5 Cara Mudah Menghafal AlQuran dan Tips Praktisnya

5 CARA MUDAH MENGHAFAL ALQURAN DAN TIPS PRAKTISNYA. Sahabat Quran yang dimuliakan Allah, masih adakah diantara sahabat yang belum mulai menghafal Al Quran ? Jika benar, segeralah mulai menghafalkan Al Quran, jangan ditunda lagi sahabat, karena keutamaan menghafal Al Quran begitu luarbiasa.

Mumpung kita masih diberi waktu, masih diberi usia untuk bisa menghafalkan Al Quran. Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu kebaikan, dan tidak ada kata tidak mungkin, untuk bisa menghafalkan Al Quran.

Sebagaimana Allah sampaikan dalam Al Quran Surat Al-Qomar ayat 17, Allah SWT berfirman :

وَلَقَدۡ يَسَّرۡنَا الۡقُرۡاٰنَ لِلذِّكۡرِ فَهَلۡ مِنۡ مُّدَّكِرٍ

“Dan sungguh, telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qomar : 17)

Begitu pula keutamaan-keutamaan yang sangat luar biasa ketika kita menghafalkan Al Quran. Apa saja keutamaan tersebut ? Nah, berikut ini adalah beberapa keutamaan bagi para penghafal Alquran sebagaimana disampaikan oleh baginda Nabi Muhammad SAW :

Dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu bercerita, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Rajinlah membaca Al Qur’an, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari al-Quran dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)

“Penghafal Al-Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian akan berkata, ‘Ya Tuhanku, berikan lah perhiasan (kepada orang yang membaca al-Quran’), kemudian orang itu dipakaikan mahkota karomah (kemuliaan). Sesudah itu Al-Quran memohon kembali, ‘Ya Tuhanku ridhailah dia’, kemudian Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, baca lah (Al-Quran) dan terus lah naik lah (ke surga). Lantas, derajatnya (di surga) pun terus bertambah. pada setiap ayat (yang dibacanya) terdapat satu kebaikan.” (HR Tirmidzi)

Apalagi saat ini, dengan perkembangan teknologi, kegiatan atau ibadah menghafal Al Quran ini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan menyenangkan. Lalu bagaimana sih caranya, menghafal Quran dengan mudah, seru dan mengasyikkan ?

Seperti kita ketahui, setiap orang pasti punya cara sendiri untuk bisa menghafal Qur’an. Tergantung dengan kecenderungan dan karakter masing-masing tentunya.

Pada artikel kali ini, akan disampaikan cara dan tips praktis dari team Al-Akram, yaitu produsen dari Speaker Quran Al Akram, agar bisa mudah menghafal Al-Quran dan juga menyenangkan.

5 CARA MUDAH MENGHAFAL ALQURAN

Berikut di bawah ini adalah cara mudah dan menyenangkan dari tim Al Akram, yang bisa kita lakukan saat menghafalkan Alquran.

cara-mudah-menghafal-alquran

1. Rileks

Cara pertama saat akan menghafal Al Quran adalah tubuh harus dalam keadaan rileks. Tarik nafas dan buang nafas secara perlahan beberapa kali hingga tubuh mulai menjadi santai dan rileks. Insya allah dalam keadaan tubuh rileks, maka kita akan lebih mudah menghafal.

2. Fokus

Agar hafalan kita cepat melekat maka saat menghafal harus dalam keadaan fokus. Jangan sampai fokus kita hilang atau teralihkan dengan hal-hal lain. Fokuslah pada ayat yang akan dihafalkan.

3. Hindari Gangguan

Saat menghafal Al Quran maka wajib untuk menciptakan suasana yang kondusif. Hal ini diperlukan agar bisa fokus, dan lebih mudah / cepat menyerap hafalan.

Salah satunya adalah menghindarkan diri dari berbagai gangguan yang bisa menghambat dan mengganggu aktifitas menghafal. Jauhkan berbagai potensi gangguan seperti Handphone, TV, siaran radio, dll yang bisa mengganggu kegiatan menghafal kita.

4. Repetisi

Saat awal menghafal, lakukan pengulangan/repetisi bacaan ayat yang akan dihafalkan sebanyak 40 kali. Lakukan pengulangan ini secara konsisten, maka insya allah ayat yang dibacakan berulang-ulang tadi akan melekat dengan sendirinya dalam memori kita.

Mulailah dengan surat-surat pendek yang biasa kita baca saat shalat, yaitu surat-surat yang ada pada juz 30, dan sahabat bisa download murottal juz 30 pada artikel kami sebelumnya. Kemudian berlanjut kepada surat-surat lain yang lebih panjang ayatnya.

Selain itu, untuk lebih membantu penguatan hafalan, sangat direkomendasikan untuk memanfaatkan Speaker Quran Al Akram. Melalui gadget ini, maka proses menghafal ayat-ayat quran menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

alat-bantu-menghafal-alquran

Melalui Speaker Quran Al Akram, ayat yang sedang dihafalkan bisa diperdengarkan terus menerus hingga 16 jam, tanpa khawatir gangguan yang muncul seperti saat mendengarkan lantunan ayat quran di Handphone (mulai dari notifikasi pesan, telepon masuk ataupun sinyal yang kadang terputus).

