Belajar Dari Motivator Indonesia Ippho Santosa

No comment 249 views

motivator-nasional-ippho-santosaBELAJAR DARI MOTIVATOR INDONESIA – IPPHO SANTOSA. Sahabat pembaca setia pondok islami, tentu sahabat sudah tak asing dengan motivator, entrepreneur, trainer sekaligus penulis Ippho Santosa. Ya, beliau adalah salah satu motivator muda Indonesia, yang memiliki reputasi skala nasional dan internasional.

Gayanya yang khas anak muda, selalu terlihat energik, penuh semangat untuk selalu memberikan motivasi agar kita menjadi muslim yang kaya dan kuat dengan mengedepankan aspek spiritual. Prinsip-prinsip jalan langit seperti sedekah, berbakti kepada orang tua, menikah, tidak dengki, iri, dendam, dan lain-lain, menjadi landasan utama untuk menggapai kelapangan rezeki.

Keunikan tersebutlah yang membuat beliau menjadi sosok yang telah dikenal oleh banyak orang saat ini. Tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi ia juga telah melanglang buana hingga ke-4 benua, untuk memenuhi undangan sebagai pembicara dan motivator di berbagai forum.

Ippho Santosa juga terkenal sebagai pakar di bidang manajemen otak kanan. Bahkan beliau mendapat julukan / gelar “Right” pada nama tengahnya (Ippho “Right” Santosa), yang menunjukkan keahliannya pada dunia seputar otak kanan tersebut. Hal ini juga yang membuat Ippho Santosa banyak diundang untuk menjadi pembicara dan motivator pada berbagai forum dalam skala nasional dan internasional.

Penerapan manajemen otak kanan tersebut, ia perluas penerapannya pada berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan rezeki. Untuk menjangkau khalayak yang lebih luas lagi, Ippho Santosa pun menuliskan buku-buku terkait dengan penerapan dan aplikasi dari manajemen otak kanan, yang berhasil menjadi best seller pada setiap penerbitannya.

Tak urung prestasinya tersebut membuat Ippho Santosa menjadi tokoh muda inspiratif yang banyak mendapatkan penghargaan dari berbagai institusi seperti MURI dan IKAPI, serta beberapa majalah nasional. Bahkan stasiun televisi RCTI pun pernah menobatkannya sebagai salah satu tokoh inspiratif tahun 2013.

Selain sebagai motivator, penulis buku, pakar otak kanan, Ippho Santosa pun mengembangkan jiwa bisnisnya, dengan mendirikan beberapa usaha dalam dunia pendidikan, mulai dari SD dan PG/TK Khalifah, Homeschooling, hingga Kampus Bisnis Umar Usman. Bahkan belakangan beliau pun mengembangkan pula usaha dalam bidang suplemen kesehatan dari bahan-bahan herbal dan madu propolis kualitas premium, yang dikenal dengan brand OSB (Omar Smart Brain) dan madu propolis BP (British Propolis).

Dari berbagai pencapaian prestasi seorang Motivator Nasional Ippho Santosa ini, kita dapat belajar banyak hal, terutama tentang bagaimana perjuangan beliau dari awal hingga menjadi seperti saat ini. Berikut ini penulis coba sajikan sekilas tentang perjalanan hidup Ippho Santosa, yang penulis sarikan dari berbagai sumber.

Harapannya tentu supaya kita bisa mengambil hikmah-hikmah penting dalam perjalanan hidup dan proses seseorang yang telah meraih kesuksesan dalam hidupnya dan mampu menjadi salah satu tokoh inspiratif nasional. Bagaimana perjuangannya dalam mengatasi berbagai cobaan dalam kehidupan, kerja kerasnya membangun kerajaan bisnis dan pelajaran-pelajaran penting lain yang bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan kita.

SEKILAS TENTANG IPPHO SANTOSA

Ippho Santosa lahir di Pekanbaru, Riau, lebih kurang 42 tahun lalu (saat artikel ini ditulis), tepatnya tanggal 30 Desember 1977. Beliau terlahir dari pasangan Dwianto Sri Santosa dan Husnelly Nedvia. Ayahnya berasal dari Yogyakarta, sedangkan ibunya dari Sumatera Barat. Mereka merupakan keluarga sederhana, yang menjalani kehidupan dengan penuh perjuangan.

motivator-nasional-ippho-santosa-quote1

Ippho kecil merupakan seorang anak yang memiliki kondisi fisik lemah hingga sering sakit-sakitan. Kondisi ini juga yang mungkin menjadi penyebab saat remaja, beliau merupakan pribadi yang sangat pemalu, tertutup / kurang pandai bergaul (kuper).

