11 Amalan Ringan Berpahala Besar Dan Bisa Segera Diamalkan !

11 AMALAN RINGAN BERPAHALA BESAR. Siapa yang mau mendapatkan pahala ? Jawabannya tentu saja semua orang mukmin pasti selalu berharap mendapatkan pahala, apalagi jika pahala yang didapatkan adalah pahala besar.

amalan-ringan-berpahala-besar

Walaupun kita paham bahwa setiap hamba Allah akan masuk surga bukan karena pahala dari ibadah yang dilakukannya, akan tetapi semata karena rahmat dan kasih sayang Allah SWT, sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Baqarah,

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِينَ هَاجَرُوا۟ وَجَٰهَدُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ أُو۟لَٰٓئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ ٱللَّهِ ۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah : 218)

Sebagaimana pula Rasulullah SAW jelaskan dalam hadistnya yang artinya,

Jabir berkata, aku mendengar Nabi SAW bersabda, “Tidak seorang pun dari kalian yang dimasukkan surga oleh amalnya dan tidak juga diselamatkan dari neraka karenanya, tidak juga aku kecuali karena rahmat dari Allah.” (HR Muslim).

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan rahmat (kasih sayang) Allah SWT, maka setiap kita hamba-Nya haruslah taat dan menjalankan setiap perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Mengejar pahala dengan menjalankan ibadah kepada-Nya, pada hakekatnya adalah mengejar perhatian dan kasih sayang / rahmat dari Allah SWT.

Untuk itu yuk kita kejar pahala sebanyak-banyaknya dengan menjalankan ibadah kepada-Nya semaksimal dan sebaik mungkin. Salah satunya adalah 11 amal ibadah berikut ini, yang bisa dilakukan sehari-hari dan ringan serta mudah untuk dilakukan akan tetapi ganjaran pahalanya besar di sisi Allah SWT.

AMALAN RINGAN BERPAHALA BESAR

Islam adalah agama yang sesungguhnya memberikan banyak kemudahan. Allah SWT telah banyak memberikan kemudahan bagi kita hamba-Nya agar bisa beribadah sebanyak-banyaknya.

Amalan-amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan, hingga amalan yang berat pun semuanya mendapatkan pahala. Di dalam Al Quran dan hadist Rasulullah SAW, kita bisa mempelajari tentang ganjaran pahala yang Allah berikan jika kita melakukan amalan tertentu.

Dari berbagai penjelasan Allah dan hadist Rasulullah kita bisa melihat beberapa amalan yang ringan dan mudah dilakukan akan tetapi memiliki ganjaran pahala yang besar. Harapannya dengan mengetahui amalan-amalan ini, kita semakin termotivasi untuk beramal sholeh sebanyak-banyaknya.

Dan yang paling penting dari semua itu adalah, apapun amalan yang kita lakukan, maka niatkanlah semata hanya karena mengharapkan ridho Allah SWT, mengharapkan kasih sayang Allah dan berharap rahmat-Nya akan menaungi kita kelak di hari perhitungan.

Nah, berikut ini adalah 11 amalan ringan berpahala besar, mudah dilakukan setiap hari dan memiliki ganjaran pahala yang besar di sisi Allah SWT.

1. Mendengarkan Adzan dan Berdoa Sesudah Adzan

Amalan pertama yang mudah dan ringan untuk diamalkan serta berpahala besar adalah mendengarkan adzan dan doa sesudah adzan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

“Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa, ‘Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna (panggilah Tauhid) dan sholat yang didirikan, berilah kepada Muhammad kemuliaan dan keutamaan dan berilah untuknya tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan kepadanya. ‘Akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari).

Bagi sahabat yang ingin memiliki koleksi suara adzan dari berbagai negara dan qori silahkan mengunjungi artikel kami tentang Download Suara Adzan Merdu Berbagai Negara.

