Paket Wisata Religi Penerbitan Quran Dari Penerbit Syaamil Quran

wisata-quran-syaamil.jpgPAKET WISATA RELIGI PENERBITAN QURAN DARI PENERBIT SYAAMIL QURAN. Sahabat quran yang dimuliakan Allah SWT, beberapa waktu lalu penulis mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara Reseller Gathering yang diadakan oleh penerbit Syaamil Quran.

Acara tersebut berlokasi di Masjid Asy-Syaamil, yang berlokasi dikantor Grup penerbit Syaamil Quran, yang baru saja selesai dibangun pada area lokasi kantor Grup Syaamil Quran, Jl. Babakan Sari No.71, Babakan Sari, Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Selain sebagai ajang silaturahmi antara penerbit dengan jaringan reseller, dan rumah syaamil wilayah Jawa Barat, kesempatan itu juga digunakan untuk memperkenalkan program baru, atau lebih tepatnya mengemas ulang program Wisata Religi Penerbitan Quran yang diberi nama Program Wisata Quran Syaamil. Pengemasan ulang paket program Wisata Quran ini disebabkan telah rampungnya beberapa fasilitas tambahan, pada lokasi kantor Grup Syaamil Quran, yang akan melengkapi program wisata quran yang sudah ada.

Program ini sesungguhnya merupakan program yang sudah dilaunching sejak tahun 2013,  tepatnya program dari Syaamil Quran untuk menjadi Pusat Destinasi Wisata Quran di Kota Bandung. Wisata Quran dari Syaamil Quran ini, resmi dijadikan ikon untuk Pusat Destinasi Wisata Quran di Kota Bandung oleh Walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil, pada Sabtu, 5 Oktober 2013, di Pameran Buku Bandung 2013, Gedung Landmark, Jalan Braga 129 Bandung.

Dengan semakin berkembangnya penerbit dan Grup Syaamil Quran, serta visi perusahaan yang juga semakin besar, maka visi dan misi perusahaan juga mengalami perubahan. Visi program wisata religi,Wisata Quran ini, di tahun 2013, ingin menjadikan Syaamil Quran sebagai Pusat Destinasi Wisata Quran di Kota Bandung, diperluas menjadi skala nasional, yaitu dengan mengubah visinya menjadi Pusat Destinasi Wisata Quran di Indonesia.

Mengapa Wisata Quran ?

Syaamil Quran sebagai salah satu institusi yang memiliki komitmen dan peduli terhadap Al-Quran serta penyebarannya, memiliki ide dan harapan untuk menghadirkan nuansa agamis pada setiap insan muslim Indonesia. Termasuk juga memberikan wawasan tentang Al-Quran kepada masyarakat agar semakin termotivasi untuk senantiasa berinteraksi dengan Al-Quran.

Ditengah kesibukan masyarakat untuk mencari kebutuhan duniawi, melakukan wisata religi dalam bentuk kegiatan Wisata Quran ke Penerbit Syaamil Quran, diharapkan dapat memberikan suasana dan motivasi positif yang mencerahkan. Mengingatkan bahwa, betapa pentingnya kita selalu memelihara, keseimbangan ruhani dan jasmani dalam kehidupan kita sesuai dengan ajaran Islam.

“Barang siapa keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada pada jalan Allah sampai ia kembali” (HR. At-Turmudzi)

Penasaran dengan kegiatan-kegiatan yang ada pada program Wisata Quran Syaamil Quran ini ? Terus baca ya hingga akhir, karena penulis akan berikan laporan gambaran sebagian dari kegiatan program ini, yaitu pengenalan proses pembuatan Al Quran, yang penulis ikuti pada acara Reseller Gathering Syaamil Quran, beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan Wisata Quran

Setibanya di mesjid Asy-Syaamil, di lokasi kantor Penerbit Syaamil Quran, para peserta di sambut tim Syaamil yang ramah dan sangat bersahabat. Setelah sebagian besar peserta tiba, maka acara pun dimulai, dengan diawali pembukaan oleh pembawa acara dan beberapa orang perwakilan manajemen Syaamil Quran. Berikut ini adalah rangkaian kegiatan yang diikuti oleh peserta Wisata Quran.

Pertama, diawali dengan penjelasan sekilas sejarah berdirinya penerbit Syaamil Quran, yang memulai start awal dengan menerima orderan penerbitan Buletin Jumat dari beberapa mesjid di kota Bandung. Secara perlahan tapi pasti mulai bertumbuh, walaupun tidak semulus yang dibayangkan tapi akhirnya bisa menjelma menjadi perusahaan penerbitan Al Quran terkemuka di tanah air saat ini.

