12 Manfaat Madu & Khasiat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

12 MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN TUBUH MANUSIA. Sahabat pembaca setia Pondok Islami, dalam Al Quran Allah telah menyebutkan bahwa madu merupakan penyembuh dari segala penyakit. Sebagaimana firman-Nya dalam surat An-Nahl 69, yang artinya :

propolisku-logo-an-nahl

“‘… Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An Nahl : 69).

AL-AKRAM XTRA COMBO FLASH SALE

Oleh karenanya madu sangat baik jika selalu dikonsumsi secara rutin setiap hari. Madu sendiri mempunyai rasa yang manis serta lezat, sehingga pada umumnya disukai setiap orang, begitu pula dengan anak- anak.

Tidak hanya rasanya yang lezat, madu pun memiliki khasiat yang sangat berlimpah untuk kesehatan organ-organ badan manusia. Madu sangat disarankan penggunaannya terutama dimanfaatkan sebagai suplemen natural peningkatan taraf kesehatan masyarakat.

Bisa juga digunakan untuk herbal yang bisa membantu pengobatan penyakit tertentu. Berbagai manfaat dan khasiat madu untuk kesehatan manusia akan kita coba uraikan pada artikel ini.

manfaat-madu-propolisku

Berikut ini adalah 12 manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia :

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Madu bisa digunakan buat menaikkan tenaga. Banyak atlet yang menkomsumsi madu buat tingkatkan energi badan mereka. Selaku peningkat tenaga natural, madu bisa merendahkan berat tubuh.

Madu jadi sumber karbohidrat yang baik buat menolong memperoleh tenaga. Madu pulalah sumber yang bagus buat memperoleh zat besi, kalium serta kalsium yang efektif memantapkan tulang serta otot.

Bila pembaca mempunyai kegiatan yang sangat menyita waktu serta memerlukan tenaga ekstra, maka sahabat akan memerlukan madu. Zat- zat yang ada pada madu telah dipercaya sejak dahulu bisa membantu tubuh manusia dalam memproduksi energi/tenaga.

Didalam kandungannya madu memiliki zat yang bernama fruktosa serta glukosa. Zat ini lah yang merupakan sumber energi tubuh manusia. Jumlah kalori didalam madu asli, lebih rendah sekitar 20%-an jika dibandingkan dengan gula biasa.

Isi gizi utama madu asli, terdiri dari gula fruktosa, glukosa, sukrosa, serta dekstrin yang menaikkan konsumsi tenaga yang diperlukan untuk beraktifitas.

2. Memperlancar Kerja Otak

Bila dicampur dengan air hangat, madu asli bisa terserap kedalam darah berselang hanya 7 menit sehabis dikonsumsi. Molekul gula dalam madu asli membuat otak berperan lebih baik, sebab otak adalah pengkonsumsi gula terbanyak.

3. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Fruktosa dan glukosa dalam madu sebagai komponen utamanya akan diproses menjadi glikogen saat proses penyerapan dalam tubuh. Kedua zat utama itu akan disimpan dalam organ hati, dan akan bisa digunakan sewaktu-waktu saat tubuh membutuhkan tenaga ekstra.

Khasiat madu pula hendak sangat terasa buat badan dalam perihal imunitas terhadap bermacam penyakit yang ditularkan lewat virus, semacam flu. Khasiat madu selaku anti- oksidan serta anti kuman sanggup tingkatkan guna organ badan manusia paling utama sistem pencernaan serta menolong Kamu senantiasa sehat serta sanggup melawan penyakit.

4. Anti tumor serta Menghindari Kanker

Khasiat madu yang selanjutnya merupakan selaku anti tumor, sebab madu mempunyai karsinogen yang bisa menghindari kanker serta anti tumor. Madu memanglah tidak bisa mengobati kanker namun mempunyai keahlian penangkalan atas penyakit tersebut.

5. Membetulkan Sistem Pencernaan

Madu mempunyai anti bakterial yang sangat besar sehingga dia terbilang sangat higienis. Watak anti bakterial ini bisa menolong Kamu dalam membetulkan sistem pencernaan pada badan Kamu.

