Doa Sebelum Belajar Dan Doa Sesudah Belajar

DOA SEBELUM BELAJAR DAN DOA SESUDAH BELAJAR. Sahabat Quran yang dimuliakan Allah SWT, menuntut ilmu merupakan kunci penting dalam kehidupan manusia dan menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Melalui ilmu, seseorang dapat mengembangkan potensi diri, memperoleh pengetahuan, dan menjadi pribadi yang berdaya guna bagi umat.

Saat menuntut ilmu setiap orang akan menjalani yang namanya proses belajar. Terdapat satu amalan yang tidak boleh dilupakan, yaitu berdoa sebelum belajar dan sesudah menjalani proses belajar ini, demikianlah tuntunan dalam agama Islam.

Doa sebelum belajar dan sesudah belajar memiliki makna dan manfaat yang luar biasa dalam membantu kesuksesan belajar dan menjadikan ilmu yang didapat menjadi bermanfaat dan mendatangkan keberkahan dalam kehidupan. Pria dan wanita, anak-anak hingga remaja dan dewasa sekalipun tidak ada batasan untuk menuntut ilmu, karena ini adalah perintah Allah SWT kepada hamba-Nya.

Kalau sahabat sekalian rajin membaca artikel tentang kisah para nabi, mulai dari nabi pertama sekaligus manusia pertama yang diciptakan Allah SWT, Nabi Adam a.s dan Siti Hawa, hingga nabi penutup yaitu junjungan kita Muhammad SAW. Bisa kita saksikan bahwa sejak awal mula manusia, yang merupakan hamba-hamba Allah SWT senantiasa diperintah untuk belajar.

Artikel ini akan membahas tentang lafadz niat doa sebelum belajar dan doa setelah belajar serta pentingnya doa-doa tersebut dalam aktifitas kehidupan sehari-hari, sebagaimana Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk selalu belajar atau menuntut ilmu,  baik ilmu agama maupun ilmu duniawi,  seperti dalam hadistnya yang diriwayatkan Baihaqi yang artinya :

“Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR. Al-Baihaqi)

dan celakalah bagi orang-orang yang tidak mau menuntut ilmu,

“Jadilah engkau orang berilmu, atau orang yang menuntut ilmu, atau orang yang mau mendengarkan ilmu, atau orang yang menyukai ilmu. Dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka” (HR. Al-Baihaqi). 

Oleh karenanya tanamkan sejak dini pada diri kita dan keluarga, untuk selalu mencintai ilmu. Dengan begitu maka semangat belajar dan keinginan untuk senantiasa mencari ilmu akan tumbuh dan terus berkembang dalam diri kita.

Islam sebagai agama penyempurna mengatur semua aspek kehidupan manusia. Termasuk didalamnya tentang menuntut ilmu ini. Ada adab ataupun etika ketika seseorang sedang belajar atau menuntut ilmu. Salah satunya yang paling utama adalah memanjatkan doa sebelum belajar maupun doa setelah belajar.

Berdoa sebelum belajar dan berdoa setelah belajar bertujuan agar ilmu yang dipelajari bisa kita terima dengan baik. Masuk kedalam pikiran dan dapat dimanfaatkan untuk kehidupan kita dan orang di sekitar kita. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Khairunnas anfa’uhum linnas”, 

Artinya,  Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang  paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (HR. Bukhari Muslim)

Lafadz Doa Sebelum Belajar & Doa Sesudah Belajar

Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kita amalkan, ketika kita akan memulai proses belajar dan sesudah selesai belajar.

Doa Sebelum Belajar

doa-sebelum-belajar-1

atau dapat juga membaca doa sebelum belajar berikut ini :

doa-sebelum-belajar-2

Doa Sebelum Belajar Mengaji

doa-sebelum-belajar-mengaji

Doa Sesudah Belajar

doa-sesudah-belajar-1

Dapat pula membaca doa sesudah belajar seperti di bawah ini :

doa-sesudah-belajar-2

Termasuk doa sesudah belajar yang satu ini juga dapat kita amalkan.

doa-sesudah-belajar-3

 

Adab Berdoa

Agar doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT,  maka islam mengatur tentang etika ataupun adab ketika berdoa. Beberapa adab saat berdoa adalah sebagai berikut :

  1. Mengawali doa dengan menyebut nama Allah dan memuji-Nya serta tidak menyebut langsung tujuan kita memohon
  2. Mengulang-ulang doanya minimal 3 kali,  tanpa jemu atau bosan
  3. Menghadap kiblat dngan perasaan penuh rasa takut dan rendah diri di hadapan Allah SWT sang penciptanya
  4. Mengangkat kedua tangan dan mengucapkan doa dengan suara lembut (tidak berteriak-teriak,  atau bersuara keras)
  5. Bertaubat dahulu sebelum berdoa untuk membersihkan dosa-dosa yang pernah kita lakukan
  6. Ucapkan kalimat doa dengan susunan kata yang sederhana,  dianjurkan memakai susunan kalimat doa yang berasal dari Rasulullah SAW serta doa-doa yang terdapat dalam Al-Quran
  7. Mengakhiri doa dengan bacaan sholawat kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan hamdalah.

