Pengertian Dan Tujuan Belajar Yang Wajib Diketahui

Muslim Parenting
pengertian-belajar

PENGERTIAN DAN TUJUAN BELAJAR YANG WAJIB DIKETAHUI. Sahabat quran yang dimuliakan Allah SWT, pernahkah sahabat bertanya pada diri sendiri, mengenai makna ataupun pengertian dan tujuan kita belajar selama ini ?

Sejak kecil kita senantiasa diajarkan dan disuruh untuk belajar supaya pintar, bener gak ? Sehingga nantinya bisa lulus kuliah dari perguruan tinggi bonafide, dengan nilai yang baik, bahkan sempurna. Akhirnya, bisa mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan menghasilkan banyak uang.

Sepertinya tidak ada pilihan lain selain dengan jalan seperti itu. Akan tetapi, seiring dengan waktu, dengan semakin bertambah usia dan pengalaman, kita melihat bahwa banyak juga orang-orang yang sukses di luaran sana, tanpa melewati jenjang bangku pendidikan formal. Kalaupun sekolah formal, ya ala kadarnya, tidak hingga mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Apakah mereka-mereka itu tidak belajar ? Koq bisa sukses seperti itu ? Bahkan mungkin mampu melampaui kebanyakan dari kita, yang setia mengikuti jalur belajar seperti pada umumnya kebanyakan orang.

PENGERTIAN BELAJAR

Belakangan hari ini, timeline facebook dipenuhi dengan keluhan ibu-ibu yang mendadak jadi guru. Ya, musibah pandemi Corona, yang sudah melanda tanah air selama lebih kurang 1 bulan, membuat anak-anak diharuskan belajar secara online di rumah.

Beberapa anak mengeluh karena ternyata mamanya lebih galak daripada bu guru, dan beberapa orang tua juga mengeluh karena anaknya susah diatur.

Belajar yang paling efektif adalah jika ada niat, dan dorongan dari dalam diri anak untuk melakukannya. Dorongan untuk belajar ini yang tidak serta merta hadir. Orang tua dan para pendidik harus membantu anak-anak untuk mengeluarkan potensi keinginan belajar dari dalam dirinya sendiri.

Jika kita cek dan pelajari dari berbagai referensi, yang namanya belajar itu memiliki definisi yang sudah cukup jelas.

Pengertian belajar atau definisi belajar adalah, proses alami manusia untuk memahami sesuatu. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen, dalam perilaku atau potensi perilaku, sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.

Jadi belajar itu, merupakan sebuah akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.

TUJUAN BELAJAR

Kalau kita perhatikan, anak-anak sekolah zaman sekarang, sangat senang dan girang kalau mendengar kata libur. Contohnya seperti saat ini, pada situasi pandemi Corona yang menyebabkan pemerintah melalui kementerian pendidikan, menginstruksikan untuk proses belajar di rumah secara online.

Jadi libur yang terjadi saat ini, sebenarnya bukan liburan. Tetapi memindahkan kegiatan belajar di sekolah, menjadi di rumah, melalui sistem online.

Sayangnya kegiatan ini dimanfaatkan dengan cara yang tidak pada tempatnya oleh segelintir generasi muda jaman NOW. Mereka tidak paham dengan situasi yang sedang terjadi. Hingga diberitakan pada beberapa media, baik online maupun televisi tentang anak-anak muda yang malahan asyik nongkrong dengan motornya di beberapa tempat.

Padahal sistem pelajaran yang diganti menjadi online, memiliki tujuan agar penyebaran virus Corona tidak meluas dan anak-anak didik serta mahasiswa terhindar dari penularan.

Jelas mereka tidak memahami apa arti dan tujuan proses pembelajaran yang sesungguhnya. Jadi, tujuan belajar itu sebenarnya apa sih ?

Berikut ini beberapa pokok penting dari tujuan kita belajar :

  1. Belajar bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri antara lain tingkah laku. Mengubah kebiasaan, dari buruk menjadi baik.
  2. Belajar menjadikan seseorang menjadi orang yang tadinya tidak mengerti menjadi mengerti dengan setiap pelajaran yang di dapat baik itu di sekolah, instansi pendidikan formal lainnya serta non formal.
  3. Belajar bertujuan mengubah sikap, dari negatif menjadi positif.
  4. Belajar bertujuan menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu.

Dengan adanya kegiatan belajar, maka norma yang dimiliki oleh seseorang, setelah ia melakukan kegiatan belajar akan berubah menjadi lebih baik.

METODE BELAJAR

Cara untuk menyampaikan pelajaran kepada anak tentu beragam, tergantung pada metode belajar yang kita berikan kepada anak.