2. Mengamini Imam Saat Sholat Berjamaah

Saat menjadi makmum shalat berjamaah maka mengamini imam merupakan amalan ringan dan mudah diamalkan serta memiliki ganjaran pahala besar. Hal ini sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang disampaikan Abu Hurairah r.a, yang artinya,

“Apabila imam beramin maka beraminlah pula karena barangsiapa yang aminnya sesuai dengan aminnya para malaikat maka telah dihapuskan dosanya yang telah lalu. Ibnu Syihab berkata, ‘Rasulullah saw mengucapkan Aamiin.” “Apabila imam membaca, Ghairilmagdhuubi’alayhim waladdhallin’ (Bukan (jalan) mereka yang dimurkai (Yahudi) dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Nasrani)). Maka ucapkanlah, ‘Aamiin’ karena apabila ucapan aamiinnya sesuai dengan ucapan aamiin para malaikat maka telah diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Mengucapkan “Rabbana Lakal Hamdu’ Saat Sholat berjamaah

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Saw bersabda yang artinya,

“Apabila imam membaca ‘Sami’allahuliman hamidah’ (Allah mendengar orang yang memujinya) maka ucapkanlah, ‘Rabbana lakal hamdu’ (Ya Allah, ya Tuhan kami, hanya untukmu segala pujian) karena barangsiapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan para malaikat maka telah dihapuskan dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Membaca Basmallah Sebelum Beraktivitas

Mengucapkan basmallah dalam setiap memulai aktivitas merupakan suatu amal yang sangat dianjurkan, sebagaimana sabda Rasulullah Saw yang artinya,

“Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

5. Tidur Dalam Keadaan Berwudhu/Suci

Tidur dalam keadaan berwudhu / suci merupakan salah satu amalan mudah dan ringan dilakukan serta memiliki pahala besar. Tidur dalam Islam adalah salah satu kenikmatan besar yang Allah berikan kepada hamba-Nya, sebagaimana Allah sampaikan dalam firman-Nya,

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦ مَنَامُكُم بِٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ وَٱبْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Rum: 23)

Dalam ayat lain Allah berkata,

وَمِن رَّحْمَتِهِۦ جَعَلَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا۟ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِهِۦ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. Al-Qashash: 73)

Tidur merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Waktu malam Allah ciptakan sebagai anugerah untuk hamba-Nya sebagai waktu beristirahat, setelah di waktu siangnya digunakan berlelah-lelah menjalankan berbagai aktivitas, sebagaimana Allah jelaskan dalam surat Al-Lail.

Oleh karenanya sebagai bentuk syukur atas semua anugerah tersebut, sangat dianjurkan untuk bersuci / berwudhu sebelum tidur, sebagaimana Rasulullah sampaikan dalam hadistnya, yang artinya,

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn. Hibban 3/329)

6. Mengucapkan Dzikir (Tasbih)

Ada dua kalimat yang ringan dan mudah diamalkan oleh lisan tapi berat timbangan pahalanya, yaitu mengucapkan “Subhanallah wa bi hamdih” dan “Subhanallahil ‘azhim”.

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

“Ada dua kalimat, yang ringan di lisan tetapi berat dalam timbangan dan dicintai oleh ar-Rahman, ‘ Subhanallah wa bi hamdih (Mahasuci Allah dan Segala puji hanya bagiNya)’, dan ‘Subhanallahil ‘azhim (Mahasuci Allah yang Mahaagung).” (HR. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

7. Berwudhu Dengan Sempurna dan Membaca Doa

Amalan selanjutnya yang biasa dilakukan sehari-hari (ringan dan mudah) tapi berpahala besar yaitu berwudhu dengan sempurna dan membaca doa setelah berwudhu. Dari Umar bin Khattab, Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

“Barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna, kemudian selesai wudhu dia membaca: Asyhadu allâ ilâha illallâh wa anna muhammadan abduhu wa rasûluh (Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan bahwasanya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya), maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang jumlahnya delapan, dan dia boleh masuk dari pintu mana saja yang dia sukai.” (H.R. Muslim)

