Sedekah Quran Bersama Penerbit KMO Indonesia

sedekah-quran-amalan-akhirat

SEDEKAH QURAN BERSAMA PENERBIT KMO INDONESIA. Sahabat pembaca Pondok Islami yang dimuliakan Allah, akhir-akhir ini, berita kematian terasa begitu deras, datang terus silih berganti. Suara sirine mobil ambulan seolah terus mengingatkan kita, bahwa kematian itu memang nyata ada di depan mata.

Hari kemarin, ada sahabat dan kerabat yang masih bercanda, bersenda gurau dengan kita, bercerita bersama, saling berbagi, tak lama berselang pergi meninggalkan kita.

Al Akram Traveller

Tetangga dekat rumah, beberapa waktu berselang masih bertemu di masjid, shalat berjamaah, kemudian berjalan pulang sambil bertukar sapa. Tiba-tiba hari ini, kita dengar pengeras suara di masjid, memberitakan tentang kepergiannya menghadap Allah SWT.

Di jagat maya pun begitu, ada yang bulan lalu masih eksis berposting ria di media sosial, dengan cerita dan sharing-sharing ilmunya, kini kita terima pemberitaan kepergiannya melalui postingan status, sahabat-sahabat maya-nya yang lain.

Usia, sesungguhnya hanya merupakan angka yang menjadi pengingat, bahwa waktu kita bukan semakin bertambah, akan tetapi sebaliknya, semakin berkurang, dan terus akan berkurang. Setiap tahun, setiap bulan, setiap minggu, setiap jam bahkan detik, kita tidak tahu apakah masih akan bisa bertemu lagi di esok hari.

Itulah kenapa, Islam selalu mengingatkan dan memberikan pesan kepada kita, agar selalu berusaha berbuat baik setiap saat. Terus beribadah, seakan-akan kita akan mati esok hari.

Karena sesungguhnya itulah yang akan terjadi, kita tidak akan pernah tahu kapan ajal akan menjemput, dengan cara bagaimana dan seperti apa akhir hidup kita nanti. Bisa jadi ketika kita sedang bercengkrama riang dengan keluarga, sedang serius bekerja, sedang bermimpi di lelapnya tidur kita, dalam perjalanan, bahkan mungkin saat kita sedang khusyuk beribadah.

Nah, yang terakhir ini pasti yang sangat-sangat kita inginkan dan cita-citakan, dipanggil saat sedang beribadah kepada-Nya. Tentu kita pun senantiasa berdoa agar di jauhkan dari segala perbuatan buruk, baik disengaja ataupun tidak, agar jangan sampai ajal menjemput, saat sedang menjalankannya, Naudzubillahi mindzalik.

Semoga kita semua husnul khotimah, aamiin.

SEDEKAH QURAN MERUPAKAN AMAL JARIYAH

Sahabat-sahabat setia pembaca Pondok Islami, dari penjelasan di atas maka bersegeralah untuk melakukan hal-hal baik. Mulailah dari sekarang, mulailah dari hal-hal yang kecil, menabung bekal-bekal untuk kehidupan akhirat kita kelak.

sedekah-quran-kebaikan-kecil

Perbanyak ibadah, jauhi setiap larangan-Nya dan rutinkan untuk selalu bersedekah, walaupun sedikit. Apalagi jika sedekah kita itu berupa amal jariyah, maka pahalanya akan terus mengalir, walaupun kelak kita sudah tidak ada di dunia ini lagi, salah satunya adalah dengan sedekah quran.

Kok bisa? Ya, karena sedekah quran itu adalah wakaf, dan wakaf bisa diperuntukkan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak, sehingga bisa dimasukan ke dalam kategori jariyah.

Sedekah Quran merupakan jenis wakaf yang ringan, yang bisa dengan mudah dilakukan. Sesuai dengan namanya, maka sedekah Quran ini merupakan kumpulan dari donasi, yang hasilnya nanti akan dibelikan mushaf Al-Quran.

keistimewaan-sedekah-quran

Kemudian mushaf-mushaf Al Quran tersebut akan disalurkan ke berbagai tempat-tempat yang membutuhkan, seperti masjid, mushola, rumah tahfidz (penghafal Quran) dan lain-lain. Tau sendiri kan, kalau Al-Quran akan selalu bermanfaat bagi umat Islam.

Setiap pahala yang diperoleh ketika ayat-ayat dalam Al-Quran itu dibaca dan dihafalkan oleh para penghafal Al Quran, akan mengalirkan juga pahala untuk Anda yang bersedekah.

Sebagaimana Rasulullah SAW berkata yang artinya,

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

Sedekah Quran ini merupakan sebuah kesempatan bagi setiap umat Islam, untuk meraih pahala dan keberkahan dari Allah SWT, yang nilainya dapat dipetik tanpa putus meski orang yang bersedekah quran atau pewakafnya telah meninggal dunia.

Al Quran merupakan mukzijat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yang hingga saat ini masih ada. Al Qur’an memiliki keutamaan bagi pembacanya juga bagi para pewakaf Al Quran.

Bahkan, ketika Al-Quran nya sudah lusuh, namun isinya telah dihafalkan dan kemudian senantiasa dilafalkan oleh para penghafal Al Quran, maka pahala membaca quran dan menghafalnya pun akan senantiasa mengalir untuk Anda, para pewakaf Quran tersebut.

