Niat-niat Kebaikan Selama Di Rumah Aja

Template Gratis
niat-niat-kebaikan-dirumah-aja

NIAT-NIAT KEBAIKAN SELAMA DI RUMAH AJA. Sahabat quran pembaca pondokislami.com yang dimuliakan Allah SWT. Semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan dan rahmat Allah, terlebih dalam situasi pandemi Corona saat ini.

Seperti sahabat sama-sama ketahui sudah lebih dari dua minggu kita seluruh masyarakat Indonesia, dan mungkin juga seluruh dunia, diperintahkan dan disarankan untuk melakukan isolasi diri di rumah. Semua ini dilakukan semata untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 ini.

Pertanyaannya yang muncul bagi penulis pribadi, dan mungkin juga bagi sebagian besar sahabat adalah, bagaimana agar situasai di rumah aja ini, dapat menjadi lebih produktif dan bisa mendatangkan kebaikan serta pahala.

Sejak arahan dan anjuran untuk di rumah aja ini digaungkan, sudah banyak tips dan berbagai saran agar bisa lebih produktif di rumah, dari berbagai pihak. Mulai dari melakukan kegiatan di rumah bersama keluarga, meningkatkan ibadah-ibadah yang selama ini kita lupakan, atau tidak sempat kita lakukan, karena kesibukan, seperti shalat-shalat sunnah, tilawah quran, memperbanyak doa, memanjangkan sujud ketika shalat, dan lain sebagainya.

Sempatkan Juga Membaca : Kumpulan Doa Sehari-hari

Termasuk juga meningkatkan pendapatan keluarga dengan berjualan/berdagang dari rumah secara online. Khusus untuk tips dan saran inipun web Pondok Islami, insya allah akan menuliskan tips-tips dan rekomendasi hal-hal produktif yang bisa dilakukan saat di rumah aja, dalam tulisan berikutnya. Nantikan ya…😊

Khusus tulisan kali ini penulis ingin berbagi apa yang disampaikan oleh Ustadz Arafat (penulis buku Hijrah Rezeki dan Titik Balik), dalam ebooknya yang penulis dapatkan, mengenai meraih segudang pahala kebaikan dengan memperbanyak niat-niat baik.

Tulisan beliau diambil dari referensi buku ulama Yaman yang telah wafat tahun 2011, Muhammad bin Alwi Alaydrus, dalam Kitab An-Niyaat, tentang sejumlah niat baik saat diam di rumah, yang diberi judul Niyyatul Julusi fil Bait.

Artikel ini sengaja penulis tulis ulang dengan sedikit tambahan pengantar, dengan tujuan agar semakin banyak sahabat yang bisa mendapatkan kebaikan-kebaikan, dan sebagai pengingat diri sendiri khususnya. Semoga walaupun di rumah aja, kita semua tetap dapat meraih berbagai pahala kebaikan, dengan memperbanyak niat baik. Aamiin.

“Terkadang perbuatan ringan menjadi besar pahalanya karena besarnya niat.” ( Al-Imam Ibnu Mubarok )

Berikut ini adalah beberapa niat-niat kebaikan yang bisa kita amalkan agar mendapatkan pahala kebaikan selama di rumah aja.

1. Niat Mengharapkan Ridha Allah

“Allah menjadikan bagimu rumahmu sebagai tempat tinggal.” (QA. An-Nahl : 80)

2. Niat Menenangkan Diri Dari Hiruk-pikuk Di Luar Rumah

“Dialah Allah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada).” (QS. Al-Fath : 4)

3. Niat Berkasih Sayang Kepada Keluarga

Rasulullah mencium cucunda Hasan, lalu sahabat di sampingnya berkata, “Aku memiliki sepuluh anak, tidak satupun yang aku cium.” Maka Rasulullah bersabda,

“Barang siapa yang tidak menyayangi, maka ia tidak akan disayangi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Niat Membantu Anggota Keluarga Menyelesaikan Pekerjaan Mereka Masing-masing

Ummul Mukminin Aisyah berkata,

“Rasulullah saat di rumah dalam kesibukan membantu istrinya. Apabila tiba waktu shalat, beliaupun pergi shalat.” (HR. Bukhari)

5. Niat Menyelamatkan Diri Dari Fitnah

“Kepada Allah saja kami bertawakal. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau menjadikan kami sasaran fitnah dari kaum yang zalim.” (QS. Yunus : 85)

