Belajar Bahasa Arab Online Pemula (Alquran & Bahasa Arab)

logo-ADAB-belajar-bahasa-arab-pemula

BELAJAR BAHASA ARAB ONLINE UNTUK PEMULA (KELAS ADAB). Sahabat quran pembaca setia Pondok Islami, yang dicintai Allah. Tahukah sahabat betapa pentingnya kita, sebagai umat Islam mempelajari bahasa Al Quran, yaitu bahasa arab.

Penulis yakin insya allah sebagian dari kita, sudah menyadari pentingnya memahami dan belajar bahasa arab ini. Pada umumnya, kita ingin bisa menguasai bahasa arab dengan harapan agar bisa lebih khusyuk, dalam menjalankan kewajiban ibadah shalat kita sehari-hari.

Al Akram Traveller

Akan tetapi pada kenyataannya seringkali mengalami kendala, bahwa belajar bahasa arab itu tidak mudah, bahkan cenderung sulit. Ya, bagi sebagian besar masyarakat, yang tidak memiliki latar belakang pendidikan formal agama, seperti belajar di pesantren ataupun kuliah di jurusan agama, pasti akan merasakan kendala tersebut.

Syukur Alhamdulillah, kini telah hadir ditengah-tengah kita, sebuah kelas program belajar bahasa arab untuk pemula, yang diberi nama kelas ADAB (Alquran dan Bahasa Arab). Kelas ini baru dilaunching di bulan Februari 2021, dan alhamdulillah telah diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah, latar belakang pendidikan dan pekerjaan serta usia.

Bahkan ada beberapa peserta, walaupun sudah berusia lanjut, tapi tetap bersemangat untuk menimba ilmu, mempelajari bahasa Al quran ini, masya Allah. Nah, sahabat pembaca pondok islami yang dimuliakan Allah, tentu tidak mau kalah ya, dengan para peserta yang sudah berusia sepuh ini.

Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan, seperti para sahabat Nabi yang selalu berlomba-lomba dalam menjalankan ibadah dan mengamalkan kebaikan. Tapi sebelum kita infokan lebih lanjut tentang kelas belajar bahasa arab untuk pemula (ADAB) ini, mari kita bahas sedikit tentang betapa pentingnya umat Islam untuk belajar bahasa arab.

URGENSI BELAJAR BAHASA ARAB

Selain memang bahasa arab sudah merupakan ketetapan Allah, untuk menjadi bahasa Al Quran, ternyata ketika diteliti, bahasa Arab memiliki banyak kelebihan. Nah berikut ini adalah, urgensi bagi umat islam untuk belajar bahasa arab.

mukjizat-al-quran-belajar-bahasa-arab-adab

Bahasanya Al Quran dan Hadist Rasulullah SAW

Sebagai umat Nabi Muhammad, yang mendapatkan warisan dan amanah berupa kitab suci Al Quran dan sunnah-sunnah Rasul, maka sudah selayaknyalah kita belajar bahasa Arab.

Mengapa ? Karena Al Quran dan sunnah-sunnah Rasulullah dituliskan dalam bahasa Arab. Jadi, bahasanya Al Quran dan hadist-hadist Rasulullah, adalah bahasa Arab.

Untuk dapat menghafal Al Quran, mempelajari dan memahaminya secara lebih cepat, jelas dan benar, tentu setiap umat islam harus memahami bahasa Al Quran, yaitu bahasa arab.

Bahasa Yang Sangat Kaya Dengan Kosa Kata

Sebagaimana diungkapkan oleh peneliti senior Rumah Fiqih Ustadz Ahmad Sarwat, pada laman portal berita islam Republika, Bahasa Arab memiliki kosa kata yang sangat kaya. Meskipun bangsa Arab banyak yang tinggal di gurun pasir, namun bukan berarti mereka tertinggal dalam masalah seni dan budaya. 

Umumnya mereka merupakan orang-orang yang pandai merangkai kata. Itu pula yang menjadi sebab keindahan dari sastra Arab, yang terletak pada banyaknya perbendaharaan kosa katanya.