Inilah Sedekah Jariyyah, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda mengenai manfaat Sedekah Al Quran, yang artinya :

“Apabila seorang anak Adam mati, maka putuslah amalnya kecuali tiga: sadaqah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad)

Dari Uqbah bin Amir ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda: “Setiap individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia.”

Selain di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan keutamaan sedekah yang bisa kita pelajari dan amalkan, yang Allah SWT telah jabarkan dalam Al Quran, dan juga sabda Rasulullah SAW lainnya. Akan tetapi semoga saja hadist tentang sedekah di atas sudah cukup menjadi motivasi sahabat semua untuk mulai mengamalkannya sekarang.

SEDEKAH QURAN KMO INDONESIA

Sebagaimana hadist di atas, maka jika manusia telah meninggal dunia terputuslah amalnya, karena tidak bisa bekerja, tidak bisa beramal, tidak bisa berkarya, dan tidak bisa berbuat apa-apa.

program-sedekah-quran-kmo

Kecuali anak adam (manusia) itu memiliki tiga perkara yang tidak terputus baik pekerjaannya maupun upah atau pahalanya, yaitu:

  1. Sedekah jariyah
    Artinya sedekah yang pahalanya mengalir terus sekalipun yang bersangkutan telah meninggal. Misalnya, pahala yang mengalir seperti amal wakaf yakni sedekah sesuatu benda yang bermanfaat karena Allah, misal sedekah quran. Benda itu bersifat tetap tidak habis dan tidak berkurang sekalipun dimanfaatkan berkali-kali.
  2. Ilmu yang bermanfaat
    Yang dimaksud ilmu yang bermanfaat adalah ilmu itu diamalkan dan diajarkan kepada orang lain. Seseorang yang mengajarkan ilmu kepada orang lain kemudian diamalkan atau diajarkan lagi kepada orang lain maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya atau yang mengajarkannya sekalipun dia telah meninggal dunia.
  3. Anak saleh dan salehah
    Di antara tanda kesalehan anak adalah mau mendoakan kepada orang tua. Doa anak shaleh adalah kemauan hati anak yang baik yang menghendaki orang tuanya mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

KMO Indonesia sebagai penerbit buku-buku berkualitas, beberapa waktu lalu, tepatnya sebelum Ramadhan 1441 H, banyak menerima usulan yang menginginkan agar KMO Indonesia mengumpulkan wakaf alquran.

Mengapa ? Pertama karena momen ramadhan merupakan momen yang sangat sayang jika dilewatkan untuk berbuat kebaikan. Kedua, ternyata banyak masjid, mushola, pondok pesantren atau tempat lainnya yang membutuhkan Al-quran yang layak baca.

Atas dasar itulah dan juga berbagai pertimbangan lainnya, maka Penerbit KMO mempersiapkan dan membuka program sedekah untuk wakaf alquran, atau Sedekah Quran KMO Indonesia.

Akadnya, customer membeli alquran untuk di wakafkan. Penyaluran wakafnya bisa melalui KMO Indonesia atau oleh customer sendiri.

Wakaf alquran pertama dilakukan bekerjasama dengan LAZISWA ATTAQWA Cirebon. Alhamdulillah saat itu bulan Ramadhan 1441 H, bertepatan bulan Mei 2020, terkumpul dan tersalurkan 1.151 Al-quran. Seiring waktu ternyata masih banyak tempat yang meminta bantuan wakaf alquran, sehingga Penerbit KMO Indonesia terus menerus membuka program sedekah Alquran ini.

Alhamdulillah wakaf Al-Quran yang diawali pada bulan Mei – bulan September 2020 sudah terkumpul dan mewakafkan kurang lebih sekitar 6.825 Al-Quran. Semoga program ini dapat terus berlanjut dan menjadi wasilah kebaikan untuk semua yang terlibat di dalamnya.

PILIHAN MUSHAF QURAN

Berikut di bawah ini adalah pilihan produk mushaf Al quran yang bisa sahabat pilih untuk disedekahkan pada program sedekah quran ini.

Bagi sahabat pembaca yang ingin turut serta berbuat kebaikan melalui sedekah quran bersama penerbit KMO Indonesia, atau ingin bertanya lebih jauh lagi dapat menghubungi kontak Whatsapp di bawah artikel ini.

MOMENT PENYERAHAN SEDEKAH QURAN KMO INDONESIA

Berikut ini adalah beberapa hasil dokumentasi penyerahan mushaf Al Quran dari para donatur / pewakaf pada Program Sedekah Quran Penerbit KMO Indonesia.

Silahkan sahabat menghubungi kontak Whatsapp di bawah ini untuk turut serta dalam program Sedekah Quran Penerbit KMO Indonesia.

whatsapp-kontak

Semoga segala amal kebaikan dari sahabat semua, para donatur dan pewakaf yang ikut dalam Program Sedekah Quran Penerbit KMO Indonesia ini, dapat menjadi amal kebaikan, amal jariyah yang akan menambah timbangan amal kebaikan di hari akhir nanti, aamiin allahumma aamiin.

Barakalahu fiikum.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS ! E-book Kisah-kisah Shahih Dalam Al Quran> Download DISINI <
+ +