Minyak Kasturi, Wewangian Kesukaan Rasulullah SAW

MINYAK KASTURI, WEWANGIAN KESUKAAN RASULULLAH SAW. Sebagai seorang muslim, khususnya para ikhwan atau pria sangatlah dianjurkan untuk menggunakan wewangian atau minyak wangi. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang artinya,

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami Azrah bin Tsabit Al Anshari dia berkata; “Telah menceritakan kepadaku Tsumamah bin Abdullah dari Anas radliallahu ‘anhu bahwa dia tidak pernah menolak (pemberian) minyak wangi, dan dia mengira bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga tidak pernah menolak (pemberian) minyak wangi.” (HR Bukhari)

Dalam hadist yang lain pun disampaikan tentang anjuran menggunakan wewangian ini, yang artinya,

Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali dan Harun bin Abdullah secara makna, bahwa Abu ‘Abdurrahman Al Muqri menceritakan kepada mereka dari Sa’id bin Abu Ayyub dari Ubaidullah bin Abu Ja’far dari Al A’raj dari Abu Hurairah ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa ditawari minyak wangi janganlah menolak, karena minyak wangi itu enak aromanya dan ringan membawanya.” (HR Abu Dawud)

Minyak Kasturi Wewangian Kesukaan Rasulullah SAW

Dalam kitab Tibbun Nabawi, karya Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziah beliau menyebutkan bahwa wewangian yang paling disukai Rasulullah adalah minyak kasturi atau wewangian minyak kasturi. Sebagaimana Rasulullah sampaikan dalam hadist yang ditulis dalam kitab Shahih Muslim yang artinya,

“Sebaik-baiknya wewangian adalah minyak kasturi”. (HR. Muslim)

Dalam hadist yang lain juga disebutkan, Dari Muhammad bin Ali, Beliau berkata :

“Aku pernah bertanya kepada Aisyah, ‘Apakah Rasulullah memakai parfum?’ Lalu Aisyah menjawab, “Ya, dengan minyak wangi Misk (Kasturi) & Anbar.” (HR An-Nasa’i)

Kasturi disebutkan dalam Al Quran pada Surat Al Mutaffifin, ayat 26 sebagai zat yang menyegel minuman murni surga. Bagi umat Islam, penjelasan bahwa minuman wangi di akhirat disegel dengan kasturi, merupakan sebuah petunjuk bahwa kasturi adalah raja dari semua wewangian.

Berikut ayat-ayat dalam Surat Al Mutafiffin mulai dari ayat ke-22 hingga ayat ke-26, yang menjelaskan tentang kasturi, yang artinya terjemahnya sebagai berikut :

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa benar-benar berada dalam (surga yang penuh) kenikmatan. Mereka (duduk) di atas dipan-dipan, melepas pandangan. Kamu dapat mengetahui dari wajah mereka kesenangan hidup yang penuh kenikmatan. Mereka diberi minum dari khamar murni (tidak memabukkan) yang (tempatnya) masih dilak (disegel). Laknya (segelnya) dari kasturi, dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba”. (QS Al Mutafiifin : 22-26)

Minyak kasturi atau dalam bahasa Inggris disebut dengan musk oil, sudah sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan serta wewangian. Untuk kesehatan tubuh, minyak kasturi banyak digunakan sebagai pereda sakit, penawar racun, hingga membantu peningkatan vitalitas dan energi.

Aromanya yang khas dan sangat lembut namun bisa bertahan lama, menyebabkan minyak kasturi ini menjadi wewangian yang sangat disukai oleh Rasulullah SAW. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari minyak kasturi.

Minyak Kasturi dan Beragam Manfaatnya

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari minyak kasturi yang penulis rangkum dari berbagai sumber, yaitu :

1. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit tubuh

Dengan adanya kandungan zat-zat essential untuk kulit yaitu omega 6, omega 3, retinol dan Vitamin A. Semua zat-zat tersebut bisa membantu kesehatan dan kecantikan kulit seperti :

  • Meremajakan kulit, dengan kandungan zat essential omega 6, minyak kasturi dapat melindungi kulit dari penumpukan dan kontaminasi radikal bebas yang dapat mematikan regenerasi kulit
  • Mengurangi keriput pada kulit, dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru karena minyak kasturi mengandung Linoleic acid (omega 6) dan Alpha-linoleic acid (omega 3) yang dapat membantu menghilangkan keriput pada kulit dengan penggunaan secara teratur
  • Mempercepat regenerasi sel dengan adanya kandungan senyawa kimia alami yang disebut retinol. Kandungan retinol dalam minyak kasturi jika digunakan pada bagian kulit yang bermasalah, akan mempercepat regenerasi sel dan memulihkan dampak akibat masalah kulit tersebut
  • Membantu memudarkan guratan kulit (stretch marks) yang biasanya terjadi pada daerah berlemak pada kulit. Dengan kandungan vitamin A dalam minyak kasturi, sel kulit yang rusak dapat diperbaiki

2. Bahan Campuran Dalam Aromaterapi.

Minyak kasturi banyak digunakan dalam pembuatan aromaterapi. Aroma minyak kasturi mampu menenangkan saraf-saraf yang tegang, sehingga dapat membantu memperbaiki mood (suasana hati) dan mampu meningkatkan kesehatan fisik serta mental.

