Usaha Anak Muda Jaman Sekarang, Menarik Dan Layak Ditiru

usaha-anak-muda-jaman-sekarang

USAHA ANAK MUDA JAMAN SEKARANG MENARIK LAYAK DITIRU. Era teknologi internet dewasa ini memiliki banyak dampak positif dan menarik bagi kalangan muda. Walaupun, tentu saja kita tidak bisa juga menyampingkan dampak negatif yang ditimbulkannya, seperti yang pernah penulis tulis dalam artikel tentang dampak negatif gadget dan buku Catatan Hati Seorang Gadis karya Mbak Asma Nadia.

Khusus untuk artikel kali ini, penulis ingin membahas tentang contoh efek positif dari teknologi pada kalangan anak muda. Lebih khusus bagi kalangan muda yang ingin terjun dalam bidang wirausaha.

Kelas Jago Ngiklan Fb Ads

Memulai bisnis bagi anak muda jaman sekarang, tentu saja bukanlah perkara yang mudah, walaupun juga bukan berarti sangat sulit. Terutama jika dibandingkan dengan belasan tahun lalu, dimana teknologi internet dan sosial media belum semaju saat ini, jelas sangat berbeda.

Perbedaan terbesarnya adalah dari sisi kemudahan akses berusaha dan melakukan promosi usaha yang akan ditekuni. Saat ini setiap orang, asalkan mau dan punya keinginan yang kuat untuk berwirausaha, maka dengan mudahnya bisa langsung terjun menjalaninya.

Hanya bermodalkan gadget / HP dan internet, setiap orang sudah bisa memulai usaha. Minimal bisa mulai dengan jualan sebagai reseller, yaitu menjualkan barang orang lain, dan mengambil selisih margin dari harga beli dengan harga jual. Tidak membutuhkan modal besar, bahkan hampir tanpa modal.

Coba bandingkan dengan belasan tahun lalu ? Tentu jauh berbeda, penulis pribadi pun pernah mengalami saat-saat seperti itu dahulu, ketika harus mengeluarkan investasi jutaan bahkan belasan juta untuk menjadi seorang reseller dari sebuah produk milik orang lain.

Tentu saja untuk bisa sukses dan berhasil, tetap dibutuhkan ilmu dan skill, kerja keras, konsistensi dan kesungguhan. Setiap orang yang akan memulai bisnis tentu harus berpikir keras untuk melihat peluang, mencari ide, dan melakukan inovasi.

Harus selalu up to date dengan perkembangan zaman, biar nggak ketinggalan. Butuh perjuangan dan pengorbanan. Tak jarang, waktu istirahat berkurang, kesempatan untuk kumpul bersama keluarga jadi berkurang. Belum lagi harus menahan hasrat untuk berbelanja, kongkow bersama teman-teman, ataupun sekadar jalan-jalan.

Ya, semua itu harus mampu ditahan semaksimal mungkin, terutama saat di awal-awal perjalanan. Sembrono sedikit, bisa-bisa usaha malah merugi di tengah jalan, tentu saja hal ini tidak diharapkan terjadi.

Oleh karena itu, dengan berbagai tantangan di atas, jika ada anak muda yang berani menaklukkan tantangan-tantangan tersebut untuk mendirikan bisnis, patut untuk diacungi jempol. Walaupun baru dalam skala kecil-kecilan, skala rumahan, tapi setidaknya ia sudah berani menantang diri dan mendobrak ketakutan akan hilangnya kenyamanan dan kepastian.

Di saat teman-temannya yang lain berusaha keras untuk melamar kerja, ke berbagai perusahaan-perusahaan bergengsi, agar dapat menikmati berbagai fasilitas dan gaji yang pasti setiap bulannya. Atau berduyun-duyun mendaftar sebagai pegawai pemerintah (ASN), berharap menikmati pekerjaan yang tetap dan fasilitas pensiun.

Akan tetapi ia justru lebih memilih berjuang untuk membangun bisnisnya sendiri. Berjuang dari bawah untuk membesarkan bisnisnya sendiri. Seperti sosok pasangan muda Kang Ilham dan Teh Amy.

Mereka adalah sepasang suami istri yang masih tergolong muda, akan tetapi sudah sukses dengan bisnisnya. Bisnis yang dirintis sejak muda, sejak awal menikah, dengan perjuangan dan ketekunan mereka berdua, saat ini sudah berkembang dan memiliki nama yang cukup dikenal.

Mereka berdua adalah sepasang suami istri owner dari produk fashion muslim, AMILY HIJAB. Mengingat namanya yang sudah dikenal masyarakat luas, tentu mereka berdua termasuk pasangan muda yang patut diacungi jempol dan menjadi contoh teladan.

Bukan hal yang gampang, mengelola bisnis berdua dengan pasangan yang tinggal satu atap. Secara sekilas memang tampak jauh lebih mudah, tapi ternyata ada tantangan-tantangan yang harus mereka hadapi.

Rintangan-rintangan inilah yang menjadikan kesuksesan itu terasa semakin nikmat. Dari buku yang ditulis oleh Kang Ilham dengan judul “BISNIS BARENG PASANGAN“, yang kebetulan juga baru saja di launching di bulan Syawal 1442 H ini, kita bisa belajar tentang perjalanan bisnis mereka.

Beberapa hal penting yang bisa diambil sebagai pelajaran penting dari perjalanan membangun bisnis Amily Hijab, bisa kita simak dibawah ini.

BEBERAPA KESALAHAN UMUM USAHA ANAK MUDA

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, tak terkecuali dalam menjalankan usaha. Hal tersebut memang sangat wajar, karena dunia bisnis itu memang penuh dengan trial and error.