Tak heran bila Ippho remaja sangat takut jika diharuskan tampil di depan orang banyak, seperti harus tampil di depan kelas misalnya, dan lain sebagainya. Selain kuper dan pemalu, ia pun sangat lemah dalam pelajaran bahasa inggrisnya, tidak seperti sosok Ippho Santosa yang telah dikenal banyak orang saat ini.

Pengalaman Ippho berbisnis dimulai sejak ia menduduki bangku kuliah, tepatnya sekitar tahun 1999. Keputusannya untuk berbisnis sambil kuliah terjadi akibat kondisi keuangan keluarganya yang memburuk, sebagai akibat ditinggal pergi untuk selama-lamanya oleh sang ayah.

Ippho remaja yang awalnya merupakan seorang pemalu, kuper, tidak pandai bergaul, dan sangat takut untuk berbicara di depan orang banyak, secara perlahan akhirnya berubah menjadi sosok lain. Ippho remaja bertransformasi menjadi seseorang yang supel, senang bergaul dengan berbagai kalangan, tahan banting dan memiliki kemauan keras serta disiplin tinggi.

Ia harus mampu bertahan hidup dan meneruskan kuliahnya, sambil membantu ekonomi keluarga. Remaja yang sedang beranjak dewasa ini pun, memutuskan untuk berjualan burger setiap harinya. Mulai dari jam 6 sore hingga jam 12 malam, yang dilakoninya dengan sungguh-sungguh, sebagai upaya untuk mendapatkan penghasilan.

Perjuangannya tidak sia-sia, Ippho Santosa berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan gemilang. Berbekal ijazah S1 dan pengalaman berbisnis selama kuliah, ia jadikan sebagai modal untuk berkarir di beberapa perusahaan besar. Sinar Mas Group, Genting Highland, dan sebuah perusahaan Filipina, merupakan tempat Ippho Santosa meniti karir, dan mencari pengalaman serta menguatkan kemampuan marketingnya dengan menjadi seorang pemasar.

Sebagai pemasar, Iphho Santosa merupakan sosok yang berani mencoba-coba sesuatu yang baru. Ia pun tidak hanya berkarir sebagai pemasar saja, Iphho pun pernah berkarir sebagai interpreter (juru bahasa) untuk ILO-PBB serta pernah pula menjadi dosen di Universitas Internasional Batam.

KEMBALI BERBISNIS

Jiwa bisnisnya kembali bergelora setelah menekuni profesi sebagai pemasar beberapa tahun. Ippho kembali memutuskan untuk total berbisnis dengan membuka beberapa usaha kuliner. Tapi sangat disayangkan, usaha kulinernya ini tidak berjalan lama, karena mengalami kebangkrutan.

Ketidakfokusannya menekuni beberapa usaha tersebut secara bersamaan, merupakan awal penyebab bisnis kuliner yang dibangunnya harus berakhir dengan kebangkrutan. Akan tetapi Ippho tidak menyerah sampai di sini, ia tetap mencoba untuk berbisnis dalam bidang lain.

ippho-santosa-quote5

Bidang usaha selanjut yang ia tekuni selanjutnya adalah mendirikan EnterTrend Training dan menjalankan lembaga tersebut, di mana puluhan ribu orang dan perusahaan yang telah menjadi peserta pelatihan dan seminarnya. Sebelum akhirnya fokus mendirikan dan mengelola PG/TK Khalifah.

Tahun 2007 menjadi awal bisnis Ippho Santosa dalam bidang pendidikan, yaitu mendirikan PG/TK Khalifah di Batam. Pendidikan usia dini yang didirikannya ini memiliki kekhususan yang membedakannya dengan sekolah lain sejenis. Kalau sekolah lainnya lebih berfokus pada pertumbuhan dan perkembangan anak, maka sekolah Khalifah memiliki basis Tauhid dan Entrepreneurship. Hingga saat ini tidak kurang dari 70 cabang PG/TK Khalifah telah tersebar di seluruh Indonesia.

Ippho pun mengembangkan bisnis pendidikannya dengan mendirikan Khalifah Group, yang menjadi wadah untuk menaungi laju perkembangan bisnisnya dalam bidang pendidikan. Saat ini Khalifah Group sudah merambah jenjang pendidikan dasar dengan mengembangkan SD Khalifah dan Homeschooling hingga Kampus Bisnis Umar Usman.