Adab Belajar/Menuntut Ilmu

Seorang penuntut ilmu harus menghiasi dirinya dengan adab dan akhlak mulia. Dia harus mengamalkan ilmunya dengan menerapkan akhlak yang mulia, baik terhadap dirinya maupun kepada orang lain.

Berikut diantara adab-adab yang selayaknya diperhatikan ketika seseorang menuntut ilmu :

  1. Ikhlas semata karena Allah SWT. Ilmu yang kita sedang pelajari akan menjadi tidak bermanfaat seandainya kita mempelajarinya tidak dilandasi keikhlasan karena Allah semata.
  2. Senantiasa berdoa kepada Allah agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat
  3. Bersungguh-sungguh dalam belajar dan senantiasa haus akan ilmu
  4. Bertaqwa kepada Allah SWT dan menjauhkan diri dari dosa dan maksiat
  5. Tidak sombong dan malu ketika menuntut ilmu
  6. Simak dan dengarkan dengan baik pelajaran yang diberikan oleh guru pengajar
  7. Tidak berbicara yang tidak bermanfaat ketika sedang belajar
  8. Mencatat poin-poin penting dari pelajaran yang sedang dipelajari untuk memperkuat pengikatan ilmu
  9. Mengamalkan dan mendakwahkan ilmu yang sudah dipelajari

Jangan lewatkan Artikel : Kumpulan Doa-doa Harian

Manfaat dan Keutamaan Doa Sebelum Belajar dan Doa Setelah Belajar

Besar sekali manfaat yang bisa didapat seseorang yang sedang belajar menuntut ilmu dengan mengamalkan doa-doa diatas, diantaraya :

  1. Bentuk ibadah yang bernilai pahala. Dengan berdoa sebelum belajar, waktu yang seharusnya hanya dihabiskan untuk belajar juga menjadi ibadah. Hal ini memperluas makna ibadah dalam kehidupan sehari-hari dan membantu kita untuk selalu mengingat Allah dalam segala aspek kehidupan.
  2. Membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Ketika kita berdoa, pikiran kita menjadi lebih tenang dan terpusat pada tujuan belajar. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi belajar, karena pikiran yang tenang lebih mudah menyerap dan memproses informasi baru.
  3. Mengajarkan tentang pentingnya rendah hati dan menghindari sifat sombong. Ketika kita berdoa, kita mengakui bahwa segala ilmu dan pengetahuan berasal dari Tuhan. Ini membantu kita untuk tidak terjebak dalam kesombongan akibat kecerdasan atau prestasi belajar yang dimiliki.
  4. Menjadi sarana untuk meminta pertolongan Allah dalam menghadapi kesulitan belajar. Kadang-kadang, materi pelajaran yang dipelajari bisa sangat kompleks dan sulit dipahami. Dengan berdoa, kita memohon bantuan-Nya untuk memahami dan mengatasi kesulitan tersebut. Keberadaan-Nya sebagai Maha Pengasih dan Maha Mengetahui menjadi keyakinan bahwa kita tidak sendirian dalam perjuangan belajar.
  5. Mengajarkan tentang pentingnya bersyukur atas kesempatan untuk belajar. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengakses pendidikan, dan oleh karena itu, memiliki kesadaran akan berkahnya pendidikan adalah hal yang penting. Dengan rasa syukur ini, kita akan lebih termotivasi untuk belajar dengan giat dan memanfaatkan waktu belajar dengan sebaik-baiknya.
  6. Mencerminkan bahwa pendidikan bukan hanya tentang mencari ilmu pengetahuan semata, tetapi juga tentang membentuk karakter yang baik. Ketika berdoa, kita bisa memohon petunjuk agar ilmu yang kita peroleh tidak hanya berguna untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain dan membawa perubahan positif dalam masyarakat.

Dalam praktiknya, doa sebelum belajar dan sesudah belajar dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Beberapa orang lebih memilih untuk membaca doa tertentu, seperti yang telah disebutkan di atas, sebelum memulai proses belajar dan sesudahnya. Ada juga yang lebih memilih untuk berdoa dengan bahasa mereka sendiri, dengan kata-kata yang datang dari lubuk hati mereka.

Demikianlah beberapa doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar serta arti pentingnya yang bisa kita amalkan. Agar proses belajar kita berjalan dengan baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat jangan lupakan adab-adab ketika belajar dan adab sebelum kita berdoa.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1000 konten video Ramadhan Siap Pakai
This is default text for notification bar