Download Surah Al Kahfi MP3 Qori Timur Tengah dan Indonesia

Template Gratis
download-murottal-surah-al-kahfi-mp3

DOWNLOAD SURAH AL KAHFI MP3 QORI TIMUR TENGAH DAN INDONESIA. Sahabat quran pembaca setia Pondok Islami, untuk postingan kali ini penulis ingin berbagi link dari file-file MP3 murottal Surah Al Kahfi, yang dilantunkan berbagai qori terkenal dari Timur Tengah dan Indonesia.

Insya allah akan melengkapi sharing kami dari postingan-postingan sebelumnya, untuk murottal surat-surat dalam Al Quran, yang sering / umum di bacakan, baik secara pribadi dalam keseharian ibadah sahabat semua, ataupun dalam acara-acara pengajian, seperti Surat Al-Waqiah, Surat Yasin, Ayat Kursi dan sebagainya.

Sebelum sahabat mendownload pilihan murottal Surah Al Kahfi dari qori pilihan sahabat, yuk sejenak kita tadaburi informasi dan fadhilah dari Surat Al Kahfi ini.

TENTANG SURAH AL KAHFI

Surah Al Kahfi, memiliki arti secara lughoh (bahasa) yaitu “Gua”. Selain itu juga memiliki nama lain sebagai surat yang bercerita tentang kisah Ashabul Kahfi (penghuni-penghuni gua).

Nama tersebut di ambil dari kisah yang terdapat dalam ayat 9 sampai ayat 26 Surah Al Kahfi, yang bercerita tentang segelintir pemuda sholeh yang hidup di jaman kekuasaan Raja Diqyanus di Romawi.

Jaman itu adalah jaman di mana banyak orang-orang yang menyembah berhala sebagai tuhan mereka, karena perintah dari Raja Diqyanus. Apabila mereka menuruti perintah sang Raja, maka mereka akan dijanjikan kehidupan yang layak. Sementara yang menolak akan ditangkap dan dibunuh.

Sekelompok pemuda ini adalah, mereka yang masih menjaga kemurnian ajaran Allah SWT, dan tidak mau ikut menyembah berhala seperti perintah Raja Digyanus. Untuk itu mereka memutuskan menyelamatkan diri dan keimanan mereka dengan keluar dari kota mereka dan bersembunyi di dalam gua.

Raja Diqyanus yang akhirnya mengetahui tindakan para pemuda tersebut, kemudian mengirimkan pasukan untuk mencari mereka dan akhirnya menemukan mereka tertidur dalam gua. Kemudian Raja menyuruh pasukannya untuk menutup gua tersebut rapat-rapat agar para pemuda tersebut mati di dalamnya.

Akan tetapi skenario Allah berbeda, dengan kekuasaan-Nya, para pemuda tersebut ditidurkan selama 309 tahun lamanya, tanpa para pemuda itu sadari. Hingga suatu ketika mereka terbangun, dan mendapati kenyataan bahwa mereka sudah tertidur hingga 309 tahun lamanya.

Keadaan negeri sudah berubah, Raja yang zalim dan murtad sudah tiada. Dari situlah Allah menunjukkan kekuasaan kepada hambaNya. Allah jaga kesholehan mereka, dengan menidurkannya selama ratusan tahun hingga kemudian Allah bangkitkan kembali dari tidur mereka.

Kisah Ashabul Kahfi ini menjadi bukti akan kekuasaan Allah dalam mengatur kehidupan. Allahlah yang membuat mereka tertidur, dan Allah juga yang membangkitkan yang hidup dari yang mati.

Merupakan surat ke-18 dari susunan surat dalam Al Quran, yang terbagi menjadi dua juz, yaitu ayat 1 hingga 74 masuk dalam juz 15, dan ayat 75 hingga 110 dalam juz 16. Total ayat yang ada dalam Surah Al Kahfi adalah sebanyak 110 ayat.

Masuk dalam kategori surat Makkiyah, yaitu surat-surat yang diturunkan saat Nabi Muhammad SAW berada di Mekkah sebelum peristiwa hijrah ke Madinah.

KANDUNGAN SURAH AL KAHFI

Surah Al Kahfi mencakup beberapa isi bahasan yang harus umat Islam pelajari dan telaah, sebagai bekal dalam menjalani kehidupan kita di dunia ini.

