Kalender Islam Hijriyah Lengkap

kalender-islam-2018-1439-Hijriyah

KALENDER ISLAM HIJRIYAH LENGKAP. Sahabat Quran yang senantiasa mengharapkan ridho Allah SWT, bertambahnya tahun seringkali diartikan sebagai bertambahnya usia kita, padahal sesungguhnya merupakan pengurangan dari jatah umur hidup kita di dunia ini.

Waktu yang sudah kita lewatkan selama ini apakah telah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, atau malah sebaliknya hanya menumpuk kesia-siaan belaka. Sungguh beruntung manusia yang mampu memanfaatkan usia dan umurnya dengan kebaikan dan amal shaleh serta senantiasa menjauhkan diri dari segala perbuatan yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.

Waktu itu laksana pedang. Jika kamu tidak pandai memanfaatkannya maka ia yang malah akan menebasmu. Dan jika kamu tidak disibukkan dengan hal-hal kebaikan, maka pasti kamu akan disibukkan dengan hal-hal yang sia-sia.”

demikianlah perkataan ulama tentang pentingnya waktu sebagaimana Allah menjelaskan dalam Al Quran surat Al-Ashr, yang artinya :

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati dalam supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-Ashr : 1 – 3)

Jika kita tidak mampu memanfaatkan waktu dengan baik, maka waktu akan lewat dan terbuang sia-sia. Waktu yang telah lewat tidak mungkin kembali, pergi untuk selamanya dengan berbagai catatan yang telah kita torehkan. Catatan keburukan maupun catatan kebaikan.  Hanya manusia yang paling pandai memanfaatkan waktu lah yang yang akan menjadi manusia mulia. Baik mulia di dunia maupun mulia di hadapan sang Penciptanya, Allah SWT, karena pada akhirnya semua itu harus kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT kelak.

Rasulullah SAW menegaskan tentang betapa sangat berharganya waktu dalam hadist yang artinya :

Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai: (1) umurnya di manakah ia habiskan, (2) ilmunya di manakah ia amalkan, (3) hartanya bagaimana ia peroleh dan (4) di mana ia infakkan dan (5) mengenai tubuhnya di manakah usangnya. (HR. Tirmidzi ).

Untuk itulah sebagai bahan untuk bermuhasabah, sekaligus memperbanyak tabungan amal kebaikan kita dalam menyebarkan syi’ar Islam bagi diri penulis khususnya, dan juga bagi para pembaca blog Pondok Islami, kali ini kami akan berbagi info dan link penanggalan atau Kalender Islam. Harapannya tentu saja semoga Kalender Islam Hiriyah ini akan bermanfaat dan memudahkan kita sebagai umat muslim, untuk melihat penanggalan Hijriyah yang merupakan bagian dari identitas dan ciri khas kita sebagai umat Islam.

Insya Allah dengan Kalender Islam Hijriyah ini, kita dapat mulai membiasakan diri menggunakan kalender Hijriyah dan menjadikannya sebagai referensi kegiatan kita sehari-hari, terutama dalam hal pelaksanaan ibadah. Karenanya dalam artikel kali ini, penulis juga menyertakan link tempat berbagai tanggal-tanggal penting pelaksanaan ibadah-ibadah umat Islam dalam 1 tahun kalender Hijriyah, yaitu pada website http://www.al-habib.info.

Format Asli dari Kalender Islam Hijriyah ini bisa diambil dari website www.makkahcalender.org, khusus untuk kalender islam negara kita, Indonesia.

Beberapa penampakan dari kalender tersebut adalah sebagai berikut :

kalender-islam-2018-1439-Hijriyah-muharramkalender-islam-2018-1439-Hijriyah-safar

kalender-islam-2018-1439-Hijriyah-rabiulawal

kalender-islam-2018-1439-Hijriyah-rabiulakhir

Sahabat Pondok Islam bisa melihat dan mendownload file Kalender Hijriyah pada alamat web di atas. Jangan lupa bagikan sebanyak-banyaknya artikel ini kepada sahabat-sahabat ataupun kerabat sahabat sekalian,  baik melalui media sosial ataupun media-media lainnya, agar semakin banyak umat islam yang lebih kenal dan paham serta akrab dengan kalender islam ini.

Selain kalender seperti format di atas sahabat juga dapat memiliki beberapa file lain terkait dengan kalender islam Hijriyah sebagai berikut :

  • Kalender islam Hijriyah format 12 bulan (dalam 1 tampilan/lembar)
  • Aplikasi Hijriah Portable
  • Tabel Tanggal-tanggal Penting dalam Kalender Islam Hijriyah

Harapan penulis tentunya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua, serta tak lupa penulis mengucapkan maaf, jika seandainya ada kesalahan dan kekurangan pada artikel kali ini. Semoga Allah SWT dapat menerima kebaikan dan amal shaleh kita semua, agar dapat menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di hari penghisaban nanti.

Terimakasih telah menyempatkan diri membaca artikel Kalender Islam Hijriyah Lengkap ini. Semoga Allah memudahkan urusan kita semua.

Aamin Ya Rabbal ‘alaamiin.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Template Tema Qurban & Idul Adha Terbaru
This is default text for notification bar