6. Merendahkan Kandungan Kolesterol Jahat

Madu merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik buat badan Kamu. Antioksidan ialah faktor yang berarti buat merendahkan kandungan kolesterol jahat. Madu pula tidak memiliki lemak jenuh sehingga tidak menaikkan kandungan kolesterol jahat di dalam badan Kamu.

7. Meringkankan Penyakit Pernapasan

Madu sangat efisien buat penyakit respirasi. Suatu riset di Bulgaria pada nyaris 18. 000 penderita menciptakan kalau madu bisa menanggulangi penyakit bronkhitis kronis, bronkhitis asma, rinitis( radang selaput hidung) kronis, alergi serta sinusitis. Ya, madu merupakan obat yang efisien buat peradangan respirasi.

8. Menyembuhkan Pilek serta Sakit Tenggorokan

Peradangan karena virus, kuman, ataupun jamur bisa menimbulkan timbulnya penyakit di dalam badan Kamu. madu mempunyai guna selaku anti- bakteri, anti- jamur, serta anti- virus. Oleh sebab itu dapat digunakan buat obat natural mengobati flu, pilek serta sakit kerongkongan.

9. Menolong Tubuh Dalam Pembentukan Darah

Madu membantu dalam mempersiapkan sumber energi yang diperlukan badan saat pembentukan darah. Lebih jauh lagi, madu pun sangat membantu dalam proses pembersihan darah.

Madu memiliki pengaruh dalam mengendalikan serta memperlancar peredaran darah. Selain itu madu pun dapat menjadi pelindung terhadap permasalahan pembuluh kapiler serta arteriosklerosis.

Madu pun dapat meningkatkan jumlah sel darah merah( hemoglobin) serta mensterilkan sel- sel darah ( sel darah merah, sel darah putih, serta keping darah). Dan juga bisa mensterilkan kotoran yang ada pada usus pembuluh darah serta yang lainnya.

10. Mematikan Bakteri

Efek madu yang dapat membunuh kuman dikenal dengan dampak inhibisi. Riset tentang madu menunjukkan kalau efek ini bertambah 2 kali lipat apabila diencerkan dengan air. Fenomena yang sangat menarik ditemukan bahwa lebah yang baru lahir, didalam koloni mereka akan diberi makan madu encer oleh lebah- lebah yang bertanggung jawab merawatnya.

Pemakaian antibiotik pada pengobatan penyakit dapat menimbulkan dampak yang buruk untuk organ tubuh lain. Antibiotik memang ampuh buat melawan bakteri yang masuk ke dalam badan, akan tetapi memiliki dampak yang bisa diibaratkan seperti bom waktu.

khasiat-propolisku-antibiotik

Dia menyapu seluruh kuman serta menekannya sampai mati. Sayangnya, antibiotik yang cuma efisien melawan kuman ini kerap diresepkan buat penyakit yang diakibatkan oleh virus.

Virus malah tidak mempan dibasmi antibiotik. Kuman atau bakteri yang terkena antibiotik malah bisa menjadi lebih kebal terhadap serbuan antibiotik yang sama. Bila telah begini, malah mengakibatkan penderita membutuhkan antibiotik yang lebih kuat lagi.

Dikala kuman atau bakteri tersebut sanggup bertahan dengan obat antibiotik yang lebih kuat lagi, maka kuman tersebut akan menjadi lebih kuat lagi. Dia akan menjadi penyakit yang sulit untuk disembuhkan dalam diri si penderita tesebut.

Obat-obatan kimia akan menjadi tidak jitu lagi melawan kuman itu. Apakah ada antibiotik yang kokoh serta sanggup melawan kuman luar biasa? Salah satu jawabannya adalah madu, tepatnya produk madu berupa propolis, misalnya madu PropolisKu.