Beberapa diantaranya yaitu tentang Al Quran sebagai penunjuk jalan yang lurus, kisah para penghuni gua, kisah ujian terhadap keimanan/agama (ashabul Kahfi), penciptaan alam semesta, rahmat Allah di hari akhir, kewajiban untuk senantiasa bersabar dalam berdakwah, balasan terhadap kaum yang beriman, kisah Musa dan Khidir, kisah Dzulkarnain, ancaman terhadap kaum kafir, dan lain sebagainya.

Masih banyak sebenarnya kandungan bahasan lain yang terdapat surah Al Kahfi, akan tetapi beberapa yang telah disebutkan di atas sudah cukup untuk menjadi bahan renungan bagi sahabat semua, untuk diambil hikmah dan pelajarannya bagi kehidupan saat ini.

KEUTAMAAN SURAH AL KAHFI

Surah Al Kahfi memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri bagi siapapun yang rutin membaca / menghafalkannya. Keutamaan dan fadhillah yang didapat jika rutin dan istiqamah menjalankannya, akan sangat bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Berikut ini adalah dua rutinitas ibadah terkait dengan Surah Al Kahfi yang sangat dianjurkan untuk diamalkan, beserta keutamaannya dan penjelasan / keterangannya dalil yang menguatkannya.

Membaca Surah Al Kahfi Setiap Malam Jumat / Hari Jumat

Membaca dan mempelajari Al Quran merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan bagi seluruh umat Islam. Bahkan beberapa surat tertentu dalam Al Quran, memiliki fadillah atau keutamaan yang akan mendatangkan pahala istimewa bagi yang istiqamah membacanya.

Jika membaca surah Al Kahfi pada malam Jum’at atau di hari Jum’at maka siapa yang membacanya akan disinari oleh cahaya, dari satu hari Jum’at ke hari Jum’at berikutnya.

Dalam hadist yang diriwayatkan An-Nasa’i dan Baihaqi, Nabi Muhammad bersabda,

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

Menghafal 10 Ayat Pertama Atau 10 Ayat Terakhir Surah Al Kahfi

Keutamaan kedua dari Surah Al Kahfi yang sangat istimewa adalah jika menghafalkan 10 ayat pertama, ataupun 10 ayat terakhir, maka kelak akan mampu melindungi kita dari fitnah Dajjal, yang akan menjerumuskan kita kedalam neraka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bersabda. Dari Abu Darda’ r.a,

“Barangsiapa menghafal 10 ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal” Dan di dalam riwayat lain disebutkan: “(sepuluh ayat terakhir) dari surat Al-Kahfi.” (HR. Muslim nomor 809)

SURAH AL KAHFI AYAT 1-10

Berikut kutipan surah Al Kahfi ayat 1-10

Surah Al Kahfi Ayat 1 – 10 Tulisan Arab & Terjemahannya

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا

1. Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al kitab (Al-Quran) dan Dia tidak Mengadakan kebengkokan di dalamnya;

قَيِّمًا لِّيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيْدًا مِّنْ لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا حَسَنًاۙ

2. Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik,

مَّاكِثِيْنَ فِيْهِ اَبَدًاۙ

3. Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

وَّيُنْذِرَ الَّذِيْنَ قَالُوا اتَّخَذَ اللّٰهُ وَلَدًاۖ

4. Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: “Allah mengambil seorang anak.”

مَّا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ وَّلَا لِاٰبَاۤىِٕهِمْۗ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْۗ اِنْ يَّقُوْلُوْنَ اِلَّا كَذِبًا

5. Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.

فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّفْسَكَ عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ اِنْ لَّمْ يُؤْمِنُوْا بِهٰذَا الْحَدِيْثِ اَسَفًا

6. Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, Sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran).

اِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْاَرْضِ زِيْنَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ اَيُّهُمْ اَحْسَنُ عَمَلً

7. Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya.

وَاِنَّا لَجَاعِلُوْنَ مَا عَلَيْهَا صَعِيْدًا جُرُزًاۗ

8. dan Sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus.

اَمْ حَسِبْتَ اَنَّ اَصْحٰبَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيْمِ كَانُوْا مِنْ اٰيٰتِنَا عَجَبًا

9. atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka Termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan?

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

10. (ingatlah) tatkala Para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada Kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi Kami petunjuk yang Lurus dalam urusan Kami (ini).”