Bidang kesehatan menjadi cakupan ekspansi bisnis Ippho Santosa berikutnya, dengan mengembangkan produk suplemen kesehatan berbahan herbal dan madu dengan kualitas dunia. Suplemen herbal dan madu berskala international ini, sekarang dikenal dengan brand OSB (Omar Smart Brain), yaitu suplemen herbal anak untuk meningkatkan kecerdasan dan madu propolis premium BP (British Propolis dan British Propolis Kids), madu propolis premium untuk meningkatkan imunitas orang dewasa dan anak.

Seluruh jaringan bisnisnya, ia kembangkan dengan pola kemitraan, yang bertujuan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi sebanyak mungkin masyarakat. Terutama untuk para mitra bisnisnya dan para pengguna produk/jasa yang dihasilkan dari bisnisnya ini.

MENJADI PENULIS DAN PEMBICARA

Dengan semangat untuk bermanfaat sebesar-besarnya bagi orang banyak, langkah Ippho Santosa selanjutnya adalah membagikan ilmu dan pengalamannya kepada sebanyak mungkin orang. Menulis buku merupakan langkah yang diambil untuk merealisasikan mimpinya agar bisa bermanfaat sebesar-besarnya bagi orang banyak.

Aktifitas menulis sebenarnya sudah ia lakukan sejak masih bekerja. Tulisan-tulisan lepas sering ia buat dan kirimkan pada beberapa media surat kabar. Sehingga kemampuan menulis sebenarnya sudah terasah sejak sebelum ia menerbitkan buku.

Buku-buku yang ia tulis kemudian sebagian besar menjadi mega best seller, bahkan lebih, seperti buku “7 Keajaiban Rezeki”, mampu menembus hingga 1 juta eksemplar (melampaui mega best seller). Sebuah pencapaian yang sangat jarang diraih oleh penulis-penulis manapun.

buku-ippho-santosa

Ippho Santosa termasuk penulis yang produktif. Hingga kini ia telah menerbitkan belasan buku diantaranya :

  • 7 Keajaiban Rezeki (buku terlaris tahun 2010-2011)
  • Percepatan Rezeki
  • Menjemput Rezeki
  • Muhammad  Sebagai Pedagang
  • Marketing is Bullshit
  • 10 Jurus Terlarang
  • 13 Wasiat Terlarang
  • Success Protocol
  • Marketing With Love
  • Hanya 2 Menit
  • Moslem Millionaire
  • Magnet Rezeki (ditulis bareng bersama Ust. Nasrullah, pengarang buku best seller Rahasia Magnet Rezeki)

Berkat buku-buku best seller yang ia tulis, ditambah pengalaman dan reputasi Ippho Santosa dalam membesarkan bisnis-bisnisnya, maka sebutan Motivator Terbaik Nasional pun kerap disandangnya. Beberapa prestasi yang ia raih merupakan prestasi yang sangat prestisius, seperti berikut ini :

  • Penulis inspiring versi IKAPI (Ikatan Penerbit Se-Indonesia) tahun 2013
  • Penulis inspiring versi MURI Award
  • 20 Mentor pilihan di Kementrian Pendidikan tahun 2016
  • 24 Tokoh Kebanggaan Indonesia versi RCTI tahun 2013
  • Pendiri TK, SD Khalifa (70-an cabang) dan Kampus Bisnis Umar Usman
  • Penulis dengan penjualan lebih dari 1 juta eksemplar
  • Pembicara dan motivator Nasional serta Internasional di belasan negara 5 benua.

Beberapa institusi pemerintah dan swasta luar dan dalam negeri yang pernah mengundang Ippho Santoso sebagai pembicara dan motivator, diantaranya : Kantor Wakil Presiden, Kementrian Pendidikan, Kementrian Pariwisata, Kementrian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementrian ESDM, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, BRI, BNI Syariah, Askrindo Syariah, Pegadaian, BPJS, Kimia Farma, Bio Farma, Pertamina, Telkom, Garuda, Pelindo, Angkasa Pura II, Jasa Marga, Lembaga Sandi Negara, Indonesia Power, Industri Kereta Api (Inka), MA, OJK, BPK, Bursa Efek Jakarta, Prudential, Herbalife, 4Life, Jeunesse, Oriflame, Jafra, Avail, Milagros, Arminareka, ICMI Amerika, dll).

