Rahasia Surat Al Kahfi Tentang Keajaiban Allah Bekerja

No comment 193 views

rahasia-surat-al-kahfi-tentang-keajaiban-allahRAHASIA SURAT AL KAHFI TENTANG KEAJAIBAN ALLAH BEKERJA. Sahabat quran yang dimuliakan Allah SWT, Surat Al-Kahfi merupakan salah satu surat yang sangat dianjurkan untuk dibaca setiap pekan satu kali, yaitu pada setiap malam Jumat atau pada hari Jumat, hingga tiba waktu ashar.

Salah satu kisah yang Allah sampaikan melalui surat Al-Kahfi ini adalah, tentang kisah sekelompok pemuda, yang mendapatkan anugerah berupa keajaiban dari Allah di dalam sebuah gua. Suatu peristiwa yang sarat dengan hikmah tentang bagaimana keajaiban Allah itu bekerja. Nama surat dalam Al Quran ini pun diberi nama sesuai dengan nama kelompok pemuda tersebut, yaitu  Ashabul Kahfi.

Memperhatikan dan mempelajari kisah Ashabul Kahfi yang tertulis dalam Al Quran, episode demi episode, maka kita akan dapat melihat dan menyelami bagaimana keajaiban Allah SWT, bekerja kepada sekelompok pemuda sholeh, yang karena kesholehannya itu maka Allah memberikan anugerah berupa keajaiban bagi sekelompok pemuda ini.

Pertama, mereka Allah arahkan untuk memasuki sebuah gua. Kemudian beristirahat di sana hingga tertidur. Lantas ketika terbangun, mereka merasa dan mengira hanya tertidur sepanjang hari saja. Sebagaimana Allah jelaskan dalam surat Al-Kahfi ayat 19 yang berbunyi :

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَاهُمْ لِيَتَسَاءَلُوا بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَائِلٌ مِنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۚ قَالُوا رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ

Artinya :

“Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorangnya, “Sudah berapa lamakah kamu berada di sini?” Mereka menjawab, “Kita di sini sehari atau setengah hari.” Berkata yang lain, “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada.” (QS. Al-Kahfi : 19)

Ayat tersebut di atas menjelaskan sekaligus sebagai bukti bahwa para pemuda itu hanya merasakan tidur sebentar saja, tidak terlalu lama. Padahal pada kenyataanya, mereka telah Allah tidurkan selama ratusan tahun, yaitu lebih dari 300 tahun, tanpa sedikitpun mereka rasakan. Tidak pula terjadi perubahan pada fisik mereka, akibat tertidur dalam jangka waktu selama itu.

Rupanya keajaiban Allah telah bekerja tanpa mereka ketahui. Hikmah rahasia surat Al Kahfi inilah yang menjadi salah satu pelajaran yang terkandung dalam kisah para pemuda sholeh tersebut, dan diabadikan dalam Al-Quran.

Terkadang keajaiban itu terjadi di depan mata, seperti ketika Nabi Musa a.s. yang dengan tongkatnya mampu membelah lautan atas izin Allah SWT. Begitu pula keajaiban dari Nabi Isa yang dapat menurunkan hidangan dari langit, pun atas izin dan kuasa Allah SWT.

Tetapi keajaiban pun dapat terjadi dan berlangsung tanpa kita sadari, seperti kisah Ashabul Kahfi tersebut di atas. Keajaiban Allah bekerja tanpa kita sadari, tanpa kita ketahui, bekerja di belakang kita. Hingga saatnya nanti, sesuai dengan rencana Allah, dan pada waktunya barulah kita menyadari dan mengetahuinya.

Hikmah inilah yang sepatutnya kita sadari dan yakini, ketika kita saat ini sedang membutuhkan dan menunggu datangnya pertolongan dari Allah SWT. Bisa jadi sebenarnya keajaiban Allah itu sedang bekerja di belakang kita, tanpa kita ketahui dan sadari.

Oleh sebab itu, jangalah pernah putus asa terhadap pertolongan Allah. Jangan pernah berburuk sangka terhadap Allah. Yakin dan percayalah bahwa Allah sedang menyiapkan hal-hal terbaik untuk kita, keajaiban-keajaiban terbaik yang sedang Allah persiapkan untuk kita.

Tugas kita hanyalah terus bergerak, terus memohon dan berdoa tanpa kenal lelah dan tanpa putus asa kepada Allah SWT. Menjauhi segala larangannya, menjalankan segala perintah-Nya dan mengikuti semua sunnah Rasul-Nya.