Sebagai salah satu contoh, untuk menyebutkan binatang unta, bahasa Arab memiliki hingga 800 kosa kata. Sementara untuk menyebutkan seekor anjing, tersedia hingga 200 kota kata yang berbeda.

Tak mengherankan jika Al Quran bisa menjelaskan dan menggambarkan berbagai hal dengan leluasa, indah dan kuat, tapi maknanya tetap mendalam. Begitu pula bahasa lain dengan mudah dapat diterjemahkan kedalam bahasa Arab.

Akan tetapi sebaliknya, seringkali berbagai ungkapan dalam bahasa Arab, jika diterjemahkan dalam bahasa lain, seringkali mengalami kesulitan agar dapat diterjemahkan tanpa kehilangan kekuatan maknanya.

Begitu pula saat menerjemahkan Al Quran kedalam bahasa lain, tanpa harus kehilangan kekuatan maknanya, selalu selalu saja ada kejanggalan dan kekurangan.

BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENYENANGKAN

Seperti telah dijelaskan di awal, bahwa salah satu kendala belajar bahasa arab adalah tingkat kesulitannya, yang dirasa lebih besar dibandingkan dengan mempelajari bahasa lain. Untuk itulah kelas ADAB (Al Quran dan Bahasa Arab) ini digagas dan didesain oleh Ustadz Firman Afifudin Saleh, secara unik.

Tujuannya adalah agar masyarakat menjadi lebih akrab dan tidak takut untuk belajar bahasa arab. Oleh karenanya syarat untuk bisa mengikuti kelas ADAB ini hanya 2 saja.

Pertama, HADIR, saat pertemuan.

Kedua, SEMANGAT, untuk menimba ilmunya.

Mudah sekali bukan ?

Ya, benar sekali sahabat pondok islami, memang kelas ADAB ini didesain oleh Ustadz Firman, dengan harapan bisa diikuti oleh sebanyak-banyaknya peserta. Tanpa membatasi latar belakang pendidikan, pekerjaan, daerah, bahkan usia sekalipun.

Jadi, siapapun boleh bergabung, dan GRATIS !

Hanya, bagi sahabat yang diberikan kelapangan rezeki, bisa ikut berdonasi semampunya, untuk turut berkontribusi dalam menyebarkan dan mengembangkankan program ADAB ini kedepannya.

PROGRAM BELAJAR BAHASA ARAB PEMULA ADAB (Al Quran dan Bahasa Arab)

Berikut ini adalah detil informasi tentang kelas ADAB (Al Quran dan Bahasa Arab), termasuk prosedur cara pendaftarannya.

ADAB (Al-Quran dan Bahasa Arab)

Merupakan sebuah program belajar bahasa arab untuk pemula, yang disampaikan melalui kajian tematik bagi para pecinta Al-Quran. Secara khusus kajian ini bertujuan untuk menggali dan menemukan kemukjizatan Al Quran untuk kehidupan.

Program ADAB hadir untuk semua lapisan masyarakat, pecinta Al Quran dan Bahasa Arab. Program ini diharapkan bisa menjadi jembatan bagi kaum Muslimin, untuk dapat memahami dan mendalami keindahan Al Quran, melalui Bahasa Al Quran.

Visi : Membudayakan Al Quran dan Bahasa Arab

Misi : Menumbuhkan Kecintaan dan Kesadaran umat terhadap Al-Quran dan Bahasa Arab

Tujuan Program ADAB :

  • Merasakan kemukjizatan Al Quran
  • Menjadi sahabat Al Quran
  • Merasakan indahnya mengamalkan kandungan Al Quran dan Al Hadist
  • Meningkatkan kualitas keislaman umat Islam dengan memahami bahasa Al Quran
  • Memahami bahasa Al Quran dengan menggunakan mapping bahasa Arab secara mudah
  • Memahami Al Quran dan Al Hadist langsung dari sumbernya yang berbahasa Arab secara mudah
  • Menumbuhkan dan memelihara adab yang mulia sesuai tuntunan dari Al Quran dan Al Hadist