Profesor Rose Cooper dari University of Wales Institute, Cardiff, Inggris, memakai madu buat melawan kuman luar biasa dari tipe Pseudomonas Aeruginosa, Group A Streptococci, serta Meticilin- resistant Staphylococcus aureus( MRSA). Nyatanya madu tersebut sanggup membatasi masuknya kuman ke jaringan badan serta menghindari terbentuknya peradangan kronis.

Saat kuman luar biasa dilawan dengan madu, maka kuman tersebut menjadi kembali sensitif terhadap antibiotik dari produk farmasi. Sehingga kekebalan kuman terhadap antibotik juga menurun dan bisa dilawan dengan antibiotik biasa.

11. Mengobati Batuk

Di kala tiba pergantian musim, maka banyak orang yang mudah sekali terkena batuk. Batuk merupakan reaksi tubuh akibat adanya benda-benda asing yang masuk ke kerongkongan, baik berupa makanan, virus maupun kuman/bakteri.

Batuk sesungguhnya bukanlah suatu penyakit hanya merupakan indikasi terjadi sesuatu pada tubuh. Bisa berupa peradangan saluran pernafasan, influenza, alergi, asma dan pemicu lainnya.

Oleh karenanya, ketika batuk terjadi, sebaiknya jangan langsung mengobatinya dengan obat-obatan kimia. Lebih baik menggunakan obat-obatan herbal, seperti madu. Karena madu selaku bahan herbal dapat mengurangi frekuensi batuk dan menaikkan energi serta melindungi kebugaran tubuh.

12. Pencegahan Diare

Penyakit diare pada umumnya terjadi akibat pola makan yang buruk, atau cenderung sembarangan. Sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan berupa infeksi saluran pencernaan. Sebagai pencegahannya, maka rutinlah mengkonsumsi madu.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Dokter. Paulus H. S. Kwakman dari Academy Medical Center, Amsterdam, Belanda, ia menyatakan bahwa manfaat madu bagi dunia kedokteran sangat signifikan. Madu dapat menjadi alternatif penangulangan beragam jenis peradangan yang disebabkan oleh kuman ataupun mikroba.

Cairan dari lebah itu bisa dijadikan sebagai antibiotik alami yang jitu melawan berbagai macam serbuan penyakit.

Beliau dan timnya mengatakan bahwa madu bisa menewaskan bermacam kuman, misalnya kuman Staphylococcus Aureus, yaitu kuman yang membuat infeksi parah di kulit, tulang dan paru- paru. Kuman ini tidak bisa dimatikan dengan obat- obatan kimia semacam antibiotik, akan tetapi bisa lumpuh cuma dalam waktu 24 jam, dengan madu.

Kuman lain yang bisa diatasi dengan madu adalah kuman yang dapat mengganggu saluran pencernaan dan bisa mengakibatkan diare serta muntaber, yaitu kuman Ecoli. Kuman ini pun bisa lumpuh hanya dalam waktu 24 jam, setelah diberi madu.

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia yang sedemikian banyak itu, menyebabkan madu banyak diramu dan dikombinasikan dengan bahan-bahan herbal lainnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih lengkap. Contohnya dengan herbal pasak bumi, bawang putih, lada hitam, temulawak dan lain sebagainya.

Sangat disarankan untuk secara rutin mengkonsumsi madu asli, demi melindungi kesehatan tubuh, terutama organ-organ bagian dalam yang secara kasat mata sulit untuk dipantau. Apalagi dengan banyaknya polusi dan pola makan yang buruk, cenderung menyebabkan timbulnya penyakit degeneratif yang bisa membuat kualitas hidup menurun.

Terutama di masa pandemi saat ini, dimana ketahanan dan imunitas tubuh sangat dibutuhkan untuk mencegah terserang virus-virus yang berbahaya. Jauh lebih baik melakukan pencegahan daripada penyembuhan.

Demikianlah artikel dengan judul 12 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia. Semoga bermanfaat.

Referensi : Buku Madu serta Khasiatnya, Faisal M Sakri

AL-AKRAM XTRA COMBO FLASH SALE

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS ! E-book Kisah-kisah Shahih Dalam Al Quran> Download DISINI <
+ +