Seperti contoh hikmah yang ditunjukkan para pemuda Ashabul Kahfi, yang senantiasa terus bergerak, berusaha mencari perlindungan di dalam gua, agar terhindar dari kezaliman penguasa yang ingkar terhadap Allah SWT. Sembari tetap memanjatkan doa dan permohonan kepada Allah SWT dengan penuh keyakinan, sebagaimana tergambarkan dalam ayat ke-10 surat Al-Kahfi :

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya :

” (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa, “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (QS. Al-Kahfi : 10)

Bagi Allah SWT, menciptakan apapun merupakan hal yang teramat mudah. Kun fa ya kun, maka apapun kehendak Allah akan terjadi. Hanya karena kita tak melihatnya, atau belum Allah sampaikan waktu untuk melihatnya, bukan berarti keajaiban itu tidak ada.

Jangan sampai malah sebaliknya, karena keajaiban dari Allah belum saatnya kita lihat, kita menjadi pesimis. Tidak yakin akan bantuan dan pertolongan Allah SWT, sehingga malah melalaikan kita dari kewajiban untuk selalu menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Cenderung malah menyalahkan Allah atas segala kondisi saat ini yang sedang buruk menurut kita, dan mempertanyakan keadilan Allah atas kondisi kita ini. Padahal kita telah berusaha untuk senantiasa mendekat kepada-Nya, menjalankan segala perintah-Nya, dan menjauhi semua larangan-Nya. Akan tetapi kondisinya tidak juga berubah menjadi lebih baik.

Sahabat quran yang senantiasa mengharapkan ridho Allah SWT. Kisah-kisah keajaiban pun tanpa kita sadari dapat kita jumpai dalam kehidupan kita saat ini. Tanpa bermaksud menyamakan dengan keajaiban-keajaiban/mukjizat para nabi dan rasul yang mulia, bagi kita umat akhir jaman ini pun, seringkali hal-hal yang terjadi dalam kehidupan kita, bagaikan keajaiban dan mukjizat.

Beberapa kisah nyata inspiratif terkini yang pernah kami bagikan dalam blog pondok islami ini, merupakan bukti bagaimana keajaiban Allah bekerja. Bagi kita umat akhir jaman, yang memiliki berbagai keterbatasan, kisah-kisah tersebut bagaikan sebuah keajaiban.

Kisah perjalanan hidup seorang Dewa Eka Prayoga, sosok anak muda yang masih sangat muda belia, akan tetapi sudah Allah anugerahkan berbagai tantangan dan cobaan dalam kehidupannya, bagaikan roller coaster. Akan tetapi, akhirnya berakhir dengan happy ending dan sangat menginspirasi siapapun yang membaca kisahnya, dan sudah dibukukan dalam bentuk novel, dengan judul “Bidadari Untuk Dewa“.

Tak ketinggalan berbagai rahasia amalan yang dilakukannya untuk mampu bertahan dan keluar dari cobaan yang Allah berikan, hingga berlimpah rezeki yang sangat tak disangka-sangka, ia sampaikan pula secara lugas dalam buku terbarunya, yang berjudul “Jackpot Rezeki“.

Kisah lainnya yang juga tidak kalah inspiratif, dapat sahabat temui dalam artikel tentang orang-orang  yang memiliki keyakinan kuat terhadap pertolongan Allah, walaupun harus menghadapi ujian dan cobaan bertubi-tubi dalam kehidupannya. Artikel yang kami beri judul Kisah Inspiratif Pertolongan Allah Bagi Orang-orang Yang Sabar Dan Yakin, menjadi sebuah cermin tentang keajaiban yang terjadi, buah dari keyakinan kuat dan sikap senantiasa ber-huznudhan kepada Allah.

Bahkan sahabat pun dapat membaca sebuah kisah, yang bagi penulis sendiri senantiasa menjadi sebuah penyemangat, bahkan membuat penulis menjadi malu, akan kelemahan pribadi ketika berkeluh kesah untuk istiqamah menghafal Al-Quran. Kisah Nenek Tua Penghafal Al Quran di Usia 82 Tahun, menjadi cambuk sekaligus penyemangat di kala sedang digoda oleh rasa malas dan jenuh saat menghafal Al Quran.

Nenek tua berusia 82 tahun saja itu saja mampu menjadi hafiz quran, masak penulis dan sahabat quran semua kalah dengan nenek penghafal quran tersebut ? Bismillah, insya Allah kita pun bisa ! Aamiin.

Sahabat Quran pembaca setia pondok islami, demikianlah salah satu Rahasia Surat Al Kahfi Tentang Keajaiban Allah Bekerja, serta beberapa contoh kisah terkini, tentang keajaiban Allah tersebut. Semoga tulisan ini dapat menjadi penyemangat, sekaligus memberikan ibrah dan hikmah bagi siapapun yang membacanya.

Wallaahu’alam bishaawab.

 

 

author
Author: 

    Leave a reply "Rahasia Surat Al Kahfi Tentang Keajaiban Allah Bekerja"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.