Kitab “AT-TIBYAN”, Adab Penghafal Al Quran Karangan Imam Nawawi

KITAB AT-TIBYAN, ADAB PENGHAFAL AL QURAN KARANGAN IMAM NAWAWI. Sahabat Quran yang dimuliakan Allah, Al Quran merupakan mukjizat terbesar sepanjang zaman, yang Allah turunkan untuk menjadi petunjuk bagi umat manusia. Selain itu Allah juga menjadikan Al Quran  sebagai tantangan bagi jin dan manusia, yang meragukan kebenarannya serta sebagai bantahan bagi seluruh golongan yang menyimpang.

Al Quran dapat diibaratkan musim semi yang menebarkan kebahagiaan dan menyuburkan hati manusia yang memiliki keyakinan dan pengetahuan. Al Quran sebagai firman Allah SWT, tidak akan pernah usang dan pudar oleh sebab perputaran zaman, karena Al Quran akan senantiasa diulang-ulang, dan terus melekat dalam lisan dan hati setiap umat Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT telah memuliakan umat ini dengan Al Quran, yang di dalamnya terdapat kabar tentang orang-orang terdahulu, begitu pula kabar tentang orang-orang yang akan datang, serta memberikan penjelasan tentang hukum-hukum diantara keduanya.

Al Quran adalah tali Allah yang sangat kokoh, ungkapan yang bijak, sekaligus juga merupakan jalan yang lurus. Al Quran tidak dapat diselewengkan oleh hawa nafsu, tidak akan dapat dicampuri oleh ucapan orang-orang yang lemah, dan para ulama tidak akan pernah kenyang dengannya.

Barang siapa meninggalkan Al Quran, maka Allah SWT akan membinasakannya. Barangsiapa yang mencari petunjuk selain dari petunjuk yang terdapat dalam Al Quran, maka Allah akan menyesatkannya. Tak akan hilang kemuliaan Al Quran dengan banyaknya bantahan kepadanya, begitu pula tak akan pernah habis keajaibannya.

Barang siapa yang berkata dengan berlandaskan pada Al Quran, maka sungguh benar ucapannya, dan barang siapa yang beramal sesuai dengan petunjuk Al Quran, maka sungguh ia akan menuai pahala. Barang siapa mengambil ukum berdasarkan hukum Al Quran, maka sungguh ia akan berbuat adil, barangsiapa mengajak kepada Al Quran, maka sungguh ia akan ditunjukkan pada jalan yang lurus.

Allah telah menjadikan Al Quran mudah untuk dipelajari, sehingga balita pun bisa hafal Al Quran. Allah telah menjamin keasliannya, sehingga akan senantiasa terjaga dari perubahan dan pembaharuan. Ia akan senantiasa terpelihara selama malam dan siang datang dan pergi secara bergantian. Allah telah memilih orang-orang yang memiliki kecerdasan dan ketekunan untuk dimudahkan memberikan perhatian kepadanya, sehingga berhasil menghimpun berbagai bidang ilmu mengenainya yang melegakan dada orang-orang beriman.

kitab-at-tibyan-an-nawawi.jpg

 

Para ulama telah banyak menulis banyak kitab dan menjelaskan panjang lebar tentang hal-hal  yang terkait dengan hal-hal tersebut di atas, salah satunya yang paling terkenal adalah Imam An-Nawawi rahimahullah. Beliau telah meringkas dan merangkum adab-adab berinteraksi dengan Al Quran. Menjelaskan tentang sifat-sifat yang seharusnya dimiliki oleh para penghafal Al Quran, juga pengkaji Al Quran.

Beliau juga menjabarkan dalam kitab yang cukup ringkas ini, yang diberi nama Kitab At-Tibyan, tentang keutamaan-keutamaan membaca Al Quran, menjelaskan adab-adab yang harus dimiliki oleh pengajar dan pengkaji Al Quran. Menjelaskan tentang penulisan Al Quran, kewajiban memuliakan mushaf Al Quran, menjaganya, menghormatinya, mengamalkannya isinya, dan menjalankan adab-adabnya.

Semua hal tersebut beliau jabarkan, agar para pencari ilmu lebih dapat mengambil manfaat dari Al Quran. Kitab At-Tibyan ini, telah ditulis oleh Imam An-Nawawi dengan penjelasan-penjelasan yang cukup ringkas tetapi penuh manfaat bagi para pencari ilmu dan pengkaji Al Quran. Semoga Allah SWT memberikan balasan atas kebaikan yang telah beliau berikan dan wariskan untuk umat muslim, dan semoga Allah SWT juga menjadikan kita semua sebagai orang-orang mampu mencintai Al Quran dan memiliki semangat untuk terus mempelajari Al Quran, agar Allah SWT menjadikan kita sebagai orang-orang yang dikasihi-Nya. Aamiin.

INFORMASI BUKU AT-TIBYAN, ADAB PENGHAFAL AL-QUR’AN

at-tibyan-imam-nawawi

Judul Buku : “At-Tibyan”, Adab Penghafal Al-Qur’an
Penulis         : Imam Nawawi
Penerbit       : Al Qowam
Harga           : Rp.45.000,- (belum termasuk ongkir dari Bogor)

Kitab At-Tibyan, Adab Penghafal Al Quran karya Imam Nawawi terdiri dari beberapa tema bahasan, diantaranya sebagai berikut :

  • Keutamaan pembaca dan penghafalnya
  • Keutamaan qiraah dan ahluqiraah
  • Keharusan memuliakan Ahluqur’an
  • Adab untuk pengajar, pelajar, dan penghafal Al Quran
  • Adab membaca Al Quran
  • Anjuran membaca ayat dan surah pada waktu serta keadaan tertentu
  • Adab menulis dan memuliakan mushaf
  • dsb.

Karena keistimewaan kitab At-Tibyan, karangan Imam An-Nawawi ini, maka buku ini sangat penting untuk dibaca oleh para santri, mahasiswa, pencari ilmu dan masyarakat muslim pada umumnya,  yang ingin menunaikan adab-adab terhadap Al Quran. Tentu saja hal ini merupakan permata ilmu yang sangat berharga bagi sahabat sekalian, para pencinta Al Quran, hafizh Al Quran, penjaga Kitabullah !

Bagi sahabat yang ingin memiliki Kitab At-Tibyan, Adab Penghafal Al Quran, karya Imam An-Nawawi ini, dapat menghubungi kontak berikut  :

HP/SMS/WA : 087821830344

Semoga bermanfaat.

Wallahu’alam bishawab

author
Author: 

    Leave a reply "Kitab “AT-TIBYAN”, Adab Penghafal Al Quran Karangan Imam Nawawi"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.