Nggak bisa ujug-ujug sukses, walaupun saat diawal penjualan laris manis tanjung kimpul, tapi hal tersebut nggak bisa jadi patokan kalau usaha kita akan lancar terus. Pasti akan datang hambatan-hambatan kecil yang kalau dibiarkan bisa merusak bisnis.

usaha-anak-muda-internet

Berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa kesalahan yang bisa menjadi penyebab perkembangan bisnis, sebagai berikut:

  1. Tidak Disiplin Mengatur Keuangan
    Kesalahan yang paling sering dilakukan pengusaha ialah nggak disiplin dalam mengatur keuangan. Contoh: menggunakan uang usaha untuk kepentingan pribadi. Sekecil apapun usaha yang sedang sahabat jalani, jangan pernah mencampurkan uang usaha dengan pribadi. Kalau perlu buatlah ‘gaji’ untuk dirimu sendiri, bukan seenaknya mengambil keuntungan.
  2. Menunda Pekerjaan
    Kesuksesan masih mungkin mampir ke kehidupan orang bodoh, tapi nggak dengan malas. Kalau sikap seperti ini masih terus dipelihara, maka usahamu nggak akan berkembang.
  3. Terlalu Percaya dengan Orang Lain
    Bukan suudzon, tapi berhati-hati untuk menaruh kepercayaan terhadap orang lain itu penting. Ingat, kemungkinan orang ingin menjatuhkanmu selalu ada.
  4. Bekerja dengan Orang Salah
    Selektiflah saat ingin menjalin kerja sama dengan orang lain, baik sebagai karyawan maupun partner kerja. Alangkah lebih baik untuk memeriksa latar belakangnya terlebih dahulu. Karena bekerja dengan orang yang salah malah bisa menambah masalah.

Point ke-4 inilah yang menjadi salah satu kekuatan dan kelebihan dari bisnis Amily Hijab. Bekerja sama dengan pasangan sendiri (Couplepreneur), secara otomatis akan meminimalkan kesalahan tersebut.

INSTROPEKSI DIRI

Usaha anak muda seringkali diidentikkan dengan darah muda. Mudah terbawa emosi, kadang sulit untuk melakukan muhasabah diri atau introspeksi diri.

Padahal bermuhasabah ataupun melakukan intropeksi diri itu sangat penting. Sama artinya dengan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri, dan tentu saja evaluasi terhadap perjalanan dan perkembangan bisnis.

usaha-anak-muda-kreatif

Kesalahan apa saja yang sudah pernah dilakukan? Mengapa kesalahan tersebut bisa terjadi ? Bagian mana yang kurang dan perlu diperbaiki? Dan beragam pertanyaan yang lainnya.

Dalam dunia bisnis, hal seperti ini juga tetap harus dilakukan. Karena zaman terus berkembang, ada banyak hal dalam hidup yang mengalami perubahan.

Bahkan, hukum dalam bisnis sedikit lebih keras. Barangsiapa enggan berubah dan nggak bisa menyesuaikan diri, maka dialah yang akan tertinggal ataupun gulung tikar.

Jadi, lakukanlah selalu instropeksi diri secara periodik. Karena hal tersebut bisa mendatangkan berbagai manfaat, seperti di bawah ini :

  1. Menyelidiki Diri Sendiri
    Jangan hanya fokus pada kinerja karyawan maupun partner kerja, tapi lakukan penyelidikan terhadap diri sendiri juga. Coba periksa bagaimana kondisi hati, pikiran, maupun sikapmu.
  2. Mengenal Diri Sendiri
    Jika kamu melakukan poin di atas dengan sungguh-sungguh, maka kamu akan semakin mengenal dirimu sendiri. Kamu bisa memperbaiki kekurangan diri, serta memanfaatkan kelebihan untuk kemajuan usaha.
  3. Belajar dari Pengalaman
    Kesalahan dan kegagalan memang seringkali membuat seseorang menjadi down. Tapi justru kedua hal tersebut menjadi guru terbaik di masa depan. Instropeksi diri memberikanmu waktu untuk merenungkan hal tersebut.
  4. Memperjelas Tujuan
    Dengan ketiga manfaat di atas, kamu bisa memperjelas tujuan yang ingin dicapai. Hal ini penting, karena di tengah jalan seseorang bisa puter haluan dan keluar jalur. Wkwkwk.

Bisnis yang dibangun bersama pasangan pun harus melakukan instropeksi diri. Karena secara kodratnya, wanita lebih sensitif dibanding pria, apalagi jika berhubungan dengan suami sendiri.

Suka ada unsur perasaan yang masuk ke dalamnya. Bukannya terlarang, tapi pastikan dalam porsi pas agar tidak mengganggu jalannya usaha. Lantas, seperti apa seharusnya?

Tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan, dan sahabat akan lebih puas mempelajarinya jika membaca langsung buku “BISNIS BARENG PASANGAN”, yang telah dituliskan dengan sangat jelas dan lengkap oleh Kang Ilham.

Jadi, selamat berkarya untuk sahabat-sahabat muda di dunia bisnis yang penuh tantangan. Pastikan sahabat jadi bagian dari perjalanan sejarah ini, jangan hanya menjadi penonton.

Demikianlah artikel pengantar dari buku “BISNIS BARENG PASANGAN” yang berjudul Usaha Anak Muda Jaman Sekarang, Menarik Dan Layak Ditiru.

Semoga bermanfaat.

Barakallahu fiikum

GRATIS ! Mentoring Ekslusif

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS ! E-book Kisah Putri-putri Rasulullah> Download DISINI <
+ +