QURAN HIJRAH, Sahabat Istiqomah Di Jalan Hijrah

quran-hijrah

QURAN HIJRAH SAHABAT ISTIQOMAH DI JALAN HIJRAH. Sahabat quran yang dimuliakan Allah SWT, alhamdulillah di akhir bulan September 2021, penerbit quran Syaamil Quran telah meluncurkan mushaf quran terbaru, yang diberi nama Quran Hijrah, Sahabat Istiqomah di Jalan Hijrah.

Syaamil Quran dengan berbagai inovasinya dalam penerbitan mushaf quran, sebelumnya telah memiliki produk mushaf dengan rancangan khusus untuk kebutuhan ibadah masyarakat. Seperti mushaf hafalan Tikrar, mushaf Ghawtsani dan Al Ghazi; quran khats Madinah, Quran Haji dan Umroh, quran Hijaz terjemah perkata, quran Bukhara Tajwid, Mushaf Tulis Syaamil, Al-Quran Customize dan lain sebagainya.

Tentu sahabat pembaca penasaran kan seperti aja sih Quran Hijrah ini ? Mengapa penerbit Quran Syaamil Quran, sampai mengeluarkan produk mushaf quran yang didesain khusus untuk tema hijrah ini ? Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang spesifikasi Quran Hijrah ini, yuk kita bahas sekilas mengenai hijrah itu sendiri.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN HIJRAH DALAM ISLAM ?

Hijrah artinya secara harfiah adalah meninggalkan atau berpindah (tempat, keadaan, sifat). Dalam pengertian Islam, hijrah bisa dimaknai dua hal, yang pertama adalah hijrah secara fisik, yaitu berpindah tempat tinggal, dan yang kedua yaitu hijrah secara jiwa (spiritual), yaitu berpindahnya keadaan jiwa menuju ke arah yang lebih baik.

Hijrah fisik adalah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Hijrah dari kota yang tidak aman dan cenderung melemahkan, menuju kepada suatu tempat yang lebih aman dan bisa menjadikan umat Islam pada saat itu untuk lebih kuat dan lebih berkembang dakwahnya.

Sedangkan dari sudut pandang jiwa (spiritual), hijrah dimaknai sebagai perpindahan dari keadaan manusia yang lemah, lalai ataupun penuh dengan dosa menjadi keadaan yang lebih baik, lebih sehat dan senantiasa bisa terus berjuang untuk memperbaiki diri dan menghindari diri dari perbuatan dosa.

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang artinya,

“Muhajir (orang yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan segala laranganNya.” (H.R. Imam Bukhari)

Hijrah adalah perpindahan dari suatu tempat menuju ke tempat lain yang juga mengandung nilai pengorbanan, yaitu rela dan ikhlas untuk menanggung segala konsekwensinya. Meninggalkan rumah dan kampung halaman beserta keluarga serta termasuk juga harta benda yang selama telah di kumpulkan dan di bangun di tempat asal.

Makna hijrah juga bisa berarti berubahnya dari keadaan penuh dengan kepalsuan menuju kepada kebenaran, dari kehidupan penuh kegelapan kepada cahaya ilahi. Sehingga sebagaimana hadist Rasulullah SAW di atas, maka orang-orang yang berhijrah (muhajir) disebut sebagai orang yang setia kepada kebenaran, yaitu kebenaran di jalan Allah SWT.

ARTI HIJRAH SAAT INI

Dalam konteks kehidupan saat ini, hijrah tidak selalu harus berupa perpindahan fisik, akan tetapi lebih dimaknai sebagai sebuah proses untuk mengubah pola hidup. Dari kehidupan yang kurang atau bahkan belum sejalan dengan perintah Allah dan tuntunan Rasul-Nya, menjadi pola hidup yang Allah perintahkan dan Rasulullah contohkan.

Otomatis dalam berhijrah setiap orang tidak bisa melakukannya secara sembarangan. harus memiliki tuntunan, bimbingan dan perencanaan. Dan harus pula dilakukan dengan penuh keistiqomahan. Karena pada hakekatnya, proses berhijrah akan membutuhkan pengorbanan, dan perjuangan yang tidak mudah.

Jalan dalam proses berhijrah tidaklah akan selalu mulus, bahkan akan senantiasa penuh dengan tantangan, penghalang dan jalan yang berliku. Disinilah pentingnya sikap istiqomah dalam menjalaninya.

Yaitu, sebuah sikap yang konsisten dalam mengerjakan sesuatu. Dalam hal ini menjadi sebuah usaha untuk menjaga perbuatan baik dan amal sholehnya (misal ibadahnya), secara konsisten dan tidak berubah dari waktu ke waktu, seberapa pun besarnya hambatan dan rintangan yang akan dihadapi.

Dalam kehidupan sehari-sehari penerapan hijrah mencakup hal-hal yang sangat luas. Akan tetapi inti dari hijrah adalah sebuah tindakan yang juga harus dibarengi dengan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik, dan dilakukan secara terus menerus (istiqomah) untuk selalu menjadi lebih baik setiap harinya.

