20 Tips Dan Cara Membiasakan Bangun Pagi Untuk Anak Beserta Manfaat Bangun Pagi

tips-bangun-pagi

sumber : pixabay.com

TIPS DAN CARA MEMBIASAKAN BANGUN PAGI UNTUK ANAK BESERTA MANFAAT BANGUN PAGI. Tak terasa sudah sebulan lebih penulis mencoba untuk membiasakan anak-anak untuk bangun di pagi hari menjelang subuh, untuk kemudian dilanjutkan dengan sholat berjamaah di mesjid untuk anak laki-laki. Sungguh proses yang tidak mudah dan membutuhkan konsistensi serta kesabaran dari orang tua untuk melakukannya. Sesulit apapun prosesnya, tugas ini harus penulis lakukan sebagai bagian dari tanggung jawab sebagai orang tua. Penulis merasakan pentingnya membiasakan diri sendiri dan keluarga, terutama anak-anak untuk memiliki kebiasaan bangun pagi sebelum subuh menjelang, agar menjadi sebuah rutinitas harian yang pada akhirnya dapat membentuk pribadi serta karakter yang kuat dan tentunya sesuai dengan nilai-nilai islam. Mengapa demikian ?

Waktu pagi adalah momen-momen yang penuh dengan keberkahan. Di pagi hari udara masih bersih dan menyegarkan, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh akan menjadi segar dan fit kembali setelah istirahat malam. Sungguh sangat merugi orang yang melewatkan waktu pagi hari ini dengan tetap terbuai dalam kenyamanan tidur ataupun kembali tidur setelah melaksanakan shalat subuh.

Rasulullah SAW pernah berkata dalam hadist yang disampaikan oleh Shakhr bin Wada’ah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW telah berkata, yang artinya :

“Ya Allah, berkahilah umatku di pagi harinya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Hadits tersebut menjelaskan betapa Rasulullah SAW mendoakan umatnya yang bangun di pagi hari untuk senantiasa dilimpahi dengan keberkahan. Perlu sahabat Quran ketahui bahwa, Shakhr bin Wada’ah r.a sendiri (yang meriwayatkan hadits ini) adalah merupakan seorang pedagang. Beliau terbiasa untuk memulai membawa dagangannya ketika pagi hari, dan diketahui bahwa sahabat Rasul yang satu in adalah seseorang yang kaya dan memiliki banyak harta.

Bahkan Rasul pun menyampaikan tentang keburukan dari seseorang yang tidak terbiasa bangun pagi sebagai berikut, yang artinya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Setan akan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian saat tidur dengan tiga ikatan ia akan membisikkan kepadamu bahwa malam masih panjang, jika ia terbangun lalu berdzikir pada Allah lepaslah satu ikatan, jika ia berwudlu maka lepaslah dua ikatan, dan jika ia melanjutkan dengan sholat, maka lepaslah seluruh ikatan itu, sehingga pada pagi harinya ia mulai dengan penuh kesemangatan dan jiwanya pun sehat, namun jika tidak, maka dia akan memasuki waktu pagi dengan jiwa yang keji dan penuh kemalasan.” ( HR. Bukhari )

Sangatlah penting untuk mulai mendidik anak-anak kita agar bangun di pagi hari sejak usia dini, hingga nantinya mereka terbiasa dan mampu menjadikan bangun pagi sebagai rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan, dan insya Allah akan membawa keberkahan dan kesuksesan dalam kehidupannya kelak. Generasi muslim yang berkualitas dapat ditandai dengan kebiasaan bangun pagi, karena generasi unggul bermula dari persiapan pagi yang berkualitas.

tips-bangun-pagi-anak

sumber : pixabay.com

Berikut ini penulis bagikan beberapa tips dan cara bangun pagi, beserta manfaat bangun pagi, yang bisa kita terapkan untuk mendidik anak-anak kita. Tips ini merupakan hasil pengalaman pribadi penulis digabungkan dengan beberapa tips yang penulis dapatkan dari beberapa sumber di internet dan forum-forum komunitas parenting islami yang penulis ikuti.

