Contoh Iklan Promosi Yang Akan Dilirik Target Pasar

CONTOH IKLAN PROMOSI YANG AKAN DILIRIK TARGET PASAR. Sahabat pembaca Pondok Islami, jika sahabat berkecimpung dalam dunia penjualan, tentu memahami pentingnya promosi. Tanpa promosi maka produk yang dijual tidak akan bisa sampai informasinya pada target pasarnya.

Permasalah yang sering timbul, biasanya adalah bagaimana cara melakukan promosi yang menjual, alias iklan promosi yang dibuat, bisa dibaca atau dilihat target pasarnya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara beserta contoh iklan promosi yang bisa membuat target pasar melirik iklan promosi yang telah dibuat.

Pembahasan khusus untuk iklan promosi yang berupa kata-kata promosi atau biasa dikenal juga dengan istilah copywriting beserta contoh copywriting-nya.

GUNAKAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK

Untuk membuat orang atau target pasar melirik iklan promosi yang kita buat, salah satu caranya adalah dengan membangun atau menunjukkan persepsi yang baik terhadap produk yang akan kita jual. Misalnya persepsi tentang kualitas produk.

Salah satu faktor yang membuat orang mau membeli sebuah produk adalah karena kualitasnya. Jika suatu produk berkualitas, maka akan menjadi daya pikat yang signifikan bagi calon pembeli.

Begitu pula sebaliknya, jika kualitas produknya kurang, maka akan menjadi penyebab calon pembeli kurang tertarik. Oleh karenanya, saat berjualan sangat penting untuk mengetahui cara jualan online laris dengan membuat calon pembeli memiliki persepsi yang baik dari kualitas produk yang sedang dipromosikan.

Jika calon pembeli menganggap produk yang sedang ditawarkan biasa-biasa saja, bisa dipastikan iklan promosi yang sedang ditayangkan akan dilewatkan begitu saja. Jadi bagaimana caranya agar iklan promosi yang sedang dijalankan bisa dilirik oleh calon pembeli atau target pasar ?

Salah satunya dengan cara membuat mereka tahu dan paham tentang kualitas produk yang sedang dipromosikan ? Teknik yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan imbuhan “Ter-” atau “Paling-” pada iklan promosi yang akan ditayangkan.

Tepatnya iklan promosinya harus diotak-atik dengan menempatkan imbuhan kata “Ter-” atau “Paling-” yang tepat.

Contoh :

  • Tools ini adalah cara promosi WhatsApp tercepat yang bisa mengirim pesan WhatsApp ke ribuan orang sekaligus.
  • Kami selalu memastikan kalau bahan makanan yang digunakan di restoran kami adalah bahan-bahan terbaik.
  • Cara termudah tambah penghasilan adalah dengan menjadi Agen entrepreneurID karena produknya sudah disiapkan dan cara jualannya juga diajarkan.
  • Ini adalah krim malam dengan kandungan paling lengkap karena ada antioksidan untuk menangkal radikal bebas, retinol untuk menghilangkan noda gelap dan memperbaiki kulit yang kasar, serta Alpha Hydroxy Acid untuk memperbaiki kolagen yang mencegah penuaan kulit.

Secara umum, saat mendapatkan sebuah penawaran, maka otak manusia akan cenderung melakukan perbandingan dengan penawaran yang lain, untuk mencari pilihan terbaik. Melalui teknik di atas, maka bisa membuat orang yang sedang membaca iklan promosi tersebut, menganggap bahwa produk yang sedang ditawarkan memiliki kualitas tinggi.

Hal ini tentu akan memperbesar peluang produk tersebut dipilih oleh calon pembeli yang membaca iklan promosi tersebut. Intinya, jika produk dianggap berkualitas, maka akan membuat calon pembeli lebih tertarik untuk membelinya.

CONTOH IKLAN PROMOSI MENGGUNAKAN ARAH MOTIVASI

Saat promosi, tentu kita ingin dapat respon positif dari calon pembeli kan? Nah, untuk bisa seperti itu, maka kuncinya ada pada iklan promosi kita. Berikut ini adalah cara yang bisa digunakan untuk memancing respon target pasar kita.

Dalam ilmu menulis iklan promosi cara untuk memancing respon pembaca iklan kita, yaitu dengan memasukkan ARAH MOTIVASI ke dalam iklan promosi.

Apa itu arah motivasi? Sederhananya arah motivasi adalah hal yang membuat manusia termotivasi. Saat seseorang termotivasi, maka mereka akan melakukan sesuatu.

Nah, arah motivasi manusia itu ada 2 hal, yaitu :

  1. Mengejar Kenikmatan (Pleassure)
  2. Menghindari Rasa Sakit (Pain)

Ya, manusia akan melakukan sesuatu ketika mereka mengejar pleassure atau menghindari pain. Lalu bagaimana penerapannya dalam menulis iklan promosi ?

Caranya dengan mengimingi-imingi pleassure atau menakut-nakuti dengan pain. Bahasa mudahnya, dalam iklan promosi harus ada sesuatu yang menjelaskan :

  • Apa yang akan pembaca dapatkan ketika mereka segera merespon iklannya
  • Atau apa kerugian yang akan ditanggung pembaca jika tidak segera merespon iklannya

Contoh iklan promosi dengan pleassure seperti ini :

“Pesan sekarang, untuk segera dapatkan bonus spesialnya”

Contoh iklan promosi dengan pain seperti berikut :

Kesempatan potongan harga hanya sampai jam 12 siang ini, atau siap-siap beli produknya dengan harga lebih mahal”

Nah sedikit tambahan, agar iklan promosi banyak direspon, maka jangan hanya menggunakan pleassure dan pain saja. Tapi hubungkan pleassure atau pain dengan HIDUP target pasar.

