Belajar Cara Dan Teknik Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

8723 views

cara-mengetik-10-jariMengetik 10 Jari. Sahabat Quran yang dicintai Allah, pada artikel kali ini Pondokislami akan membahas dan menjelaskan tentang bagaimana cara mengetik dengan 10 jari. Mengapa membahas masalah ini ? Karena penulis yakin, bahwa saat ini dengan perkembangan teknologi informasi dan internet yang sangat pesat, bisa dipastikan semakin banyak orang indonesia, khususnya umat muslim, yang memiliki akses terhadap teknologi informasi, komputer dan internet.  Tentu saja kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pemanfaatan teknologi tersebut, tidak dapat dipisahkan dari kegiatan tulis menulis. Khususnya bagi mereka yang berkecimpung dalam urusan administrasi maka akan sering menggunakan berbagai aplikasi pengolah kata seperti microsoft word ataupun pengolah angka dan data seperti microsoft excell ataupun sejenisnya.

Dapat dipastikan bahwa mereka akan sangat membutuhkan skill/kecakapan mengetik dengan cepat dan benar. Tapi sayangnya, kegiatan mengetik masih banyak dilakukan dengan menggunakan 11 jari ….. he he he ….. alias hanya menggunakan 2 jari telunjuk kiri dan kanan. Apakah sahabat juga seperti itu ? Jika benar maka artikel ini sangat tepat untuk sahabat baca hingga selesai. Insya Allah sahabat sekalian akan mendapatkan manfaat sekaligus keterampilan baru tentang teknik mengetik dengan menggunakan 10 jari.

MANFAAT MEMILIKI SKILL MENGETIK 10 JARI

Sebelum lanjut, perlu juga diketahui apa saja keuntungannya apabila kita mempunyai skill mengetik dengan 10 jari ini. Beberapa keuntungan yang penulis sendiri rasakan dengan kemampuan menulis 10 jari ini antara lain :

  • Mampu mengerjakan proses penulisan dokumen dengan lebih cepat
  • Mampu menyelesaikan pekerjaan administrasi penulisan lebih banyak, karena prosesnya dapat dikerjakan dengan lebih cepat
  • Meminimalisir kesalahan saat proses pengetikan
  • Memiliki ketahanan menulis yang jauh lebih baik disebabkan proses menulis yang lebih sehat (sikap badan dan fokus mata menjadi lebih baik)
  • Dapat menjadikan keahlian ini sebagai ladang mencari pendapatan sampingan. Misalnya sebagai penulis artikel, data entry officer, penulis naskah, pengarang buku dan lain sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut sudah pasti sebagian besar aktifitasnya membutuhkan keahlian menulis cepat dan benar dalam jumlah yang banyak

Papan ketik/ keyboard merupakan sebuah alat dan metoda input yang sangat efektif dan efisien. Walaupun saat ini sudah ada metoda input yang lain seperti kedipan mata yang bisa memicu suatu aktifitas, kemudian gerakan tangan yang sudah bisa memicu juga suatu aktifitas hingga mode suara yang mampu mengetikkan sesuatu.

Akan tetapi semua metoda input di atas masih belum bisa se-AKURAT kalau kita menggunakan Keyboard. Mengapa ? Karena dari beberapa metode input di atas, untuk tanda baca masih belum dapat di-terjemahkan. Jadi untuk menghasilkan tulisan yang lengkap, maka berbagai metode di atas, saat ini belum dapat digunakan.  Oleh karenanya penggunaan keyboard masih sangat dibutuhkan.

Untuk mempelajari cara mengetik 10 jari memang dibutuhkan ketekunan dan latihan yang kontinu secara terus menerus. Karena ini merupakan skill/keahlian, maka dibutuhkan pembiasaan yang terus menerus. Sama halnya seperti saat kita belajar menulis ataupun membaca ketika TK/SD, begitu pula saat kita pertama kali belajar membaca Alquran ataupun belajar menghafalkan Alquran. Semuanya membutuhkan cara atau metode yang dipraktekkan berkali-kali dan berkesinambungan. Artinya kontinu dan terus meningkat setahap demi setahap. Penulis sendiri membutuhkan waktu hampir 4 bulan untuk dapat terbiasa, dan nyaman dengan pemanfaaatan ke 10 jari kita untuk mengetik di atas keyboard.

Bagi pembaca yang sudah terbiasa mengetik dengan menggunakan 2 jari, tentu dibutuhkan kesabaran dan perjuangan yang lebih besar karena harus menghilangkan kebiasaan yang selama ini sudah berjalan. Pada saat diawal pasti akan terasa berat, akan tetapi dengan mengikuti latihan-latihan yang diberikan di bawah ini secara tekun dan sabar, insya Allah lambat laun pasti akan terbiasa juga dengan metode mengetik 10 jari ini.