  1. Pembentukan kebiasaan bangun pagi sangat dipengaruhi oleh peran seorang ayah. Ayah yang peduli dnegan perkembangan anak-anaknya tidak akan mengabaikan urusan bangun pagi ini.
  2. Bila seorang anak dibiasakan untuk bangun siang, maka akan berakibat buruk terhadap perilakunya. Anak menjadi mudah uring-uringan karena waktunya tidak terkelola dengan baik. Aktifitas ruhani menjadi jarang dan mengakibatkan keberkahan hidup menjadi hilang.
  3. Untuk menumbuhkan kebiasaan bangun pagi pada anak, harus dimulai dengan malam yang berkualitas juga. Waktu tidur malam harus disepakati, tidak melebihi ambang batas kewajaran waktu tidur seorang anak. Aturan harus dibuat dan disepakati serta ditegakkan dengan tegas.
  4. Buat aturan dan kesepakatan tentang jadwal bangun pagi. Jam berapa akan bangun dan bagaimana anak mau dibangunkan. Jadikan kesepakatan dan aturan ini sebagai dasar membangunkan mereka di pagi harinya.
  5. Kegiatan sehabis Isya sebaiknya tidak berlebihan. Usahakan melakukan aktifitas yang menenangkan seperti membaca, tilawah quran, bercerita yang memberikan pesan-pesan pendidikan dan ruhani.
  6. Usahakan menutup aktivitas malam dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran, agar pada saat anak tidur dengan membawa kalimat-kalimat Allah Sang Pemberi Rahmah. Secara psikologi kondisi otak seseorang ketika akan tidur merupakan kondisi terbaik untuk merekam segala yang didengarnya ke dalam memori bawah sadar, sehingga kelak anak akan mudah untuk membaca dan menghafalkan Al Quran.
  7. Ketika pagi datang, jalankan kesepakatan yang sudah dibuat sebelum tidur. Bangunkan anak dengan cara yang sudah disepakati sebelumnya. Bangunkan anak dengan penuh kasih sayang, bukan dengan rasa kesal dan emosi.
  8. Apabila anak menolak untuk beranjak dari tempat tidurnya, segera ingatkan dengan kesepakatan yang sudah disepakati sebelumnya, termasuk konsekwensi bila melanggarnya. Diharapkan anak akan siap menerima konsekuensi yang harus ditanggungnya tanpa perlu diancam. Batasi kesenangan yang ia idamkan, demi kebaikannya kelak.
  9. Usahakan membangunkan anak dengan kalimat-kalimat Illahi, agar paginya mendapat keberkahan. Jika perlu lantunkan adzan di kedua telinganya sebagai pertanda panggilan shalat subuh. Lakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang hingga tembus ke dalam hatinya.
  10. Jangan lupa untuk senantiasa memberikan apresiasi apabila anak melakukan sesuai kesepakatan yang sudah dibuat. Beri hadiah dengan doa dan kecupan di kening dan pipi. Berikan waktu jeda sejenak kepada anak sebelum bisa benar-benar terjaga dari tidurnya, mereka butuh waktu transisi lebih lama dari orang dewasa.
  11. Lakukan ibadah sholat subuh berjamaah, utamakan di mesjid bagi laki-laki. Biasakan anak laki-laki untuk selalu shalat berjamaah 5 waktu di mesjid bersama sang Ayah, khususnya untuk waktu subuh. Karena keberkahan dan keutamaan yang luar biasa dalam shalat berjamaah di mesjid, khususnya shalat subuh dan Isya.
  12. Lakukan aktifitas fisik atau olah jiwa dan raga, agar fisik anak tidak tergoda untuk kembali menuju ke kasur dan melanjutkan tidurnya. Semoga dapat diterapkan dalam keseharian dan menjadi pola rutinitas harian.
  13. Menerapkan dan membiasakan disiplin dalam keseharian anak, membutuhkan pendekatan hati. Biasakan berbagi perasaan, dengan mendiskusikan dan bercerita tentang aktivitas harian. Lakukan perbaikan jika ada yang tidak sesuai atau kurang berkenan, sekaligus sebagai ajang pembelajaran dan pengajaran.
  14. Terapkan pola rutinitas ini selama minimal 2 minggu, agar menjadi kebiasaan dan secara alamiah tubuh anak sudah menyesuaikan diri dengan pola baru ini. Insya Allah anak akan terbiasa bangun pagi dengan kesadaran sendiri.
  15. Apabila Ayah tidak berkesempatan untuk membangunkan karena suatu halangan seperti urusan kantor, kondisi darurat dan lain sebagainya, makan peran ini dapat digantikan oleh Ibu. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan untuk menjaga konsistensi perhatian pada anak, hingga kebiasaan bangun pagi sudah melekat pada diri anak.
  16. Jangan biarkan anak tumbuh remaja hingga dewasa dengan pola kebiasaan yang tidak mulia. Bangun pagi selalu telat, shalat subuh lewat waktu, diwaktu dhuha. Banyak melamun dan uring-uringan, keberkahan hidup melayang dengan sendirinya.
  17. Apabila anak terlanjur punya pola bangun kesiangan, ambil segera langkah perbaikan. Buat rencana perbaikan bersama pasangan. Mulai terapkan langkah-langkah di atas secara konsisten dan saling kerjasama dengan pasangan. Tidak perlu saling menyalahkan, fokuslah pada usaha-usaha perbaikan dengan landasan kasih sayang.
  18. Sebelum terlambat, lakukan tindakan dengan cepat, demi masa depan anak.
  19. Apabila anak sudah memiliki kebiasaan bangun pagi sedari dini, insya Allah menjadi ciri anak berprestasi dan tidak mudah dipengaruhi berbagai dampak pergaulan yang tidak islami.
  20. Jangan tunda-tunda lagi. Jangan hanya bisa marah dan berteriak kepada anak-anak anda. Lakukan tindakan segera untuk buah hati Anda. Fokuslah kepada bangun pagi.