8. Bershalawat Atas Nabi

Membaca shalat atas Nabi, merupakan amalan yang bisa dilakukan dengan mudah dan ringan serta memiliki pahala yang besar. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadist Nabi yang artinya,

“Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Barangsiapa yang bershalawat atasku satu shalawat maka niscaya Allah bershalawat atasnya sepuluh shalawat, dihapuskan darinya sepuluh dosa dan diangkatkan untuknya 10 tingkatan.” (H.R. an-Nasâi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Shahih al-Jami’, no. 6359)

9. Shalat Sunnah Dua Rakaat Sebelum Shubuh

Jangan lewatkan amalan shalat sunnah dua raka’at sebelum shalat shubuh. Karena amalan shalat sunnah ini, ringan dan mudah dilakukan akan tetapi ganjaran pahalanya melebihi dunia dan seisinya.

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW dari ‘Aisyah r.a. yang artinya,

Nabi bersabda, “Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” (H.R. Muslim)

10. Menyolati Jenazah

Ikut menyolati jenazah saat disholatkan di mesjid dekat kediaman kita menjadi amalan yang sering kita temui dalam keseharian. Mudah dilakukan dan ringan dilakukan karena dilaksanakan umumnya setelah sholat wajib berjamaah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi berdasarkan hadist Nabi, amalan ini memiliki pahala yang besar.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu Nabi bersabda yang artinya,

“Barangsiapa yang mengikuti jenazah sampai dishalatkan atasnya maka baginya satu qirath (pahala) dan barangsiapa yang menyaksikan sampai dikubur maka baginya dua qirath (pahala)”,beliau ditanya: “Apa itu dua qirath?” beliau menjawab: “Seperti dua gunung yang besar.” (HR. Bukhari)

11. Mengucapkan Salam dan Berjabat Tangan

Ketika kita bertemu dengan seorang mukmin dan mengucapkan salam serta menjabat tangannya, maka amalan ini akan diganjar pahala yang besar, sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang artinya,

“Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya jika seorang mukmin bertemu dengan seorang mukmin lalu dia memberikan salam dan mengambil tangannya dan bersalaman dengannya, maka kesalahan-kesahannya gugur sebagaimana gugurnya dedaunan pohon.” (HR. Ath Thabrani dan dishahihkan oleh Al Albani di dalm kitab Silsilat Al Hadits Ash Shahihah, no. 526)

Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah.(HR Abu Dawud (no. 5212), at-Tirmidzi (no. 2727), Ibnu Majah (no. 3703) dan Ahmad (4/289), dinyatakan shahih oleh syaikh al-Albani dengan berbagai jalur dan pendukungnya dalam kitab Silasilatul Ahaaditsish Shahiihah (no. 525))

Demikianlah 11 amalan ringan berpahala besar yang bisa kita lakukan sehari-hari. Semoga dengan penjelasan di atas, kita semakin bersemangat dan termotivasi untuk mendapatkan kasih sayang Allah, rahmat Allah SWT dengan beramal sebanyak-banyaknya, salah satunya dengan melalui pelaksanaan amalan-amalan ringan tersebut di atas.

Jika ada kesalahan ataupun kekurangan dari tulisan di atas semata karena kesalahan/kelemahan dari penulis, dan kebenaran semata-mata hanya dari Allah SWT.

Semoga bermanfaat.

Wallahu’alam bishawab.

Sumber :

https://rumaysho.com/1394-ringan-di-lisan-berat-di-timbangan.html
https://rumaysho.com/14008-amalan-sedikit-dibalas-besar.html
https://muslim.or.id/1662-keutamaan-berjabat-tangan-ketika-bertemu.html
https://dppai.uii.ac.id/amalan-ringan-namun-berpahala-besar/
http://www.dakwahsunnah.com/artikel/targhibwatarhib/88-amalan-mudah-berpahala-besar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara sukses menjadi Konten Kreator dengan aplikasi Gratisan
This is default text for notification bar