Surah Al Kahfi Ayat 1 – 10 Tulisan latin

1. Al hamdu lillahil-ladzii anzala ‘alaa ‘abdihil kitaaba wa lam yaj’al  lahuu ‘iwajaa  
2. Qayyiman liyundzira ba’san syadiidan min ladunhu wa yubasy-syiral mu’miniinal-ladziina ya’maluunash-shaalihaati anna lahum ajran hasanaa(n)
3. Maakitsiina fiihi abadaa(n) 
4. Wa yundziral-ladziina qaaluut-takhadzallahu waladaa(n)  
5. Maa lahum bihii min ‘ilmin walaa li-aabaa-ihim kaburat kalimatan takhruju min afwaahihim in yaquuluuna illaa kadzibaa(n)  
6. Fala’allaka baakhi’un nafsaka ‘alaa aatsaarihim in lam yu`minuu bihaadzaal hadiitsi asafaa(n)  
7. Innaa ja’alnaa maa ‘alal ardhi ziinatan lahaa linabluwahum ayyuhum ahsanu ‘amalaa(n) 
8. Wa innaa lajaa’iluuna maa ‘alaihaa sha’iidan juruzaa(n)  
9. Am hasibta anna ashhaabal kahfi warraqiimi kaanuu min aayaatinaa ‘ajabaa(n)  
10. Idz awal fityatu ilal kahfi faqaaluuu rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyi`lanaa min amrinaa rasyadaa(n) 

SURAH AL KAHFI AYAT 10 TERAKHIR

Berikut 10 ayat terakhir Surah Al Kahfi

Surat Al Kahfi Ayat 101 – 110 Tulisan Arab dan Terjamahannya

ۨالَّذِيْنَ كَانَتْ اَعْيُنُهُمْ فِيْ غِطَاۤءٍ عَنْ ذِكْرِيْ وَكَانُوْا لَا يَسْتَطِيْعُوْنَ سَمْعًا

101. (yaitu) orang yang mata (hati)nya dalam keadaan tertutup (tidak mampu) dari memperhatikan tanda-tanda (kebesaran)-Ku, dan mereka tidak sanggup mendengar.

اَفَحَسِبَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنْ يَّتَّخِذُوْا عِبَادِيْ مِنْ دُوْنِيْٓ اَوْلِيَاۤءَ ۗاِنَّآ اَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكٰفِرِيْنَ نُزُلً

102. Maka apakah orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sungguh, Kami telah menyediakan (neraka) Jahanam sebagai tempat tinggal bagi orang-orang kafir.

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْاَخْسَرِيْنَ اَعْمَالًا ۗ

103. Katakanlah (Muhammad), “Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang yang paling rugi perbuatannya?”

اَلَّذِيْنَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُوْنَ اَنَّهُمْ يُحْسِنُوْنَ صُنْعًا

104. (Yaitu) orang yang sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya.

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِ رَبِّهِمْ وَلِقَاۤىِٕهٖ فَحَبِطَتْ اَعْمَالُهُمْ فَلَا نُقِيْمُ لَهُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَزْنًا

105. Mereka itu adalah orang yang mengingkari ayat-ayat Tuhan mereka dan (tidak percaya) terhadap pertemuan dengan-Nya. Maka sia-sia amal mereka, dan Kami tidak memberikan penimbangan terhadap (amal) mereka pada hari Kiamat.

ذٰلِكَ جَزَاۤؤُهُمْ جَهَنَّمُ بِمَا كَفَرُوْا وَاتَّخَذُوْٓا اٰيٰتِيْ وَرُسُلِيْ هُزُوًا

106. Demikianlah, balasan mereka itu neraka Jahanam, karena kekafiran mereka, dan karena mereka menjadikan ayat-ayat-Ku dan rasul-rasul-Ku sebagai bahan olok-olok.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنّٰتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا ۙ

107. Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal,

خٰلِدِيْنَ فِيْهَا لَا يَبْغُوْنَ عَنْهَا حِوَلًا

108. mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin pindah dari sana.

قُلْ لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمٰتِ رَبِّيْ لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ اَنْ تَنْفَدَ كَلِمٰتُ رَبِّيْ وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهٖ مَدَدًا

109. Katakanlah (Muhammad), “Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).”

قُلْ اِنَّمَآ اَنَا۠ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوْحٰٓى اِلَيَّ اَنَّمَآ اِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌۚ فَمَنْ كَانَ يَرْجُوْا لِقَاۤءَ رَبِّهٖ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَّلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهٖٓ اَحَدًا

110. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang telah menerima wahyu, bahwa sesungguhnya Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa.” Maka barangsiapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan dan janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada Tuhannya.”

