16 Manfaat Kurma Ajwa Jika Dikonsumsi Secara Rutin

manfaat-kurma-ajwa-madinah

MANFAAT KURMA AJWA. Buah manis yang dihasilkan dari pohon kurma populer di seluruh dunia sebagai makanan super. Buah-buahan ini kaya akan nutrisi penting, vitamin dan serat yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh dan pikiran manusia, sehingga saat ini kurma telah menjadi salah satu makanan paling serbaguna.

Buah kurma dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk yang segar setelah dipetik dari pohon palem, bisa juga dengan dikeringkan untuk kemudian diawetkan sehingga bisa dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama. Ada lebih dari 600 varietas kurma dengan berbagai bentuk dan rasa, tetapi varietas kurma Ajwa sangat menonjol di seluruh dunia.

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang telah terkenal diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tumbuh secara eksklusif di Madinah, Arab Saudi, dengan warnanya yang bervariasi dari mulai coklat tua hingga hampir hitam.

Kurma Ajwa ini memiliki tekstur lembut dan varian yang banyak beredar adalah dari varietas kering, walaupun ada juga tipe kurma Ajwa dari varietas basah. Kurma Ajwa yang kita kenal di pasaran juga memiliki berbagai jenis dan tingkatan.

Terutama dibedakan secara kualitas daging kurma serta ukurannya. Salah satu contoh kurma Ajwa Premium Grade A yang kami kenal dan akui kualitasnya adalah Kurma SABBA. Salah satu merk kurma Ajwa yang dipasarkan di Indonesia, dengan kualitas kurma Ajwa premium Grade A.

Dikenal sebagai ‘Kurma Suci’ karena merupakan jenis kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW, dan karenanya memiliki tempat khusus dalam tradisi Islam di seluruh dunia. Sebagaimana keutamaan mengkonsumsi kurma Ajwa yang telah disebutkan Nabi Muhammad dalam satu hadist yang artinya,

“Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Penelitian secara ilmiah, telah membuktikan bahwa buah kurma ini memiliki kandungan nutrisi tinggi, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Mengutip dari laman Bateel.com dan laman terkait lainnya, berikut dibawah ini adalah berbagai manfaat dari kurma Ajwa.

Manfaat Kurma Ajwa

Nutrisi yang terkandung dalam Kurma ajwa, di antaranya serat, protein, kalsium, gula, magnesium, zat besi, fosfor, zinc, kalium, selenium, vitamin B1, B2, B3, dan B6. Dengan kandungan berbagai nutrisi tersebut kurma Ajwa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan :

1. Menyehatkan Jantung

Konsumsi kurma ajwa secara teratur dapat membantu memperbaiki penyempitan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan fungsi jantung serta menguatkannya. Kandungan vitamin B pada kurma ajwa memiliki andil yang besar untuk menghilangkan kadar homosistein yang berbahaya dalam tubuh. Begitu pula magnesium yang terdapat dalam buah yang memiliki warna hitam pekat ini dapat membantu menjaga ritme jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Jenis kurma ini kaya akan fosfor dan kalsium yang dapat menunjang kesehatan tulang dan gigi. Kurma ajwa dikenal ampuh mengatasi kekurangan kalsium dalam tubuh. Selain itu, sejumlah besar mineral dalam kurma ini efektif memperkuat tulang dan menangkal berbagai penyakit yang mengancam.

3. Tidak Menyebabkan Kenaikan Gula Darah

Kurma ajwa mengandung sejumlah besar gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi. Di samping itu, buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak mengakibatkan peningkatan gula darah yang signifikan.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kurma dengan rasa manis-asam ini berfungsi sebagai sumber antioksidan yang baik. Selenium dan nutrisi lain yang terkandung dalam kurma ajwa dapat mencegah terjadinya kanker.

Mengonsumsi kurma ajwa secara rutin dengan jumlah yang pas dapat membantu memperbaki fungsi sistem kekebalan tubuh sekaligus menangkal berbagai infeksi.

5. Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat kurma ajwa juga dirasakan oleh ibu hamil. Mengonsumsi kurma dengan kulit lembut dan berkerut ini selama masa kehamilan mampu mengaktifkan otot-otot rahim dan membantu gerakan rahim pada saat melahirkan. Selain itu, kurma ini bisa meminimalisasi pendarahan pasca melahirkan.

Mengonsumsi kurma secara rutin juga dapat mengurangi rasa sakit ketika melahirkan. Sebuah studi menunjukan, makan enam kurma ajwa per hari sejak 36 minggu masa kehamilan dapat memudahkan persalinan, tingkat induksi yang lebih rendah, dan serviks yang lebih baik.

6. Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan penyakit yang terjadi akibat menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan di dinding arteri yang menyebabkan terhalangnya aliran darah. Jika pecah, gumpalan plak menyebabkan oklusi akut arteri.

Mengonsumsi kurma ajwa secara rutin dapat membantu mencegah aterosklerosis yang menjadi faktor penyakit berbahaya lainnya, seperti serangan jantung dan stroke.

7. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Rajin mengonsumsi kurma ajwa dapat mengatur tekanan darah dan membantu ginjal berfungsi dengan baik.

8. Mencegah Kanker Perut

Hasil survei terkini di bidang medis menunjukan bahwa mengonsumsi kurma secara teratur dapat membantu mencegah kanker perut.

9. Melancarkan Proses Pencernaan

Nutrisi yang terkandung dalam kurma ajwa dapat meredakan rasa lapar. Di samping itu, kurma ini dinilai efektif dalam memperlancar proses pencernaan.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Kurma anjuran Rasulullah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan meminimalisasi risiko terserang berbagai penyakit seperti rabun senja.

11. Membantu Proses Kehamilan

Energi yang ditemukan dalam kurma ajwa dapat digunakan oleh pasangan suami istri untuk membantu atau mempercepat kehamilan. Selain itu, kurma ini dapat meningkatkan libido atau gairah seksual.

12. Menjaga Organ Hati

Melimpahnya manfaat kurma ajwa juga dirasakan oleh organ hati. Buah ini dipercaya dapat melindungi hati dari kondisi toksik yang berujung pada kerusakan serius.

13. Mengurangi Inflamasi/Peradangan

Peradangan atau inflamasi dapat mereduksi kemampuan tubuh dalam memerangi infeksi bakteri, virus, alergan, hingga bahan kimia beracun dalam tubuh. Kurma ajwa merupakan buah sehat yang memiliki sifat antiperadangan.

14. Membantu Peningkatan Produksi ASI

Selain baik untuk ibu hamil, kurma ajwa bisa membantu memperkaya nutrisi ASI bagi ibu menyusui. Bayi yang menyusui dari ibu yang rutin mengonsumsi kurma ajwa disebut memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit dan berbagai infeksi lainnya.

15. Mencegah Anemia

Kurma ajwa kaya akan zat besi yang dapat mendukung proses produksi sel darah merah dalam tubuh. Oleh karena itu, kurma ajwa cocok untuk dijadikan pengobatan alternatif anemia sebagai makanan penambah darah.

16. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Adanya kandungan serat dan antioksidan dalam kurma ajwa akan dapat melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Antioksidan seperti flavonoid dalam kurma ajwa bisa membantu regenerasi sel yang rusak, sehingga hal tersebut bisa mencegah munculnya penyakit akibat radikal bebas.

Demikianlah sahabat-sahabat pembaca berbagai manfaat kurma ajwa yang dapat meningkatkan kesehatan manusia, asalkan dikonsumsi secara rutin. Walaupun demikian, terapi kesehatan dengan kurma ajwa ini tetap merupakan terapi alternatif.

Jika sahabat memiliki penyakit serius sebaiknya tidak menjadikan kurma ajwa sebagai pengobatan utama. Untuk mendapatkan perawatan menyeluruh, tetap dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Barakallahufiikum

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Ebook (GRATIS): "TIPS MENGATASI KECANDUAN GADGET PADA ANAK"> DOWNLOAD <
+ +