Ada beberapa metode belajar yang dapat diterapkan pada anak, dengan melihat sifat/kemampuan masing-masing anak dalam menyerapnya, yaitu :

  • Metode Auditori, yaitu sangat tepat diberikan kepada anak-anak yang lebih mudah belajar dengan mendengar dongeng, belajar sambil mendengar musik, atau audio
  • Metode Visual, yaitu metode pembelajaran untuk anak-anak yang cenderung memiliki sifat lebih mudah belajar dengan melihat gambar, membaca buku, atau menonton video panduan
  • Metode Kinestetik, metode belajar bagi anak-anak yang lebih mudah belajar jika melakukan praktek atau percobaan, atau lewat gerak dan lagu

Selama proses belajar di rumah ini, orang tua dituntut untuk mengetahui metode belajar mana yang paling bisa diterapkan untuk anak-anaknya. Orang tua bertugas membangun suasana belajar yang menyenangkan dan memenuhi kriteria bagi anak-anak.

mendampingi-anak-di-rumah-dengan-menyenangkan

Terus gimana caranya ? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua, agar anaknya bisa senang dan tidak mudah bosan saat belajar.

  1. Perbanyak bahan bacaan. Ensiklopedi merupakan bacaan yang direkomendasikan untuk anak-anak, terutama ensiklopedia tentang nabi dan rasul seperti, Ensiklopedi Nabi Muhammad, Ensiklopedia Sahabat Nabi, tokoh-tokoh hebat di dunia dan lain sebagainya.
  2. Ajari dan dorong anak untuk selalu mengeluarkan pendapat. Anak yang didorong untuk berani mengeluarkan pendapat, akan selalu punya motivasi untuk belajar lebih banyak.
  3. Beri fasilitas belajar yang sesuai dengan hobi dan minat mereka. Dukung semua minatnya, jika itu adalah sebuah kegiatan yang bernilai positif.
  4. Ajaklah anak untuk melakukan hal baru, dan tunjukan antusiasme kita sebagai orang tua untuk mendampinginya belajar. Misalnya, kita bisa mengajak mereka berkebun, memasak bersama, jika sebelumnya tidak pernah melakukannya.

Banyak hal yang bisa kita lakukan lagi sebenarnya untuk mendampingi mereka belajar. Sahabat, ayah dan bunda bisa merancang sendiri kreatifitas-kreatifitas lainnya.

Dengan demikian, kita pun sebagai orang tua, perlu untuk sama-sama belajar kembali. Belajar untuk menjadi guru yang baik bagi anak-anak. Sejatinya orangtua adalah madrasah utama bagi anak-anak.

Sejatinya orang tua adalah madrasah utama bagi anak-anak

Oleh karenanya, kita sebagai guru yang baik untuk anak-anak, harus terus mengupgrade ilmu pengetahuan, salah satunya adalah dengan memperbanyak asupan bacaan.

Jangan lewatkan asupan bacaan bergizi berikut : Titik Balik Karya Ust. Arafat

Untuk menemukan bacaan yang berbobot dan berkualitas, saat ini tidaklah sulit. Kini kita diberi kemudahan untuk dapat menemukan buku-buku berkualitas via online, tidak perlu jauh-jauh menyambangi toko buku.

Apalagi saat ini tidak dianjurkan untuk mendatangi pusat keramaian, yang mana kebanyakan toko buku berada di pusat perbelanjaan.

Cukup angkat gawaimu, dan pilih buku yang ingin sahabat pesan, seperti buku-buku terbitan KMO Indonesia. Bisa sahabat dapatkan cukup dengan menghungi nomor kontak WA Admin kami di bawah (silahkan scrool ke bawah ya…. 😇).

Salah satunya adalah, buku yang sedang menjadi buah bibir, dan sangat kami rekomendasikan bagi sahabat, ayah dan bunda, sebagai bacaan untuk membuka wawasan dan pola pikir tentang konsep belajar. Buku karya Kang Tendi Murti, yang paling baru, dengan judul “Stop Belajar Kalau Ingin Pintar“.

**pssssttt…jawaban lengkap kenapa diluaran sana banyak orang yang gak sekolah tinggin tapi bisa jadi orang sukses mlintir, insya allah ada di buku tersebut.

Jadi sahabat-sahabat dan para ayah bunda yang sedang menanti datangnya kesuksesan pada anak-anaknya, atau ingin memiliki wawasan baru tentang arti dan konsep belajar itu sendiri, tidak ada salahnya mendulang ilmu terlebih dahulu dari buku “Stop Belajar Kalau Ingin Pintar”.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Dan Tujuan Belajar Yang Wajib Diketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sahabat semua pengunjung blog Pondok Islami.

Untuk pemesanan buku-buku bermutu dari KMO Indonesia, silahkan sahabat menghubungi Admin kami melalui tombol chat dibawah ini.

whatsapp-kontak

Salam.

Bagi sahabat yang ingin mendapatkan ebook-ebook GRATIS dari pondokislami.com, silahkan bergabung di channel telegram kami dengan meng-klik tautan berikut :

👉 Download Ebook GRATIS

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan Puluhan Template Powerpoint Elegan & Ekslusif GRATIS
+ +