MP3 Yasin Dan Manfaat Mendengarkan Murottalnya

MP3 YASIN DAN MANFAAT MENDENGARKAN MUROTTALNYA. Sahabat pembaca Pondok Islami, apakah sahabat termasuk orang yang senang mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran Surat Yasin atau murottal surat-surat Quran lainnya ? Baik yang berasal dari lantunan MP3 Yasin atau MP3 murottal surat-surat lainnya melalui HP, TV, radio ataupun Speaker Quran ?

mp3-yasin

Jika memang demikian, alhamdulillah, berarti sahabat-sahabat insya Allah akan mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT. Mengapa ? Karena Al Quran merupakan petunjuk dan rahmat bagi umat muslim dan seluruh manusia.

Oleh karenanya Allah SWT memerintahkan agar kita selalu mendengarkan dengan baik-baik, penuh perhatian serta tenang saat ayat-ayat Al Quran sedang dibacakan. Sebagaimana Allah SWT perintahkan kepada kita untuk mengagungkan dan menghormati Al Quran seperti disebutkan dalam surat Al-A’raf, ayat 7 yang artinya,

“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-A’raf : 7)

Nah, kemudian bagaimana jika kita mendengarkan Surat Yasin MP3-nya atau murottal quran lainnya dengan secara tidak langsung dari orang yang sedang membaca Al Quran, tetapi melalui media lain seperti kaset, TV, smartphone, speaker quran dan lain sebagainya ?

Menurut penjelasan ulama fiqih kontemporer, seperti ditulis pada laman bincangsyariah.com, mendengarkan bacaan Al Quran lewat rekaman akan mendapatkan pahala yang sama sebagaimana ketika mendengarkan bacaan Al Quran dari pembacanya langsung.

Sesungguhnya suara (Al Qur’an) yang direkam dalam kaset adalah bacaan Al Qur’an itu sendiri yang dilantunkan oleh pembacanya. Hukum merekamnyapun diperbolehkan karena tidak menyalahi syariat.

Bahkan faedahnya banyak, diantaranya, mendengarkan bacaan Al Qur’an serta mentadabburinya, mengajarkan orang lain untuk membaca yang benar bagi yang ingin belajar membaca, dan menghafal bagi yang ingin menghafal Al Qur’an. Bagi orang yang mendengar rekaman itu, juga mendapatkan pahala sebagaimana ketika mendengarkan bacaan Al Qur’an dari pembacanya secara langsung.

Dari keterangan di atas dapat kita pahami bahwa mendengarkan rekaman bacaan Al Quran tetap akan mendatangkan pahala dan keberkahan. Pahala dan keberkahan itu didapat bahkan untuk keduanya, sang pemilik suara dalam rekaman tersebut dan juga yang mendengarkan suara rekamannya.

Sang pemilik suara rekaman telah beramal saleh melalui rekamannya, sebab darinya banyak orang mendapatkan keberkahan. Sedangkan orang yang mendengarkan juga membawa keberkahan pada dirinya, sebab dengan mendengarkan rekaman Al Qur’an tersebut ia tidak terlalaikan dan bisa mengikuti lantunan ayat perayat secara perlahan

Berbahagialah sahabat-sahabat pembaca yang selalu rutin mendengarkan lantunan bacaan murottal Al Quran! Selanjutnya, pembahasan berikut di bawah ini, kita akan bahas tentang manfaat mendengarkan surat Yasin dan surat-surat Al-Quran lainnya.

MP3 Yasin dan Manfaat Mendengarkannya

Mendengarkan murottal Al-Quran dapat membuat hati tenang dan pikiran menjadi rileks. Al-Quran memanglah obat bagi setiap manusia dan semua makhluk ciptaan Allah.

Karena itu, mendengarkan Al-Quran harusnya menjadi kebiasaan kaum Muslimin. Bahkan Rasulullah SAW sering meminta Sahabat untuk membacakan Al-Quran dan beliau mendengarkannya, bahkan sambil menangis.

