Metode Menghafal Al Quran Ala Anggota DPRD Kota Bandung

metode-menghafal-al-quran

METODE MENGHAFAL AL QURAN ALA ANGGOTA DPRD BANDUNG. Menghafal 30 Juz Al Quran memang membutuhkan perjuangan. Namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Terbukti, tidak sedikit orang yang berhasil menghafalkannya; dari orang tua sampai anak-anak, laki-laki dan perempuan.

Ibu rumah tangga yang sehari-hari disibukkkan dengan mengurus keluarga pun bisa menjadi hafizah. Salah satu contoh nyatanya adalah seorang ibu rumah tangga, sekaligus wakil rakyat di kota Bandung, Ibu Hj. Salmiah Rambe S.Pd.

Beliau adalah seorang aktifis dakwah yang biasa mengisi kajian di majelis taklim ibu-ibu dan pengurus organisasi politik di Jawa Barat. Selain sebagai ibu rumah tangga, Hj. Salmiah Rambe juga merupakan seorang penulis sekaligus anggota DPRD Kota Bandung.

Ummi Salmiah demikian beliau biasa disapa, merupakan sosok muslimah panutan yang sehari-harinya disibukkan dengan berbagai aktifitas. Mulai dari ibu rumah tangga, penulis, pengurus partai politik, anggota DPRD kota Bandung, sekaligus aktif juga mengisi kajian majelis taklim ibu-ibu.

Akan tetapi ditengah kesibukannya yang sangat padat itu, beliau masih bisa meluangkan waktu untuk menghafalkan Al quran. Dalam artikel Cerita Motivasi Anggota DPRD Penghafal Quran, bisa kita baca kisah perjuangan beliau untuk bisa menamatkan setoran hingga 17 juz Al quran.

Putra-putri beliau pun tidak lepas dari arahan dan pendidikan dari beliau hingga 2 diantaranya mampu mengkhatamkan hafalan quran tuntas hingga 30 juz, masya Allah. Sungguh patut kita teladani dan bisa dijadikan sebagai motivasi bagi kita semua, untuk selalu semangat dalam menghafal Al Quran.

Metode Menghafal Al Quran Ala Hj. Salmiah Rambe

Nah, berikut ini adalah sharing metode menghafal Al Quran yang disampaikan oleh Hj. Salmiah Rambe dalam buku “Dalam Dekapan Mukjizat Al Quran”.

  1. Luruskan niat menghafal Al Quran semata-mata karena Allah; bukan karena ingin mendapat gelar hafiz/hafizah; bukan karena mencari popularitas, materi, beasiswa dan sebagainya.
  2. Mintalah doa khusus kepada orang tua dan para orang saleh agar dikuatkan oleh Allah untuk menghafal dengan ikhlas dan istiqomah.
  3. Berikhtiar dengan semaksimal mungkin. Tentukan target jagnka panjang dan jangka pendek.
  4. Miliki sebuah My Dream Book, sebaiknya hardcover agar tahan lama. Tulis daftar keinginan kita. Misalnya ingin berhaji, umrah, infak sekian juta rupiah, memberangkatkan umrah kedua orang tua atau saudara, menyantuni 10 anak yatim, dan selesai menghafal 30 juz Al Quran dalam waktu lima tahun. Jika istiqamah menghafal satu halaman per hari, insya Allah akan selesai dalam waktu sekitar dua tahun.
  5. Buat tabel berisi target hafalan harian selama sebulan di selembar kertas HVS. Misalnya, dengan kolom tanggal, nama surah, ayat berapa, dan realisasinya. Tempel kertas tersebut di tempat yang mudah dilihat. Jika tidak sesuai target, berarti harus membayar pada hari berikutnya.
  6. Sediakan waktu khusus untuk menghafal. Misalnya, setengah jam setelah shalat shubuh.
  7. Pasang aplikasi murotal Al Quran di ponsel (atau bisa juga sahabat mendownload file mp3 pada artikel kami lainnya yang berjudul download murottal juz 30).
  8. Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk mendengar dan menghafal Al Quran sambil memasak, menyapu, mengantre di bank, menyetir, dan sebagainya. Jangan sia-siakan waktu walaupun hanya satu menit.
  9. Setelah selesai dengan suatu aktifitas, wajibkan diri untuk membaca atau mengulang hafalan, baru kemudian melakukan aktifitas berikutnya.
  10. Ke mana pun pergi, bawalah Al Quran di dalam hati. Ke mana pun pergi, bawalah Al Quran di dalam tas.
  11. Bergabunglah dengan sebuah halaqah Al Quran.
  12. Gunakan hafalan Al Quran itu sebagai bacaan di dalam shalat. Sebelum shalat, lihat dahulu ayat yang akan dibaca. Ulangi lagi untuk meminimalkan salah baca. Terus ulangi dalam shalat-shalat berikutnya. Bisa sehari, dua hari, atau sepekan ayat-ayat itu saja yang dibaca dalam shalat.

Teknis menghafal per lembar halaman Al Quran :

  1. Setiap halaman dibagi menjadi tiga bagian.
  2. Baca sepertiga halaman tersebut dengan bersuara sambil melihat tulisannya.
  3. Ulangi membacanya sebanyak 5-20 kali
  4. Hafalkan sepertiga halaman tersebut.
  5. Ulangi menghafal sampai lima kali.
  6. Jika pada kali kelima sudah hafal, lanjutkan dengan membaca sepertiga yang kedua.
  7. Lakukan cara yang sama, seperti pada nomor 1 sampai 5.
  8. Lakukan cara yang sama juga untuk sepertiga halaman terakhir.
  9. Coba hafalkan satu halaman, jika sudah hafal satu halaman, bisa pindah ke halaman berikutnya.
  10. Gunakan satu mushaf untuk menghafal Al Quran.
  11. Baca terjemahan ayat-ayat yang sedang dihafalkan agar mengetahui alur cerita di halaman tersebut.
  12. Jika menemukan kata-kata yang dirasa aneh, perhatikan dan ulangi lagi. Jika perlu, catat kata-kata tersebut.
  13. Dengarkan murottal untuk mengecek bacaan yang sedang dihafalkan.
  14. Setorkan hafalan mepada musrifah (guru pembimbing).

Demikianlah metode menghafal Al Quran ala Hj. Salmiah Rambe, yang bisa kita tiru dan kita amalkan dalam proses menghafalkan Al Quran. Semoga niat, semangat dan ikhtiar kita akan mendapatkan balasan setimpal dari Allah SWT, sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang artinya,

“Bacalah Al Quran karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai syafaat bagi shahibul Quran” (HR. Muslim)

Barakallahu fiikum

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bikin Desain Visual Pake AI Tak Pernah Semudah Ini !
This is default text for notification bar