Speaker Quran Al Akram juga telah dilengkapi dengan fasilitas pengulangan per ayat, per surah, per juz hingga perhalaman, yang akan sangat membantu penguatan hafalan. Semakin sering didengarkan, maka ayat-ayat yang dihafalkan akan semakin kuat melekat dalam memori kita.

5. Murojaah

Sering-sering melakukan murojaah atau pengulangan hafalan yang telah dihafalkan agar bisa melekat dengan kuat. Salah satunya adalah dengan murojaah surat yang sudah dihafalkan saat ibadah shalat, baik saat shalat fardhu maupun shalat sunnah.

TIPS SAAT KESULITAN MENGHAFAL ALQURAN

Sahabat pembaca, adakalanya saat sedang menghafal Al Quran kita mengalami yang namanya kejenuhan, ataupun kesulitan menghafal. Berkali-kali dibaca ataupun dicoba untuk menghafal akan tetapi terasa sulit untuk melekat dalam memori kita.

tips-menghafal-alquran

Nah, jika kondisi ini sedang sahabat alami, maka beberapa tips berikut ini bisa sahabat coba lakukan :

  1. Menata kembali niat kita, bahwa menghafalkan Alquran tujuannya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, bukan mengejar banyaknya ayat yang bisa dihafalkan. Semakin sering mengulang-ulang, maka semakin besar pahala dari setiap ayat yang kita baca/ulang-ulang tersebut.
  2. Yakin kepada Allah jika kita bisa menghafal Alquran, sesuai firman Allah dalam surat Al Qomar, ayat 17 di atas.
  3. Semakin mendekat kepada Allah dengan meningkatkan ibadah harian kita seperti shalat tepat waktu, menjalankan shalat-shalat sunnah muakkad, puasa sunnah, sedekah rutin setiap hari walaupun hanya sedikit, tapi istiqomah. Berikutnya yang tidak kalah penting juga adalah hindari dan jauhi perbuata-perbuatan maksiat.
  4. Perbanyak interaksi dengan Alquran, seperti memperbanyak tilawah ataupun mendengarkan lantunan Alquran dari berbagai qori lokal dan internasional. Berusaha memahami serta mengkaji kandungan ayat-ayat Alquran. Sahabat bisa menggunakan Speaker Alquran Al-Akram untuk membantu dalam menghafal quran karena Speaker quran Al Akram bisa melakukan pengulangan per ayat, per surat, per juz dan per halaman, sekaligus juga bisa menggunakan metode permainan seperti tik-tok-an ayat (sambung ayat).

KEKUATAN PENGULANGAN/REPETISI

Sahabat pembaca yang senantiasa berharap rahmat Allah SWT, dari cara dan tips menghafal quran yang telah dijelaskan di atas, ada satu kata kunci utama dari proses menghafal Alquran yaitu pengulangan/repetisi. Tanpa kita sadari, bahkan mungkin kita seringkali meremehkannya, pengulangan atau repetisi itu merupakan sebuah rahasia besar yang harus diketahui.

Seorang hafiz quran 30 juz yang mutqin hafalannya, sudah pasti seorang yang rajin melakukan murojaah hafalannya, alias mengulang-ulang hafalannya. Tanpa pengulangan yang kontinu dan istiqomah hampir dipastikan seorang hafiz quran 30 juz pun perlahan akan luntur satu demi satu hafalan yg pernah dihafalnya.

Imam Al Muzani, seorang murid dari Imam Syafii, pernah berkata bahwa dia membaca tidak kurang dari 500 kali kitab Ar-Risalah karangan gurunya itu, dan setiap kali ia membacanya ia pasti menemukan sesuatu pelajaran baru darinya.

Seorang maestro seni beladiri Wushu / Kungfu dunia asal Hongkong, Lee Jun Fan atau lebih dikenal dengan nama Bruce Lee, pernah mengatakan sebuah quote yang sangat terkenal yaitu, ia lebih takut menghadapi lawan yang menguasai 1 jurus, tapi telah dilatih selama 1000 kali, dibandingkan dengan lawan yang menguasai 1000 jurus tapi hanya pernah dilatih 1 kali saja.

Inilah rahasia besar yang seringkali kita remehkan dan lupakan. Ternyata hampir semua ulama, contohnya murid imam Syafii tadi, terbiasa untuk membaca suatu ilmu/kitab itu lebih dari 1kali, itulah sebabnya mereka menjadi ulama.

Mungkin itulah pula sebabmya, mengapa kita pada umumnya sulit untuk maju, alias jalan ditempat, bisa jadi karena kita belum menjadikan hal yang luarbiasa ini sebagai sebuah kebiasaan dalam membaca ataupun mempelajari sebuah ilmu.

Demikianlah sahabat pembaca semua, 5 cara mudah menghafal Alquran dan tips praktisnya saat kesulitan ataupun mengalami kejenuhan. Semakin cepat dan mudah menghafal, bersama Speaker Al Quran Al-Akram.

Semoga bermanfaat.

Barakallahu fiikum.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1000 konten video Ramadhan Siap Pakai
This is default text for notification bar