Sekarang mendengarkan Al-Quran sangat mudah. Banyak tersedia murottal 30 juz dalam bentuk MP3 baik per surat, seperti Surat Yasin MP3, Al-Baqarah, serta MP3 per juz, hingga MP3 per halaman pun ada. Bagi Anda yang ingin mendapatkan banyak pahala, zaman sekarang banyak sarana pendukung agar Anda mendapatkan pahala dari mendengarkan Al-Quran.

Kami akan mengulas manfaat jika Anda mendengarkan surat Yasin dan surat-surat Al-Quran lainnya agar Anda semakin semangat dalam mendengarkan Al-Quran.

Berikut diantaranya :

  • Al-Quran Akan Memberi Syafaat Pada Hari Kiamat

Ketika Anda membaca Al-Quran, maka Al-Quran akan memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada orang yang membaca dan mengamalkan isinya. Jika Anda sering mendengar atau memutar Surat Yasin MP3, Al-Baqarah, dan surat lainnya maka lama-lama Anda akan hafal surat tersebut dengan sendirinya.

Ketika Anda mengikuti bacaan murottal, sama saja Anda sedang membaca Al-Quran sehingga Anda juga bisa mendapatkan syafaat dari Al-Quran, insyaAllah.

  • Menjadi Sebaik-sebaik Manusia

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.  Ketika Anda membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid dan mengajarkannya dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah swt serta mengamalkan hukum, adab, dan akhlak yang terdapat di dalam Al-Quran, maka Anda akan menjadi sebaik-baik manusia.

Nah, mendengarkan MP3 Yasin, Al-Baqarah, maupun murottal lainnya akan membantu Anda dalam membaca Al-Quran sesuai tajwid karena qori pada murottal-murottal Al-Quran memang membaca dengan tajwid yang benar yakni makhraj-nya tepat, panjang pendeknya tepat, dan bacaan murottal para qori patut dijadikan contoh.

  • Bersama Malaikat Di Akhirat

Siapa yang tidak mau bersama malaikat di akhirat? Setiap orang pasti mau. Ketika Anda mendengarkan MP3 Yasin, Al-Baqarah, maupun surat-surat lainnya, maka secara tidak langsung Anda akan mengikuti bacaan murottal tersebut.

Anda pasti mengakui bahwa bacaan qori di murottal memiliki suara yang indah dan enak didengar. Anda pun pasti betah berlama-lama mendengarkannya. Nah, jika Anda sering mendengarkan murottal, maka lama kelamaan Anda akan mengikuti bacaan qori yang indah tersebut.

Keutamaan orang yang membaguskan suara ketika membaca Al-Quran serta baik dalam bacaannya, mereka akan berkumpul bersama malaikat di akhirat. Sementara jika orang tersebut masih terbata-bata, maka ia akan mendapatkan dua pahala, yakni satu pahala untuk bacaannya dan satu pahala untuk usahanya.

Kaum Muslimin diperbolehkan membaguskan suara ketika membaca Al-Quran dan melagukannya asalkan tidak mengubah bacaan Al-Quran, contohnya menambahkan huruf atau mengurangi huruf karena hal tersebut dapat mengubah arti terjemah Al-Quran.

Nabi Muhammad SAW pun memiliki suara yang indah ketika membaca Al-Quran. Hal ini menjadi bukti bahwa Allah swt telah menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang sempurna. Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan agar umatnya membaca Al-Quran dengan suara yang indah karena bacaan yang indah dapat membuat Al-Quran semakin indah dan menyentuh hati.

  • Mendapatkan Kedudukan Yang Tinggi Di Sisi Allah

Orang yang membaca, memahami, menghafal, dan mengamalkan isi  Al-Quran maka ia akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT dan di sisi manusia. Sedangkan orang yang mengabaikan Al-Quran, maka ia termasuk orang yang rugi di dunia maupun di akhirat.

Jika Anda sering mendengarkan atau memutar MP3 Yasin, Al-Baqarah, maupun murottal surat-surat lainnya dan Anda niatkan untuk mendapatkan ridha Allah, maka insyaAllah Anda akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah karena Anda telah mendengarkan dan menghafal surat-surat dalam Al-Quran melalui murottal MP3.