Surah Al Kahfi Ayat 101 – 110 Tulisan Latin

101. Allażīna kānat a'yunuhum fī giṭā`in 'an żikrī wa kānụ lā yastaṭī'ụna sam'ā 
102. A fa ḥasiballażīna kafarū ay yattakhiżụ 'ibādī min dụnī auliyā`, innā a'tadnā jahannama lil-kāfirīna nuzulā 
103. Qul hal nunabbi`ukum bil-akhsarīna a'mālā 
104. Allażīna ḍalla sa'yuhum fil-ḥayātid-dun-yā wa hum yaḥsabụna annahum yuḥsinụna ṣun'ā 
105. Ulā`ikallażīna kafarụ bi`āyāti rabbihim wa liqā`ihī fa ḥabiṭat a'māluhum fa lā nuqīmu lahum yaumal-qiyāmati waznā 
106. Zālika jazā`uhum jahannamu bimā kafarụ wattakhażū āyātī wa rusulī huzuwā
107. Innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti kānat lahum jannātul-firdausi nuzulā
108. Khālidīna fīhā lā yabgụna 'an-hā ḥiwalā 
109. Qul lau kānal-baḥru midādal likalimāti rabbī lanafidal-baḥru qabla an tanfada kalimātu rabbī walau ji`nā bimiṡlihī madadā 
110. Qul innamā ana basyarum miṡlukum yụḥā ilayya annamā ilāhukum ilāhuw wāḥid, fa mang kāna yarjụ liqā`a rabbihī falya'mal 'amalan ṣāliḥaw wa lā yusyrik bi'ibādati rabbihī aḥadā  

DOWNLOAD SURAH AL KAHFI MP3 LENGKAP

Berikut ini link download dari murottal Surah Al Kahfi lengkap dalam format MP3. Link file murottal MP3 ini kami sertakan cukup lengkap untuk sahabat-sahabat dengarkan dan donlot sebagai koleksi.

Tidak hanya dari qori timur tengah, yang sudah sangat dikenal oleh sahabat-sahabat pondok islami, seperti Abdurrahman As Sudais, Muhammad Thaha, Misyari Rasyid, Saad Al Ghamidi, dan lainnya, tetapi juga qori-qori lokal (Indonesia) terkenal seperti H. Muammar ZA, Muzammil hasballah, Taqy Malik dan Salim Bahanan juga tersedia.

Silahkan klik pada nama qori untuk mendonlotnya.

Qori Timur Tengah

Surah Al Kahfi qori Abdullah Bashfar
Surah Al Kahfi qori Ahmad Misbahi
Surah Al Kahfi qori Abdus Shamad
Surah Al Kahfi qori Saad Al Ghamidi
Surah Al Kahfi qori Muhammad Al Khusairi
Surah Al Kahfi qori Muhammad Al Qatami
Surah Al Kahfi qori Muhammad Ali Jabir
Surah Al Kahfi qori Abdurrahman As Sudaish
Surah Al Kahfi qori Khalifah At Tunaiji
Surah Al Kahfi qori Mishari Rashid
Surah Al Kahfi qori Maher Al Muaiqly
Surah Al Kahfi qori Hani Ar Rifai
Surah Al Kahfi qori Abdullah Al Matrood
Surah Al Kahfi qori Muhammad Thaha

Qori Lokal Indonesia

Surah Al Kahfi qori Muammar ZA
Surah Al Kahfi qori Muzammil Hasballah
Surah Al Kahfi qori Taqy Malik
Surah Al Kahfi qori Salim Bahanan

Demikianlah sahabat pondok islami, artikel tentang Download Surah Al Kahfi MP3 Qori Timur Tengah dan Indonesia gratis, dalam format MP3. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

Untuk mendengarkan dan mendownload file murotal AlQuran 30 juz MP3 lengkap dari qori timur tengah lainnya, seperti Syaikh Abdurrahman As-Sudaish, Mishary Rashid, dan lain-lain atau qori Indonesia seperti Muzammil HasballahKH Muammar Z.A dan lainya, silahkan kunjungi halaman Murotal Al Quran 30 Juz MP3.

Salam.

Ingin mudah menghafal Al Quran dan menyenangkan ?

Silahkan klik disini untuk mendapatkan info tentang

Speaker Quran Al-Akram!

1 thought on “Download Surah Al Kahfi MP3 Qori Timur Tengah dan Indonesia”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Strategi Melepaskan Diri Dari Jerat RibaGRATIS
+ +