POSISI JARI TANGAN PADA KEYBOARD

Langkah awal teknik mengetik 10 jari adalah penempatan ke-10 jari kiri dan kanan kita pada papan keyboard, ketika akan memulai proses mengetik seperti gambar di bawah ini.

posisi-jari-teknik-cara-mengetik-10-jari

Posisi jari kiri dan kanan pada papan keyboard

Pada setiap keyboard, tepatnya pada tombol huruf F dan J terdapat benjolan seperti gambar di bawah ini. Tombol inilah yang dijadikan acuan penempatan jari telunjuk kita untuk kemudian diikuti dengan posisi jari-jari yang lain.

posisi-huruf-f-dan-j-di-keyboard-pada-teknik-cara-mengetik-10-jari

Posisi acuan telunjuk kiri dan kanan pada tombol huruf F dan J

Setelah mengetahui posisi awal seperti di atas, berikutnya adalah pembagian tugas dari masing-masing jari tangan terhadap setiap tombol pada keyboard.

1. Tugas Jari Tangan Bagian Kanan

— Jari Telunjuk menekan huruf Y, U, H, J, N, M dan Angka 6,7
— Jari Tengah menekan huruf I, K,tanda koma dan Angka 8
— Jari Manis menekan huruf L, O tanda titik dan angka 9
— Jari Kelingking menekan huruf P, tanda titik koma dan tanda slash dan semua tombol sebelah kanan (warna orange)
— Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt

2. Tugas Jari Tangan Bagian Kiri

— Jari Kelingking menekan huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock dan semua tombol sebelah kiri (warna orange) kecuali tombol Alt
— Jari Manis menekan huruf W, S, X dan Angka 2
— Jari Tengah  menekan huruf Huruf E, D, C dan Angka 3
— Jari Telunjuk menekan huruf R, F, V, T, G, B dan Angka 4, 5
— Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt

 Supaya lebih JELAS simak gambar berikut ini :

tugas-jari-tangan-pada-teknik-cara-mengetik-10-jari-online

Areal tugas dari masing-masing jari ditandai dengan warna yang sama antara jari dan tombol di  keyboard

CARA LATIHAN MENGETIK 10 JARI

Hafalkanlah setiap tugas dan posisi jari-jari tangan kanan kita pada papan keyboard seperti di atas. Mulailah dengan mengetikkan satu persatu huruf pada keyboard secara acak, sambil menghafalkan letak dan posisi huruf pada ke sepuluh jari kita. Lakukan setahap demi setahap hingga menjadi lancar. Pada awalnya pasti akan sangat lambat, akan tetapi jangan putus asa, nikmati saja prosesnya. Lakukan secara rutin hingga berkali-kali. Bila sudah terasa bosan dan lelah segera hentikan, untuk dilanjutkan di waktu lain. Tetapi pastikan anda melakukan latihan pembiasaan ini secara rutin dan terus menerus agar jari-jari anda menjadi terbiasa dan tidak kaku. Repetisi/pengulangan latihan secara kontinu akan membuat kita menjadi hafal dengan sendirinya hingga bisa menjadi reflek nantinya.

Bila sudah terbiasa dengan posisi huruf pada jari-jari kita, sahabat sekalian dapat mulai untuk mengetikkan rangkaian kata-kata seperti di bawah ini :

Kalimat ini dibuat untuk latihan menggunakan teknik mengetik 10 jari

Latihlah berulangkali agar menjadi terbiasa dan tidak kaku dengan sepuluh jari kita

Ketikkan rangkaian kalimat diatas berulangkali untuk membiasakan jari-jari anda, agar tetap terbiasa dengan posisi dan fungsi dari masing-masing jari, serta tidak merasa kaku lagi. Jangan takut terjadi kesalahan saat mengetikkan kalimat tersebut. Biarkan saja dan lakukan pengulangan kembali. Semakin sering anda berlatih, maka akan semakin minim kesalahan dan semakin cepat serta terbiasa menggunakan ke-10 jari anda untuk mengetikkan setiap huruf yang ada pada keyboard.

Untuk membantu proses latihan mengetik 10 jari, sahabat dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia secara online di internet, baik gratis maupun berbayar. Beberapa situs di internet juga menyediakan latihan-latihan gratis yang dapat diakses secara online, untuk membantu anda berlatih cara mengetik 10 jari ini. Untuk lebih lengkapnya sahabat dapat membaca artikel referensi dan aplikasi mengetik 10 jari online.

Sebagai penutup kami sertakan video petunjuk melatih cara mengetik 10 jari dari situs howcast, yang Insya Allah semakin dapat memperjelas metode cara berlatih mengetik 10 jari ini untuk sahabat semua.

Silahkan sahabat share kepada kerabat ataupun rekan-rekan jika dirasakan ada manfaatnya……

Selamat Berlatih……dan Semoga Bermanfaat.

author
Author: 

    Leave a reply "Belajar Cara Dan Teknik Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.