QURAN HIJRAH, SAHABAT ISTIQOMAH DI JALAN HIJRAH

Mushaf Quran Hijrah dari Syaamil Quran dirancang dan didesain khusus untuk menemani sahabat-sahabat semua, dalam perjalanan hijrah yang istiqomah. Oleh karenanya Quran Hijrah telah dilengkapi dengan berbagai fitur, yang insya allah akan dapat menjadi referensi utama, perjalanan hijrah sahabat-sahabat semua agar selalu istiqomah.

FITUR KHUSUS QURAN HIJRAH

Berikut di bawah ini adalah fitur khusus yang ada pada Quran Hijrah :

Aplikasi Khusus QR Reader

quran-hijrah-aplikasi-QR-reader

Video One Minute Booster : Berbagai video yang insya allah akan membantu menjaga semangat untuk tetap istiqomah dalam proses hijrah setiap harinya dengan video one minute booster. Cukup lakukan scan barcode QRC One minute booster pada Mushaf Quran Hijrah.

Panduan Ibadah : Berbagai panduan ibadah, yang bisa membantu ibadah sehari-hari tanpa susah dan tanpa salah, cukup dengan scan barcode yang ada di Mushaf Quran Hijrah.

Panduan Amal : Hindari kekeliruan beramal soleh dalam proses berhijrah dengan bantuan Panduan Amal Mushaf Quran Hijrah.

FITUR LAIN QURAN HIJRAH

quran-hijrah-fitur-lainnya

Tadabur Al – Qur’an

Tingkatkan kembali hafalan Quran dengan mengulang bacaan menggunakan fitur Tadabur dengan melakukan scan barcode QRC pada Mushaf Quran Hijrah.

Motivasi Al-Qur’an

Perkuat semangat hijrah dengan kisah-kisah inspiratif dari Nabi dan Rasul serta sahabat.

Tanda Tajwid dan Tanda Tashih

Terdapat tanda tajwid sebagai panduan untuk menunjukkan hukum dan cara membaca sesuai kaidah tajwid selain itu Quran ini juga sudah mendapatkan surat Tashih dari LPMA.

Metode Hafalan Tikhrar

Quran Hijrah dirancang khusus dimana dalam 1 lembar mushaf dibagi menjadi rempat bagian blok yang ditandai dengan warna yang berbeda untuk memudahkan hafalan.

Terjemahan Kementerian RI Dilengkapi Dengan Foot Note

Terjemah terbaru dari kementrian agama RI. Diletakkan di samping terjemah tafsir per kata dengan footnote untuk penjelasan khusus.

Doa Khatam

Doa khatam quran tidak menggunakan konsep per kata, tetapi biarkan sempurna tanpa ada pemenggalan dan terkumpul dalam satu halaman.

Daftar Nama Surah

Daftar nama surah, hanya dibuat satu halaman. Pengurutan daftar surah untuk mempermudah pencarian halaman surat terkait.

Tanda – Tanda Baca Khusus Dalam Al Quran

Terdapat tanda-tanda khusus yang dilengkapi dengan keterangan ayat dan surat terkait serta dilengkapi pula dengan tanda-tanda waqaf (berhenti) dan cara praktis menghentikan bacaan Al-Quran.

Klasifikasi Ayat Al Quran

Memudahkan dalam pencarian klasifikasi ayat berdasarkan tema yang terkandung.

Pembatas

Menjadi fitur penting untuk menjadi penanda halaman terakhir yang Anda baca, dalam rangka mengkhatamkan Al Quran.

quran-hijrah-konten-mushaf

HARGA DAN PEMESANAN QURAN HIJRAH

Sahabat dapat memiliki Quran Hijrah dengan harga : Rp. 139.000,- (belum termasuk ongkir dari Bandung)

quran-hijrah-harga

Untuk pemesanan silahkan hubungi Admin kami melalui nomor kontak WA (Whatsapp) di bawah ini :

HP/WA : 0878-2183-0344

Atau dengan menekan tombol Whatsapp (WA) di bawah ini :

chat-melalui-WA-quran-hijrah

Untuk pemesanan lebih dari satu unit quran, atau untuk wakaf quran, insya Allah akan ada harga khusus, silahkan hubungi Admin kami pada nomor di atas atau chat WA di atas.

QURAN HIJRAH merupakan bentuk komitmen dari penerbit Syaamil Quran kepada para sahabat-sahabat semua, khususnya sahabat pembaca Pondok Islami. Semoga dapat selalu membersamai dan menemani setiap lini ibadah sahabat.

Sudah siap untuk istiqomah di jalan hijrah bersama Quran Hijrah ?

Barakallahu fiikum.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS ! E-book Kisah-kisah Shahih Dalam Al Quran> Download DISINI <
+ +