Panglima Perang Islam Terbaik Dalam Buku Para Panglima Islam Penakluk Dunia

KISAH PARA PANGLIMA PERANG ISLAM TERBAIK

 

Sahabat Quran yang dicintai Allah, apakah diantara para sahabat ada yang pernah menonton film “Kingdom Of Heaven”. Ya, film hollywood yang cukup digemari pada saat ditayangkan dahulu sekitar tahun 2005. Film ini berkisah tentang salah satu episode dari perang salib antara kaum muslimin dengan tentara Salib. Salah satu tokoh sentral yang digambarkan pada film itu, tentu tidak asing lagi bagi kita yaitu Shalahuddin Al-Ayubi. Sosok Panglima Perang Islam yang saat itu berhasil mengambil alih Yerusalam dan menjamin keamanan tentara Salib yang berhasil dikalahkannya, bahkan membiarkan mereka pergi meninggalkan Yerusalam dengan aman dan selamat.

Tentu saja kita sebagai muslim sangat tersentuh dan bangga dengan kepribadian serta karakter yang begitu berwibawa dan mulia dari seorang Shalahuddin Al-Ayubi. Tidak hanya kita sebagai muslim yang terkagum-kagum dengan beliau, bahkan banyak pengamat sejarah dan tokoh-tokoh dunia dari barat yang juga mengakui dan mengagumi keagungan kepribadian dan karakter mulia dari salah satu panglima perang islam terbaik yang pernah ada dalam sejarah.

Namun, benarkah sosok Shalahuddin Al-Ayubi itu seperti yang digambarkan pada film tersebut?

Sosok Shalahuddin Al-Ayubi nyatanya jauh lebih luar biasa dan banyak sekali suri tauladan yang bisa kita contoh dan tiru darinya. Lebih luarbiasa lagi, ternyata sosok dan pribadi hebat seperti Shalahuddin Al-Ayubi banyak dimiliki oleh para pejuang dan panglima perang islam sepanjang sejarah khilafah islamiyah. Mulai dari zaman Nabi Muhammad dan para sahabat, hingga zaman khilafah Bani Umayyah, Bani Abbasiyah dan Bani Utsmaniyah.

Kisah 20 orang panglima perang islam terbaik sepanjang sejarah islam dan dunia terangkum dalam buku karangan Muhammad Ali, yang berjudul “Para Panglima Islam Penakluk Dunia”. Selain Shalahuddin Al-Ayubi buku ini juga mengisahkan nama-nama besar seperti An-Nu’man bin Muqarrin, Uqbah bin Nafi’, Saifudin Quthuz, Ruknuddin Baibars, Nuruddin Az-Zinki, Muhammad bin Qasim, Qutaibah bin Muslim, Musa bin Nushair, Thariq bin Ziyad, Abdurrahman Al-Ghafiqi, Yusuf bin Tasyfin, sampai Muhammad Al-Fatih.

buku-para-panglima-perang-islam-penakluk-dunia

Buku “Para Panglima Perang Islam Penakluk Dunia” karangan Muhammad Ali

Kelebihan buku ini ada pada kepiawaian penulis dalam menarasikan jalinan fakta sejarah menjadi sebuah alur cerita yang menarik dengan gaya bahasa sastra, namun tanpa kehilangan pijakan referensi yang shahih. Membacanya serasa dibawa ke situasi zaman itu, penuh perasaan bangga dan haru.

Meluasnya dakwah Islam pada masa itu tak lepas dari peran para Panglima Islam. Mereka memiliki satu tujuan: “membebaskan manusia dari perbudakan para tiran menuju menuju penghambaan kepada Allah semata.” Dengan keberanian, keuletan, dan keyakinan akan kemuliaan misi suci yang diembannya, para panglima Islam berhasil menaklukkan daerah-daerah baru.

Hal yang sungguh sulit untuk dibayangkan bagaimana pasukan Islam pada masa itu mampu menaklukkan dua kekuatan besar dunia (super power) pada masa itu, yaitu Kekaisaran Romawi Bizantium dan Imperium Persia Sassania, dalam kurun waktu yang sama.

Dari segi materi apapun, tak ada yang menyangka para pejuang Muslim Arabia, yang sebelumnya dianggap anak bawang itu bisa menaklukkan wilayah luas kekuasaan Bizantium dan Persia di Syiria, Palestina, Lebanon, Irak, Iran, dan Mesir hingga Maghrib yang membentang dari Libia hingga Mauritania hanya dalam 18 Tahun saja!

Kisah gemilang penaklukan para Panglima Perang Islam terus berlanjut selama kurun tiga khilafah Bani Umawiyah/Umayyah, Bani Abbasiyah, dan Utsmaniyah. Pada masa itu pula bahkan sebagian wilayah Eropa (spanyol, Portugal, Prancis, Sisilia, Eropa tengah), bahkan pedalaman Afrika dan Asia tengah berhasil dinaungi kasih sayang dan keadilan Islam. Sebuah buku yang sangat layak dibaca dan dimiliki oleh para pemuda muslim, yang tentunya membutuhkan sosok-sosok teladan yang patut dijadikan contoh dan panutan. Begitu pula bagi para orang tua dan guru serta pendidik, buku ini Insya Allah akan menjadi referensi yang baik untuk membangun karakter anak muda harapan umat.

Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

buku-para-panglima-perang-islam-terbaik-penakluk-dunia

Untuk pemesanan silahkan hubungi :

HP/SMS/WA : 087821830344
BB : 27C69F90

author
Author: 

    Leave a reply "Panglima Perang Islam Terbaik Dalam Buku Para Panglima Islam Penakluk Dunia"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.