Sekilas Profile Founder ADAB :

founder-belajar-bahasa-arab-adab-firman-afifudin-saleh

Nama : Ust. Firman Afifudin Saleh, M.AG
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/22 Mei 1982
Agama : Islam
Status : Menikah, 4 anak
Pendidikan : S1 UPI Bandung, S2 UIN Bandung, S3 UIN Bandung
Moto Hidup : Hidupku hanya untuk beribadah. Pelajari Bahasa Al Quran rasakan kemukjizatannya

Pengalaman :

  1. Direktur Syaamil Arabic (s/d 2020)
  2. Owner Bandung Arabic Center (s/d sekarang)
  3. Dosen STIT At – Taqwa KAPD Bandung
  4. Founder Program ADAB (Al Quran dan Bahasa Arab)

7 Hal Ajaib Bagi Peserta ADAB :

Untuk meningkatkan kualitas, silaturahmi, interaksi, kompetitif, serta menjaga pemahaman terhadap materi, maka team ADAB memberikan fasilitas yang maksimal untuk peserta ADAB, yaitu berupa :

  1. LIVE Zoom setiap Kamis, kajian dilakukan secara daring dengan menggunakan media Zoom sebagai media kajian dari Group ADAB.
  2. Mendapatkan share materi Zoom, peserta akan mendapatkan atau share materi yang di bahas di pelatihan via zoom.
  3. Share materi tentang tadabbur ayat, member dari Group ADAB, akan selalu mendapatkan Share Materi Tadabur Ayat, sebagai bahan pembelajaran, yang bisa di pelajari atau diulang dari materi dimana saja.
  4. Quiz, setiap selesai materi maka setiap peserta akan dipersilahkan untuk mengikuti quiz secara online, dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman masing-masing peserta.
  5. Doorprize, setelah mengikuti quiz maka peserta yang menjadi juara 1 akan selalu mendapatkan doorprize mingguan.
  6. Link rekaman, jangan takut tertinggal dengan materinya, karena setiap peerta yang tergabung dalam grup ADAB akan bisa menyaksikan materi live zoomnya lewat link rekaman di Youtube.
  7. Diskusi & Pertanyaan, setiap peserta bisa bertanya di grup ADAB, dan akan langsung dijawab oleh para Asaatiidz.

Cara Mendaftar Program ADAB

  1. Share ke story WhatsApp dan 2 grup WA yang berbeda, jangan lupa discreenshot buktinya.
  2. Silahkan segera bergabung melalui link berikut >>> bit.ly/DaftarADAB, dengan melampirkan bukti screenshot diatas.
  3. Akses tautan bergabung dengan grup di akhir sesi formulir pendaftaran.
  4. Peserta akan masuk grup ADAB.
  5. Informasi selanjutnya akan diinfokan di grup ADAB.

Donasi Operasional & Pengembangan Dakwah Program ADAB

Bagi sahabat yang memiliki kelapangan rezeki, bisa turut berdonasi untuk operasional dan pengembangan dakwah program ADAB melalui rekening berikut ini :

Bank Mandiri Syariah
Cabang Bandung Setiabudi
Kode Bank 451
No. Rek 7136921047
Atas Nama : Firman Afifudin Saleh

Mohon setelah transfer konfirmasi via :

  1. Whatsapp ke nomor 081333908467 atau
  2. Pada tautan http://bit.ly/InfakAdab

Kontak Resmi Program ADAB (Al Quran dan Bahasa Arab) :

Berikut ini adalah informasi kontak resmi dari pengelola dan manajemen program ADAB :

Website : http://adabbandung.com

WhatsApp : 085157798630 / 085220521059

Youtube : youtube.com/channel/UC0lvfBSgUqZtXWv9JCpcaCQ

Instagram : adab.bandung


Demikianlah informasi tentang program Belajar Bahasa Arab Online Untuk Pemula – Kelas ADAB (Alquran dan Bahasa Arab). Harapannya semoga akan semakin banyak masyarakat yang bisa mempelajari bahasa arab, hingga mampu menumbuhkan kecintaan kita pada Al Quran.

Barakallaahu fiikum.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS ! E-book Kisah-kisah Shahih Dalam Al Quran> Download DISINI <
+ +