Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap 30 Juz PDF

2 comments 6429 views

ebook-kitab-tafsir-ibnu-katsir

 

DOWNLOAD KITAB TAFSIR IBNU KATSIR LENGKAP 30 JUZ. Sahabat Al Quran yang senantiasa setia mengikuti artikel-artikel Pondok Islami. Kali ini kami akan membagikan link untuk mendownload salah satu kitab rujukan yang sangat penting untuk umat islam dalam mempelajari Al Quran. Tepatnya adalah Kitab Tafsir Ibnu Katsir lengkap 30 juz dalam format file PDF.

Mengapa sangat  perlu untuk kita mempelajari kitab tafsir ini ? 

Sesungguhnya mempelajari makna serta kandungan Al Quran merupakan kewajiban sekaligus cita-cita yang paling mulia dari seorang muslim. Hal ini juga sekaligus salah satu perwujudan dan bukti ketakwaan kita kepada Allah SWT. 

Kitab tafsir merupakan buku yang berisikan kumpulan penjelasan dari Nabi dan para sahabatnya serta para ulama setelahnya tentang kandungan dan makna Al Quran.  Disinilah letak pentingnya keberadaan kitab-kitab tafsir tersebut sebagai rujukan bagi kita untuk memahami makna dan kandungan Al Quran secara utuh dan benar. 

Menafsirkan Al Quran dengan akal semata, menurut kesepakatan ulama termasuk perbuatan haram, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan akalnya atau tanpa ilmu maka siapkanlah tempat duduknya dengan api neraka.” (HR. At-Tirmidzi, hadits hasan)

Itulah sebabnya ketika kita berniat untuk mempelajari dan memahami Al Quran secara utuh, kita tidak dapat melakukannya sendiri. Kita akan sangat membutuhkan bimbingan dari para ulama dalam menafsirkan ayat-ayat Al Quran.

Bisa saja kita mencoba untuk menterjemahkannya sendiri kata per kata, tanpa merujuk kepada penjelasan ulama atau kitab tafsir yang mu’tabar (dikenal dan diakui validitasnya). Akan tetapi ketika apa yang kita pahami itu ternyata salah, karena keterbatasan ilmu kita, dan justru bertentangan dengan apa yang dipahami oleh Nabi dan para sahabatnya, maka disitulah kita akan terjerumus ke dalam kesesatan yang jauh.

Simak penjelasan Rasulllah SAW tentang hal ini dalam hadist berikut yang artinya :

“Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR Tirmidzi, Ahmad, Ad-Darimi, Abu Dawud. Dishahihkan oleh Al-Albani)

Tanpa bimbingan para ulama melalui kitab-kitab tafsir mereka, besar sekali kemungkinan kita akan tersesat dari jalan yang benar sesuai perintah Allah dan Rasul-Nya.

“Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan mencabutnya dari hamba-hamba. Akan tetapi Dia mencabutnya dengan diwafatkannya para ulama sehingga jika Allah tidak menyisakan seorang alim pun, maka orang-orang mengangkat pemimpin dari kalangan orang-orang bodoh. Kemudian mereka ditanya, mereka pun berfatwa tanpa dasar ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan.”(HR. Al-Bukhari no. 100 dan Muslim no. 2673)

KITAB TAFSIR IBNU KATSIR

Generasi terdahulu umat islam yaitu para sahabat, tabi’in, tabi’ut dan murid-murid mereka, mempelajari Al Quran dengan cara mendengar dan bertanya langsung kepada para guru-guru mereka. Amalan ini berlangsung terus menerus dari generasi ke generasi berikutnya. 




Orang pertama yang menerangkan, mengajarkan, dan menafsirkan Al Quran tentu saja Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Para sahabat mempelajari Al Quran dengan  menerima ayat demi ayat Al Quran beserta bacaan dan pemahamannya langsung dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sudah tentu mereka memahami makna dan maksud serta rahasia Al Quran, berkat kehadiran Rasulullah ditengah mereka dan kedekatan hubungan diatara mereka.

Para sahabat yang menjadi orang terdekat Rasullullah dan mendapatkan pengajaran langsung diantaranya, Khulafaur Rasyidin, Abdullah bin Mas’ud, Ibnu Abbas, Ubai bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit, Abu Musa Al-Asy’ari dan Abdullah bin Az-Zubair radhiallahu ‘anhum.

Generasi setelah para sahabat melanjutkan penafsiran ayat Al Quran dengan mencari satu atau lebih ayat Al Quran lainnya. Apabila tidak memungkinkan maka ditafsirkan dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang shahih. Jika masih tidak dapat ditemukan hadits yang dapat menjelaskannya, maka akan ditafsirkan melalui ucapan para sahabat,  utamanya para sahabat yang telah disebutkan di atas.

Jika ucapan sahabat juga tidak bisa menjelaskan makna dan kandungan ayat Al-Quran yang dimaksud maka akan dicari perkataan/ucapan para tabi’in seperti Mujahid, Ikrimah, Sa’id bin Al-Musayyib, Sa’id bin Jubair, ‘Atha bin Abi Rabbah dan Al-Hasan Al-Basri. Akan tetapi apabila semuanya ada, maka biasanya akan disebutkan semua.

Dari madrasah tafsir ini lah kemudian lahir banyak para mufassir (ahli tafsir) yang mengetahui sejarah tafsir, dengan atsar (jejak/petunjuk) Nabi dan para sahabat. Ulama ahli tafsir yang paling terkenal dengan kitab tafsirnya adalah Muhammad bin Jarir Ath-Thabari (wafat 310 H) yang dikenal sebagai imam besar dalam ushul tafsir. Karyanya yang terkenal adalah Kitab Tafsir At-Thabari, dan merupakan kitab tafsir paling terpercaya dan terdahulu.