Banyak hikmah pembelajaran yang pasti bisa diambil dari kisah perjuangan tersebut, sayangnya karena memang waktu yang terbatas, maka hanya kisah singkat saja yang bisa kita dengar. Beruntung sekali, info dari Pak Dikdik, pembawa acara pada saat itu, bahwa kisah detil perjuangan, jatuh bangunnya Syaamil Quran dari awal hingga menjadi seperti saat ini, telah dibukukan dan diterbitkan oleh penerbit KMO, Cirebon, dengan judul Kepemimpinan Jalan Langit. Buku itu pun bisa langsung kita beli di lokasi, pada counter buku yang tersedia di luar mesjid.

Selanjutnya, peserta akan dibawa untuk mengagumi etika/adab penerbitan Al Quran yang diterapkan oleh Penerbit Syaamil Quran, yang sangat menjunjung nilai-nilai keagungan dari sebuah mushaf yang berisikan wahyu-wahyu Allah SWT. Agar peserta memiliki gambaran awal tentang proses pembuatan Al Quran, pembawa acara menjelaskan pula tahapan-tahapan dalam proses pembuatan Al Quran secara garis besar. Mulai dari pemilihan bahan kertas yang halal, lem yang digunakan, penyusunan naskah, desain grafis, layout, cover serta proses produksinya.

Tak lupa disampaikan juga berbagai keunggulan pada proses pabrikasi pembuatan Al Quran oleh Penerbit Syaamil Quran. Tidak hanya mengacu pada kualitas hasil produksi, akan tetapi juga penekanan pada kehalalan dari seluruh kandungan bahan baku yang digunakan. Etika dan adab dalam proses produksi di lokasi pabrik, juga tidak luput dari tuntunan-tuntunan yang tidak melanggar ketentuan Islam dalam proses produksi mushaf Al Quran.

Tidak mengherankan jika produk Al Quran yang dihasilkan, memiliki kualitas cetakan yang sangat baik, halal kandungan bahannya, menyenangkan untuk dibaca, dan Insya Allah memudahkan masyarakat untuk membaca dan mempelajari Al Quran. Tagline yang digusung penerbit Syaamil Quran, yaitu “Bersama Syaamil Quran, belajar dan memahami Al Quran jadi mudah dan menyenangkan”, benar-benar diwujudkan dalam seluruh produk Al Quran yang diterbitkannya.

Kedua, setelah penjelasan-penjelasan singkat sebagai pengantar acara wisata quran selesai disampaikan, seluruh peserta mulai diajak berkeliling untuk melihat langsung keseluruhan proses pencetakan Al Quran. Dimulai dari ruangan khusus untuk desain grafis, yang diisi oleh orang-orang kreatif.

wisata-quran-ruang-tim-kreatif

Ruang Kreatif Syaamil Quran

Mereka ini mengemban tugas untuk melakukan tahapan-tahapan desain, gambar, layout hingga pengecekan tulisan/khat Al Quran. Diruangan ini kita bebas untuk bertanya kepada siapa saja karyawan yang ada disana. Bahkan, peserta juga diperbolehkan untuk mencoba menggambar animasi di komputer, menggunakan alat khusus yang disebut pen tablet.

wisata-quran-ruang-kreatif

Kreator animasi sedang membuat gambar dengan pen tablet

Sebelum proses pencetakan di pabrik, seluruh naskah baik Quran maupun buku-buku keislaman yang sudah siap, akan dilakukan proses kontrol kualitas (QC) terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan pada penulisan ayat-ayat Al Quran, ataupun kata dan huruf pada lembar demi lembar naskah, yang nantinya akan diserahkan ke bagian pabrik untuk dicetak menjadi mushaf Al Quran atau buku-buku islam.

wisata-quran-desain-grafis

Tim kreatif sedang memperbaiki isi naskah

Ketiga,  setelah puas melihat-lihat ruang desain grafis, seluruh peserta mulai diajak menuju area pabrik yang terletak di area bagian belakang kantor penerbit Syaamil Quran. Area pabrik tersebut secara keseluruhan dibagi menjadi 4 bagian/tahapan.

Tahapan pertama adalah bagian pencetakan dan pemotongan lembaran-lembaran halaman Al Quran. Proses ini telah dilakukan dengan menggunakan mesin-mesin cetak otomatis. Kemudian lembaran-lembaran cetakan tersebut menjalani proses pemeriksaan hasil cetakan, yang dilakukan secara manual oleh karyawan yang sudah memiliki keahlian dan kecermatan tingkat tinggi, dalam mengecek satu-persatu hasil cetakan.

Setelah lolos dari pengecekan hasil cetakan, maka proses berlanjut pada area pemotongan lembaran-lembaran besar untuk di potong-potong menjadi lembaran perhalaman. Selanjutnya bergerak ke area khusus pelipatan dan penjahitan bagian-bagian halamannya, untuk disatukan menjadi sebuah mushaf.