PELAJARAN PENTING DARI SOSOK MOTIVATOR NASIONAL IPPHO SANTOSA

Perjalanan hidup seorang Motivator Nasional Ippho Santosa, dari awal hingga menjadi sosok yang sangat menginspirasi saat ini, tentu tak lepas dari berbagai lika-liku perjalanan hidup. Hingga akhirnya membentuk karakter dan sikap hidup / pola hidup sukses seseorang. Pelajaran inilah yang dapat kita ambil dan terapkan dalam kehidupan kita masing-masing.

motivator-nasional-ippho-santosa-quote2

Berikut ini beberapa pelajaran hikmah yang bisa kita ambil dari perjalanan hidup seorang Motivator Indonesia Ippho Santosa, dari sudut pandang penulis :

  • Setiap manusia Allah ciptakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Tak ada manusia yang Allah turunkan ke bumi tanpa Allah titipkan kelebihan padanya. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Isra, ayat 70, yang artinya :

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (QS. Al-Isra : 70)

Oleh karenanya, setiap kita sangat tak layak untuk berputus-asa dan merasa rendah diri. Tugas kita adalah mencari dan menemukan kelebihan-kelebihan serta keunggulan kita, untuk kemudian dioptimalkan. Sebagaimana Ippho Santosa yang awalnya seorang pemalu dan kuper, tetapi akhirnya mampu bertransformasi menjadi sosok inspiratif, dan mampu menjadi teladan bagi banyak orang.

  • Didalam setiap kekurangan/musibah senantiasa ada kebaikan yang menyertainya, sebagaimana Allah nyatakan dalam surat Al-Insyirah, ayat 5-8, yang artinya :

“Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-Insyirah:5-8)

Sikap berbaik sangka terhadap skenario Allah terhadap kita, akan memunculkan sikap optimis dan mampu menemukan kebaikan dalam setiap kesulitan/musibah yang kita alami. Kejadian meninggalnya ayah Ippho Santosa, di saat ia sedang membutuhkan banyak bantuan keuangan, justru menyebabkan seorang Ippho  harus memaksakan diri berubah.

Dari seorang pemalu, kuper, tidak bisa bergaul dan tidak berani berbicara di depan orang, secara perlahan bertransformasi menjadi sosok yang supel, berani, tahan banting, kreatif dan menjadi sosok inspiratif seperti yang kita kenal saat ini. Hal yang menjadi salah satu pemicunya adalah situasi dan kondisi yang memaksanya harus berubah, agar bisa bertahan hidup dan melanjutkan kehidupan.

  • Semua yang berhasil diraihnya bukan diperoleh dengan cara yang instan, akan tetapi dengan kesungguhan, kerja keras, kemauan yang kuat untuk membuat perubahan dalam diri Ippho Santosa. Berani bermimpi besar harus juga disertai dengan usaha yang juga besar. Maka kekuatan itu menjadi kekuatan yang akan mampu mengubah diri menjadi lebih baik.
  • Menjadi pedagang / pebisnis merupakan sunnah Rasulullah agar bisa mencapai kebebasan financial. Menjadi muslim yang kaya dengan landasan spiritual yang kuat, akan mampu menjadi khalifah di muka bumi, sebagaimana Rasulullah dan para sahabat telah contohkan.
  • Jangan pernah berhenti untuk terus mencoba hingga mencapai kesuksesan. Andaikan Ippho Santosa berhenti saat bisnis kulinernya bangkrut, mungkin PG/TK dan SD Khalifah yang kini telah menyebar lebih dari 70 cabang di seluruh Indonesia tidak akan pernah ada.
  • Senantiasa iringi ikhtiar dan kerja keras dengan ibadah terbaik, amalan terbaik seperti sedekah, doa dari diri sendiri dan pasangan, serta ridho kedua orang tua dan senantiasa berbakti pada keduanya.

Demikianlah sahabat setia pondok islami, sekelumit kisah dan hikmah pembelajaran dari sosok Motivator Indonesia Ippho Santosa. Semoga sahabat dan para pembaca bisa memperoleh kebermanfaatan dari tulisan ini.

Jika terdapat kesalahan ataupun kekeliruan dalam tulisan ini, semata karena kealpaan penulis semata. Inputan dan masukan dari sahabat dan pembaca akan sangat penulis hargai. Apabila terdapat hal-hal yang bisa bermanfaat bagi orang lain, janglah sungkan untuk membagikan tulisan ini kepada sahabat, kerabat dan orang-orang terdekat.

Salam.

Wallahu’alam bishawab.

Leave a reply "Belajar Dari Motivator Indonesia Ippho Santosa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.