Pada dasarnya seseorang tidak peduli dengan sesuatu yang tidak berhubungan dengan kehidupannya. Kalau tidak ada pengaruh terhadap kehidupan, maka penawaran kita rentan untuk diabaikan dan dicueki.

Jadi mulai sekarang, tulislah sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan pembacanya. Caranya seperti apa? Sahabat-sahabat bisa gunakan pola/rumus seperti di bawah ini :

“Segera miliki (Nama Produk) (untuk bisa mendapatkan pleassure), sehingga (sesuatu yang berhubungan dengan kehidupannya)”

Atau bisa juga pola/rumus ini :

“Segera miliki (Nama Produk) (untuk bisa menghindari pain), sehingga (sesuatu yang berhubungan dengan kehidupannya)”

Contoh iklan promosinya :

“Segera miliki Beauty Serum dari Cosmos Kosmetik untuk bisa mendapatkan kulit cerah dan halus, sehingga Anda makin disayang suami”

” Segera ikut Kelas Online Copywriting agar Anda tidak punya masalah lagi dalam menulis iklan, sehingga bisnis Anda mudah dapat pembeli”

Jadi, jangan hanya sebutkan pleassure dan painnya, tapi tambahkan kalimat yang berhubungan dengan kehidupan pembacanya. Dengan begitu, pembaca lebih tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

CONTOH IKLAN PROMOSI MENGGUNAKAN HEADLINE

Berbicara tentang iklan promosi, sahabat-sahabat harus paham bahwa penawaran sebagus apapun akan percuma kalau tidak dibaca oleh target pasarnya. Kalau tidak dibaca, maka iklan promosi kita akan dilewatkan gitu aja.

Salah satu cara mensiasatinya adalah dengan mencantumkan HEADLINE di iklan promosi kita. Apa itu headline?

Pengertian sederhananya, headline adalah judul iklan yang tugasnya membuat orang lain mau baca iklan kita. Dalam menulis headline ini, kita tidak bisa asal-asalan.

Berikut ini adalah 10 rumus praktis dalam menulis headline iklan promosi. Dengan menggunakan rumus ini, maka insyaAllah akan lebih banyak orang yang baca iklan promosinya sahabat-sahabat semua.

Jadi saat menulis headline, sahabat bisa menggunakan 10 rumus praktis berikut ini :

  1. Bagaimana (Hal yang paling diinginkan Calon Pembeli) tanpa (Hambatan yang sedang dirasakan Calon Pembeli)
  2. Sekarang Anda bisa (Hal yang paling diinginkan Calon Pembeli) sambil (Kemudahan yang Anda tawarkan)
  3. (Angka) orang sudah (Hal yang Anda ingin Calon pembeli lakukan), siapa lagi yang mau (Hal yang paling diinginkan Calon Pembeli)?
  4. Untuk Anda yang (Impian yang dimiliki calon pembeli)
  5. Hanya (Kemudahan yang Anda tawarkan) bisa (hal yang paling diinginkan calon pembeli)
  6. Jangan (Aktivitas rutin yang biasa dilakukan konsumen) sebelum (Sugesti)
  7. Cara Saya (Impian yang dimiliki calon pembeli) yang bisa Anda tiru
  8. Sudah (Hal yang Anda ingin Calon pembeli lakukan) belum?
  9. (Hal yang Anda tawarkan ke Calon pembeli) hanya (Batasan penawaran)
  10. (Kata pemancing) untuk kamu

Kalau rumus di atas digunakan, maka contohnya akan seperti ini :

1. Bagaimana punya penghasilan minimal 10 juta rupiah tanpa harus kekantor
2. Sekarang Anda bisa Punya bisnis yang terus profit sambil tiduran
3. 4.000 orang sudah ikut Kelas Online Copywriting siapa lagi yang mau jadi ahli nulis iklan yang menjual?
4. Untuk Anda yang ingin punya omzet miliaran
5. Hanya minum ini saja bisa turun berat badan jadi ideal
6. Jangan makan sebelum konsumsi suplemen vitafit
7. Cara Saya punya banyak property yang bisa Anda tiru
8. Sudah ikutan give away belum?
9. Diskon 50% hanya Untuk 5 pembeli tercepat
10. Bonus spesial untuk kamu

Begitu ya, silahkan sahabat-sahabat pembaca gunakan rumus-rumus di atas untuk membuat headline iklan promosi masing-masing. Sahabat pun bisa mendapatkan lebih banyak lagi contoh iklan promosi, pada artikel kumpulan kata-kata promosi yang sudah kami posting pada artikel terdahulu di blog ini.

Demikianlah artikel tentang Contoh Iklan Promosi Yang Akan Dilirik Target Pasar. Semoga bisa bermanfaat untuk bisnis sahabat-sahabat pembaca semua.

Aamiin.


Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS ! E-book Kisah-kisah Shahih Dalam Al Quran> Download DISINI <
+ +