Alur produksi dilanjutkan pada proses pemasangan pembatas halaman dan penempelan soft cover serta hardcover dengan menggunakan lem yang dilakukan secara manual.

wisata-quran-pencetakan-lembaran-mushaf

Proses pencetakan lembaran-lembaran naskah mushaf Al Quran

wisata-quran-area-pemotongan-lembaran-yg-sudah-disatukan

Proses pemotongan lembaran cetakan yang sudah disatukan

wisata-quran-area-pelipatan-lembaran-mushaf

Area pelipatan lembaran mushaf

wisata-quran-penyatuan-lembaran-mushaf-menjadi-satu

Penyatuan lembaran mushaf

Tahapan akhir adalah pengecekan kualitas (QC) akhir sebelum masuk dalam tahap pengemasan (packaging) dengan memasukkan kedalam plastik untuk kemudian di-press menggunakan mesin press khusus dan terakhir siap untuk didistribusikan.

wisata-quran-penempelan-cover

Proses penempelan cover mushaf

wisata-quran-area-qc-akhir.

Area QC Akhir Sebelum Pengemasan (packaging)

wisata-quran-siap-untuk-dikemas

Mushaf siap untuk dikemas (packaging)

wisata-quran-siap-kirim

Siap untuk didistribusikan

Usai berkeliling pabrik, barulah para peserta termasuk penulis sendiri menyadari, betapa panjang proses pencetakan Al Quran itu ternyata. Dibutuhkan sistem yang sempurna, baik secara mesin produksi maupun manusia yang terlibat berproses di dalamnya. Bisa kita bayangkan jika terjadi kesalahan pada proses pencetakan, maka betapa besar akibat yang bisa ditimbulkan. Benar-benar dibutuhkan ketelitian, kecermatan dan tanggung jawab yang tinggi dalam proses pembuatan, hingga akhirnya mushaf tersebut bisa sampai ditangan kita.

Pada sesi akhir wisata quran, seluruh peserta juga ditunjukkan berbagai program internal perusahaan yang ditujukan untuk membangun budaya kerja qurani dan islami bagi para karyawan Syaamil Quran.  Mulai dari pembelajaran tahsin quran (belajar membaca dan perbaikan bacaan quran), tahfidz quran (menghafal al quran), kajian-kajian intensif keislaman, termasuk program kajian terbaru yaitu tentang membumikan quran, menghidupkan shirah (perjalanan kehidupan Rasululah Muhammad SAW).

Benar-benar sebuah perjalanan wisata yang mencerahkan jiwa sekaligus penuh dengan hikmah pembelajaran, yang sangat bermanfaat bagi seluruh peserta wisata quran yang hadir pada saat itu. Betapa inginnya kami semua yang hadir pada hari itu, sesegera mungkin untuk membagi pengalaman luar biasa ini kepada sahabat, kerabat, keluarga, orang-orang terdekat, dan juga seluruh masyarakat, umat Islam yang mencintai Al Quran.

Alhamdulillah, melalui artikel ini, penulis berharap akan semakin banyak masyarakat yang dapat mengetahui informasi tentang proses penerbitan Al Quran, khususnya oleh penerbit Syaamil Quran Bandung ini. Semoga bisa menjadi ladang pahala bagi semua yang terlibat di dalamnya, penerbit Syaamil Quran, manajemen dan seluruh karyawan, peserta wisata quran, penulis, pembaca artikel ini dan seluruh umat Islam yang sama-sama mencintai Al Quran, dan berdoa agar Al Quran semakin melekat dalam jiwa setiap umat Nabi Muhammad SAW, sampai akhir jaman kelak. Aamiin.

Program Wisata Quran 2018

Bagi sahabat dan pembaca pondokislami.com, yang tertarik untuk turut menikmati sajian wisata religiWisata Quran Syaamil Quran, saat ini Syaamil Quran telah menyiapkan beberapa paket wisata quran yang bisa diikuti, sebagai berikut :

wisata_quran_syaamil_quran

Jumlah Peserta : Minimal sejumlah 25 orang dan maksimal 100 orang.

Waktu Pelaksanaan : Setiap hari Selasa dan Kamis

Tempat Pelaksanaan : Jl. Babakan Sari No. 71, Kiaracondong – Bandung 40283

Pendaftaran dan Informasi : Bagi sahabat yang berminat mengikuti kegiatan wisata religi, wisata quran penerbit Syaamil Quran di atas, dapat menghubungi nomor di bawah ini, untuk menyesuaikan jadwal dengan peserta yang lain, agar tidak bentrok.

Nomor Kontak (WA/HP/SMS) : 087821830344

 

Demikianlah informasi tentang program kegiatan Wisata Religi, Wisata Quran dari Penerbit Syaamil Quran. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kebaikan dan keberkahan bagi kita semua. Aamiin.

Wallahu’alam Bishaawab.

author
Author: 

    Leave a reply "Paket Wisata Religi Penerbitan Quran Dari Penerbit Syaamil Quran"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.