3. Berfungsi sebagai analgesik

Minyak kasturi pun ternyata memiliki kemampuan sebagai analgesik atau pereda nyeri. Hal ini terjadi akibat adanya kandungan nutrisi-nutrisi pada minyak kasturi yang dapat meredakan rasa sakit pada tubuh, terutama pada beberapa bagian persendian. Selain itu minyak kasturi pun diketahui dapat mengurangi bengkak yang disebabkan luka.

4. Bermanfaat sebagai Antiseptik

Minyak kasturi juga dapat digunakan sebagai antiseptik. Saat kulit menderita gatal-gatal ataupun terjadi luka, baik karena gigitan hewan yang berbahaya ataupun karena terjatuh, maka minyak kasturi dapat dimanfaatkan sebgai antiseptik.

Bahkan untuk luka yang cukup dalam, minyak kasturi sangat disarankan untuk digunakan sebagai antiseptik untuk mencegah terjadinya efek berbahaya yang ditimbulkan dari luka tersebut.

Dengan berbagai manfaat dan keistimewaan tersebut di atas, tidak mengherankan jika minyak kasturi menjadi minyak yang paling banyak dicari. Baik untuk diambil manfaat dari sisi kesehatan maupun dari sisi kecantikan serta aroma wewangiannya.

Minyak Kasturi dan Sumber Asalnya

Minyak kasturi bisa diperoleh dari sumber bahan alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Berikut ini penjelasan tentang kedua sumber tersebut

1. Sumber bahan dari hewan rusa/kijang

Minyak kasturi yang bersumber dari hewan ini didapat dengan pengolahan pada bagian kelenjar yang terdapat pada kijang/rusa jantan. Jenis kijang/rusa yang bisa menghasilkan minyak kasturi ini, banyak ditemukan pada hutan di negara-negara Asia selatan.

Contohnya seperti wilayah India, Cina, Siberia, Mongolia, Machuria dan lain-lain. Akibatnya perburuan hewan-hewan ini menjadi masif untuk diolah menjadi minyak kasturi yang memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Hal ini telah menyebabkan ketidakseimbangan ekologis yang mengakibatkan dengan langkanya spesies hewan jenis ini.

2. Sumber Bahan Dari Tumbuhan

Minyak kasturi jenis kedua adalah yang diolah dari tumbuhan yaitu dari pohon kasturi, yang dikenal dengan aromanya yang khas, segar, dan tahan lama. Minyak kasturi dari pohon kasturi ini kemudian diolah hingga menjadi bentuk ekstrak.

Kemudian diaplikasikan pada produk-produk wewangian maupun kecantikan. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, minyak kasturi akhirnya mulai diproduksi melalui pengolahan secara sintetis di laboratorium.

Tumbuhan yang bisa digunakan untuk mendapatkan minyak kasturi secara sintetis adalah beberapa jenis tanaman seperti Angelica archangelicaOlearia argophylla, dan Mimulus moschatus. Pengolahan ini akan menghasilkan senyawa aromatik musky seperti lakton makrosiklik, yang bertanggung jawab atas aroma yang mirip dengan minyak kasturi / musk.

Aroma khas yang sangat lembut dari minyak kasturi dapat menyebabkan perasaan tenang dan khusyu. Sehingga aroma minyak kasturi yang diaplikasikan pada minyak wangi kasturi ataupun parfum minyak kasturi sering digunakan untuk mengiringi ibadah sholat.

Parfum sholat sangat identik dengan aroma minyak wangi kasturi. Kelembutan aromanya dan efek menenangkannya menyebabkan minyak wangi kasturi sangat disukai untuk digunakan saat beribadah sholat, karena efeknya yang bisa membantu sholat menjadi lebih khusyu.

Demikianlah artikel tentang Minyak Kasturi, Wewangian Kesukaan Rasulullah SAW. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sahabat-sahabat pembaca semua.

Wallahu’alam bishawab.

Sumber Tulisan :

  • https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/mengenal-minyak-kasturi-dan-beragam-manfaatnya.html
  • https://www.theresearchpedia.com/health/health-benefits-of-foods/health-benefits-of-musk-oil
  • https://nextgenhealth.wordpress.com/2008/06/08/kasturi-musk-natural-detoxifier/

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bikin Desain Visual Pake AI Tak Pernah Semudah Ini !
This is default text for notification bar