  • Mendapatkan Pahala Yang Berlipat Ganda

Membaca satu huruf dalam Al-Quran maka akan dibalas Allah SWT dengan satu kebaikan dan kebaikan itu akan dilipatkan menjadi pahala sepuluh kali lipat. Bayangkan! Anda sedang mendengarkan MP3 Yasin lalu Anda mengikuti murotal tersebut dan ikut membaca Yasin maka Anda sudah mendapatkan berlipat-lipat pahala.

Bagaimana jika Anda sering mendengar MP3 Yasin dan Anda mengikuti bacaan murottal tersebut? Berapa pahala yang akan Anda dapatkan? MasyaAllah, rahmat Allah benar-benar luas bagi kita semua.

  • Dipenuhi Kebaikan Yang Berlimpah

Anda setiap hari mendengarkan MP3 Yasin, Al-Baqarah, maupun surat-surat lainnya maka otomatis Anda akan ikut menghafal Al-Quran. Jangan lupa niatkan mendengarkan murottal untuk menghafal Al-Quran karena Allah SWT.

Orang yang menghafal Al-Quran akan dipenuhi oleh kebaikan yang melimpah sementara orang yang tidak memiliki hafalan sedikit pun dalam dirinya bagaikan rumah yang kosong tak berpenghuni.

Bayangkan seperti apa rumah yang kosong tersebut. Rumah yang kosong biasanya kotor, rapuh, banyak binatang menjijikkan, gelap, dan banyak jamurnya. Sementara jika Anda setiap hari mendengarkan murottal maka hati Anda akan dijaga oleh Allah dan rahmat Allah mengalir pada diri Anda, insyaAllah.

  • Allah Memerintahkan Untuk Menghafal Al-Quran Dan Tidak Melupakannya

Mendengarkan murotal MP3 Yasin, Al-Baqarah, dan surat-surat lainnya adalah salah satu cara untuk menjaga hafalan Al-Quran. Orang yang telah hafal Al-Quran lalu membacanya berulang-ulang maka hafalan tersebut akan tertancap kuat di hatinya.

Ketika Anda sudah hafal surat dalam Al-Quran dan tidak pernah mengulanginya, hafalan tersebut akan cepat hilang. Mendengarkan murottal adalah salah satu cara menjaga hafalan Anda dan jangan lupa untuk terus berinteraksi dengan Al-Quran.

Murottal MP3 Surat Lain

Selain keutamaan membaca surat Yasin, ada banyak murottal surat yang dapat Anda dengarkan. Simak daftar surat-surat dalam Al-Quran yang sebaiknya Anda dengarkan dan hafalkan.

  1. Surat Al-Kahfi

Mendengarkan murottal Al-Kahfi sampai hafal 10 ayat pertama maka Anda akan terhindar dan terlindungi dari kejahatan fitnah Dajjal, insyaAllah.

Munculnya Dajjal adalah bencana besar bagi umat manusia. Dajjal mengaku sebagai Tuhan. Dajjal memiliki kemampuan di luar batas kemampuan manusia. Karena itu setiap Nabi selalu memperingatkan umatnya tentang kejahatan Dajjal.

Pernah pula dikisahkan pada zaman Nabi Muhammad saw ada seorang laki-laki yang membaca surat Al-Kahfi lalu awan datang menaunginya. Itulah bentuk ketenangan ketika seseorang membaca Al-Quran.

  • Surat Al-Mulk

Umat muslim dianjurkan untuk membaca surat Al-Mulk. Karena itu, mendengarkan murottal Al-Mulk setiap hari dapat membuat Anda lebih mudah menghafal surat Al-Mulk.

Pada hari kiamat, surat Al-Mulk dapat memberi syafaat kepada orang yang membacanya saat di dunia sehingga di akhirat orang tersebut diampuni oleh Allah swt.

Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur juga dapat meringankan manusia dari azab kubur, dengan izin Allah. MasyaAllah, marilah kita berlomba-lomba membaca, mendengarkan, dan menghafal surat Al-Mulk.

Banyak sekali, kan manfaat mendengarkan murottal Al-Quran? Semoga Anda selalu diberi Allah SWT keberkahan dan keistiqomahan untuk mendengarkan murottal MP3 Yasin dan surat-surat lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bikin Video Cerita Anak Dengan Mudah
This is default text for notification bar