Berikutnya, pada abad ke-8 Hijriyah lahirlah seorang ulama mufassir (ahli tafsir), sekaligus alumnus akhir madrasah tafsir dengan atsar,  yaitu Ismail bin Umar bin Katsir, atau lebih dikenal dengan Ibnu Katsir. Beliau merupakan salah seorang murid Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (wafat tahun 774 H). Karyanya yaitu Kitab Tafsir Ibnu Katsir, dianggap sebagai kitab tafsir terbaik yang pernah ada, dan menjadi rujukan banyak ulama serta para penuntut ilmu hingga saat ini.

Al-Imam Asy-Syaukani rahimahullah -beliau juga menulis tafsir- berkata bahwa Tafsir Ibnu Katsir adalah salah satu kitab tafsir terbaik, jika tidak bisa dikatakan sebagai tafsir terbaik, dari kitab-kitab tafsir yang ada. Al-Imam As-Suyuthi rahimahullah menilai tafsirnya menakjubkan, belum ada ulama yang menandinginya. Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah dalam bukunya Al-‘Ilmu menganjurkan penuntut ilmu membaca Tafsir Al Qur’anil ‘Azhim atau yang lebih dikenal dengan Tafsir Ibnu Katsir.

SEKILAS BIOGRAFI IBNU KATSIR

Nama lengkapnya adalah Ismail bin Katsir, gelar lengkapnya Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi, Imaduddin Abu Al-Fida Al-Hafizh Al-Muhaddits Asy-Syafi’i. Beliau adalah seorang pemikir dan ulama ahli tafsir. Namanya lebih dikenal sebagai Ibnu Katsir. Ia lahir pada tahun 701 H di Busra, Suriah dan wafat pada tahun 774 H di Damaskus, Suriah.

Salah satu guru Ibnu Katsir antara lain Burhanuddin Al-Fazari, seorang ulama bermazhab Syafi’i. Beliau juga berguru kepada ulama ternama lainya sepertu Ibnu Taimiyah (wafat 728 H) dan Ibnu Al-Qayyim (wafat 751 H). Termasuk juga mendapatkan arahan dari ahli hadist terkemuka dari Suriah yang kemudian menjadi mertuanya yaitu Jamaluddin Al-Mizzi (wafat 742 H). Selanjutnya ia pun sempat pula berguru pada ulama-ulama Hijaz serta memperoleh ijazah dari Al-Wani.

Ibnu Katsir sempat menjabat sebagai guru besar di Masjid Ummayah Damaskus pada tahun 768 H. Beliau wafat tak lama setelah menyelesaikan kitab terakhirnya yaitu kitab Al-Ijtihad fi Talab al-Jihad (Ijtihad Dalam Mencari Jihad) dan dimakamkan tepat di sebelah makam gurunya, Ibnu Taimiyah.

Demikianlah sekilas tentang pentingnya mempelajari ilmu tafsir bagi kita umat Nabi Muhammad SAW dan salah satu rujukan kitab yang paling direkomendasikan sebagai referensi untuk mempelajari tafsir Al Quran.

Berikut ini kami bagikan link gratis Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir dalam format File Pdf lengkap 30 Juz.

 

Silahkan di download : Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap 30 Juz – File PDF 

(Mohon maaf link download e-book kami matikan sehubungan dengan belum adanya izin dari penerbit buku tersebut).

Bagi para sahabat/pembaca yang kesulitan untuk mempelajari kitab tafsir Ibnu Katsir di atas dalam bentuk e-book, dapat pula membeli Buku Fisik Kitab Tafsir Ibnu Katsir tersebut pada kami. 

kitab-tafsir-ibnu-katsir

Silahkan klik gambar di atas untuk memesan

 

Silahkan hubungi kami melalui whatsapp dengan mengklik gambar di atas atau link berikut ini : InfoKitabIbnuKatsir

Sahabat juga dapat menghubungi nomor berikut ini : 087821830344

 

Semoga dengan men-download Kitab Tafsir Ibnu K,,,atsir di atas kita dapat memahami Al Quran dengan lebih baik lagi serta mampu meningkatk,,an keimanan, ketakwaan, dan pemahaman keislaman kita. Aamiin.

Wallahu’alam bishawaab.

Sumber :
https://aslibumiayu.net/6797-download-tafsir-ibnu-katsir-30-juzz-terjemah-bahasa-indonesia.html
https://ahlulhadist.wordpress.com/ 

author
Author: 
    1. author

      reza2 months ago

      masya Allah..gak kebayang manakala penerbit mengizinkan tafsir ini bisa di download…waaah amalanan jariyah..yg masya Allah..tapi sayang gak ambil kesempatan yg dahsyat ini..andai saya bisa buat…sya bagi gratis ..di donwnload ke semua kalangan

      Reply
      • author
        Author

        admin2 months ago

        Betul mas Reza, tapi kalau kita menyebarkan tanpa izin jg tdk baik jadinya….

        Untuk alternatif lain mas Reza bisa kunjungi situs : https://islamdownload.net/123997-download-tafsir-ibnu-katsir.html.

        Bisa donlot versi pdf terjemah inggris atau menggunakan aplikasi ayat dg tambahan modul tafsir ibnu katsirnya….silahkan kunjungi link tsb……

        semoga membantu

        Reply

    Leave a reply "Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap 30 Juz PDF"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.