6. Niat Melaksanakan Perintah Rasulullah

Sahabat bertanya, “Apa saja yang membuat seseorang peroleh kebahagiaan dalam hidupnya?” Rasulullah bersabda, “Peliharalah lisanmu, lapangkanlah rumahmu (dengan amal kebaikan), dan menangislah terhadap dosa yang engkau lakukan.” (HR. Abu Daud)

7. Niat Mengingatkan Anggota Keluarga

“Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al-Hakim)

8. Niat Menghidupkan Cahaya Bagi Rumah Kita

“Terangilah rumah kalian dengan shalat dan membaca Al-Quran.” (HR. Baihaqi)

9. Niat Mengikuti Anjuran Kepala Daerah

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul, dan ulil amri di antara kalian.” (QS. An-Nisa: 59)

10. Niat Mengikuti Anjuran Kedokteran

Ketika Rasulullah menjenguk sahabat yang sakit, beliau bersabda, “Sesungguhnya engkau terkena penyakit jantung, maka temuilah AlHarist bin Kaladah dari Bani Saqif karena ia seorang dokter (tabib).” (HR. Abu Daud)

11. Niat Menunjukkan Empati Atas Musibah Kaum Muslimin

“Barang siapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslimin maka dia bukan bagian dari mereka.” (HR. Al-Hakim)

12. Niat Bersyukur (Saat orang lain tidak punya tempat tinggal, kita masih memiliki rumah)

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kalian ingkar.” (QS. Al-Baqarah : 152)

13. Niat Tadabbur Ayat Tentang Ashabul Kahfi

Para pemuda Ashabul Kahfi memutuskan untuk berdiam di dalam gua, saat menjumpai hal kurang baik di luar. Tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa,

“Wahai Tuhan Kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang luru dalam urusan kami.” (QS. Al-Kahfi: 10 )

14. Niat Tadabbur Ayat Tentang Semut Nabi Sulaiman

Saat semut Nabi Sulaiman masuk ke dalam sarang-sarang mereka hingga apabila mereka (pasukan Nabi Sulaiman) sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut,

“Hai semut-semut, masuklah ke sarang-sarangmu agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya sedangkan mereka tidak menyadari.” (QS. An-Naml : 18)

15. Niat Menjaga Keselamatan Orang Lain, agar tidak menambah risiko penularan pada orang lain.

Seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah, “Muslim yang bagaimana yang paling baik?” Beliau menjawab, “Yaitu jika saudara muslimnya yang lain terjamin selamat dari lisan (perkataan) dan tangannya (perbuatannya).” (HR. Muslim)

16. Niat Memanfaatkan Kesehatan dan Waktu Luang Selama Berada Di Rumah

“Ada dua nikmat yang banyak membuat manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan nikmat waktu luang.” (HR. Bukhari)

17. Niat Menghemat Pengeluaran

“Sesungguhnya hidup sederhana (badzadzah) itu bagian dari iman.” (HR. Abu Daud)

18. Niat Mengikuti Perbuatan Para Ulama Yang Ikut Berdiam Diri Di Rumah Ketika Wabah

“Tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.” (QS. Al-Anbiya: 7)

Demikianlah beberapa kebaikan yang dapat kita niatkan selama ikhtiar menghentikan penyebaran Covid-19 dengan melakukan karantina diri di dalam rumah.

Semoga Allah mengangkat segera wabah ini, memaafkan orang-orang yang telah mendahului kita, menyembuhkan yang sakit di antara kita, dan memberikan pahala terbaik kepada mereka semua yang telah berjuang demi keselamatan orang lain. Teriring puji syukur kepada Allah, serta shalawat dan salam kepada Rasulullah.

(Ditulis ulang dari ebook yang ditulis oleh Ustadz Arafat, Alumni Ribat Tarim, Yaman. Penulis buku best seller Hijrah Rezeki, Titik Balik, Kangen Ramadhan Lagi, Satu Langkah Setiap Hari, dan Lagi Kangen Ramadhan. Penulis produktif motivasi islami pada media sosial Telegram @arafat_channel)

Untuk mendaptakan versi ebook dari Niat-niat Kebaikan Selama Di Rumah Aja ini, silahkan sahabat klik tombol WA dibawah ini.

ebook-niat-niat-kebaikan-dirumah-aja
whatsapp-kontak

Jangan biarkan kebaikan ini berhenti di tangan sahabat, bila dirasa bermanfaat silahkan share juga tulisan / ebook ini, kepada sebanyak-banyaknya teman atau keluarga/famili terdekat sahabat-sahabat sekalian.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Strategi Melepaskan Diri Dari Jerat RibaGRATIS
+ +