mungkin sudah ratusan ribu raka’at. Namun sayangnya, tidak sedikit diantara kita yang bila ditanya apa makna bacaan doa iftitah, ruku’, sujud, dan tahiyyah, kita tidak mengetahui jawabannya. Sebuah teguran untuk penulis sendiri dan kita semua umat islam pada umumnya.

Seakan shalat hanya sebuah ritual rutinitas yang kering akan pemahaman apa yang dibaca. Sudah selayaknya bagi setiap muslim untuk memahami apa yang dibaca dalam shalatnya, karena kebanyakan do’a dan bacaan dalam shalat kita memiliki makna yang sangat indah, dan mendalam, sehingga apabila kita renungkan akan dapat memberikan pengaruh sangat baik kepada jiwa.

Allah SWT telah menjelaskan dalam Al Quran yang artinya :

”Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya” (QS. Al-Mu`minuun: 1-2)

Memahami setiap bacaan dalam shalat, merupakan kunci untuk bisa menegakkan shalat, yaitu mampu melaksanakan shalat secara khusyu’. Shalat yang dilakukan dengan khusyu’, insya Allah akan bisa memberikan pengaruh sangat baik terhadap akhlak manusia.

Ebook yang akan kami bagikan ini, diberi judul “Memahami Bacaan Shalat”. Ditulis oleh Abu Razin Al Batawiy dan dipublikasikan oleh BISA Learning Centre.

Insya allah ebook ini akan bisa menjadi referensi yang tepat untuk sahabat pembaca khususnya, dan masyarakat muslim pada umumnya, untuk dapat mempelajari dan memahami bacaan-bacaan shalat, mulai dari Takbiratul Ikhram hingga salam.

Jika saat ini kita belum hafal dan memahami setiap bacaan shalat mulai takbiratul ikhram hingga salam, maka bersegeralah !

Utamakan waktu dan ikhtiar kita untuk mempelajari ini !

Sebelum ajal menjemput kita…

DAFTAR ISI SEBOOK MEMAHAMI BACAAN SHALAT

Berikut ini adalah daftar isi dari Ebook Memahami Bacaan Shalat :

  • Kata Pengantar
  • Takbiratul Ihram
  • Iftitah
  • Ta’awwudz
  • Al Fatihah
  • Rukuk
  • Iktidal
  • Qunut
  • Sujud
  • Sujud Sahwi & Tilawah
  • Duduk Diantara 2 Sujud
  • Tasyahud
  • Salam
  • Penutup
  • Referensi
  • Biografi Penulis
ebook-memahami-bacaan-shalat

Silahkan sahabat donlot ebook GRATIS “Memahami Bacaan Shalat” ini, melalui tombol di bawah ini.

whatsapp-order-muslimah's-life-planner

Wallaahu’alam Bishawab

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS - Kisah Inspiratif Para Penghafal Quran>>DOWNLOAD<<
+ +