Dari uraian tips dan cara membiasakan anak bangun pagi di atas, kita dapatkan manfaat bangun pagi baik untuk kesehatan jiwa dan raga serta kebaikan dan keutamaan dalam islam.

Manfaaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

  1. Membuat raga / tubuh segar dan lebih fit, karena istrirahat yang cukup di malam hari telah mengembalikan peremajaan bagi seluruh organ-organ tubuh kita.
  2. Melancarkan peredaran darah, karena udara di pagi hari lebih bersih dan menyegarkan, belum terkotori dengan polusi sehingga saat kita menghirup udara pagi mampu membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks serta menyerap oksigen bersih yang lebih banyak. Dampaknya tentu saja dapat melancarkan peredaran darah kita, apalagi jika diikuti dengan latihan fisik / olahraga.
  3. Membuat pikiran menjadi lebih jernih, karena
    sehat-manfaat-bangun-pagi

    sumber : pixabay.com

    tubuh yang segar dan fit akan berdampak terhadap pikiran kita menjadi lebih terbuka dan jernih. Situasi pagi hari yang masih tenang dan belum tercemari dengan beragam aktifitas kesibukan harian membuat pikiran menjadi lebih bisa fokus dan tidak jarang ide-ide cemerlang muncul dalam situasi seperti ini.

  4. Membuat tulang menjadi lebih kuat, terutama bila kegiatan pagi hari diiringi dengan aktifitas olahraga. Sinar matahari pagi yang dapat membantu pembentukan Vitamin D dalam tubuh yang sangat bermanfaat untuk tulang.
  5. Membangkitkan semangat karena di pagi hari, karena jam tidur yang cukup untuk tubuh (tidak tidur terlalu malam). Kondisi tubuh yang segar ketika bangun pagi akan menumbuhkan mood yang baik juga, sehingga orang yang terbiasa bangun pagi, umumnya selalu mengawali hari dengan semangat yang tinggi.
  6. Membakar penumpukan kalori dan lemak dalam tubuh, dengan rutin melakukan aktifitas olahraga di pagi hari. Situasi pagi yang menyegarkan dan tenang cenderung lebih menyenangkan untuk melakukan olahraga, dan berdampak pada pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Manfaat Bangun Pagi Dalam Islam

  1. Mendapatkan keberkahan, seperti penjelasan di atas dari hadist Rasulullah SAW tentang keberkahan di pagi hari. Oleh karenanya lakukanlah banyak ibadah dan hal-hal kebaikan dan positif di pagi hari.
  2. Meningkatkan kecerdasan, jauh sebelum banyak penelitian tentang manfaat manfaat-bangun-pagi-islamibangun pagi, Rasulullah telah mengajurkan umatnya untuk senantiasa bangun subuh untuk melaksanakan shalat subuh dan berbagai amalan sunnah lainnya. Ternyata terbukti bahwa bangun di subuh hari dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.
  3. Melancarkan dan membukakan pintu-pintu rezeki, dengan bersegera sholat dan melakukan ibadah-ibadah sunnah di pagi hari seperti sholat sunnah sebelum shubuh / shalat fajar yang fadillahnya lebih baik dari dunia dan seisinya, sebagaimana hadist Rasulullah yang disampaikan Aisyah r.a, yang artinya :

Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.(HR. Muslim no. 725). 

Jika shalat sunnah fajar saja sudah sedemikian mulianya, bagaimana lagi dengan keutamaan dan kemuliaan dari shalat shubuh itu sendiri ? Belum jika kita rutin menambah dengan amalan shalat dhuha di pagi hari yang memiliki keutamaan sebagaimana Rasulullah sampaikan dalam hadist yang artinya :

Dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad)

Demikianlah uraian dari Tips dan Cara Membiasakan Bangun Pagi Untuk Anak Beserta Manfaat Bangun Pagi yang bisa penulis bagikan pada tulisan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi penulis sendiri khususnya dan umumnya bagi pembaca sekalian. Aamiin

Wallaahu’alam bishawab.

author
Author: 

    Leave a reply "20 Tips Dan Cara Membiasakan Bangun Pagi Untuk Anak Beserta Manfaat Bangun Pagi"