Memasak Resep Nugget Tempe Keju : Parenting Liburan Akhir Tahun

1120 views

resep-nugget-tempe-keju-ala-rumahanRESEP NUGGET TEMPE ALA RUMAHAN. Kali ini penulis ingin berbagi sesuatu yang lain dari tulisan-tulisan biasanya. Khusus untuk sahabat-sahabat akhwat yang senang memasak, atau ikhwan yang barangkali juga suka memasak sendiri, insya Allah tulisan kali ini akan bermanfaat bagi sahabat-sahabat semua. Jadi ceritanya karena minggu-minggu ini adalah akhir minggu liburan bagi anak-anak sekolah, kebetulan sekali penulis dikaruniai 4 orang anak yang juga masih bersekolah, maka minggu terakhir liburan akhir tahun ini banyak diisi dengan kegiatan anak-anak di rumah.

Tentunya yang merasakan langsung dampak kesibukannya dan kerepotannya adalah umi-nya anak-anak yang setiap hari ada di rumah. Usia anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan berefek pada frekuensi konsumsi makan yang meningkat. Baik makanan cemilan maupun makanan utama setiap harinya. Hampir semua masakan yang disediakan di rumah akan selalu cepat habis oleh mereka, he he he……senang tapi sekaligus ‘resah’ juga. Terutama istri yang memang menjadi pensuplai utama segala kebutuhan masakan di rumah. Sepertinya tidak ada habis-habisnya memasak untuk kebutuhan anak-anak.

Salah satu cara mensiasati kondisi ini adalah dengan mencari alternatif makanan yang bervariasi, agar tidak membosankan bagi mereka. Tapi jangan sampai juga melupakan faktor higienis dan kesehatan. Oleh karenanya mencoba-coba resep baru, rasanya mutlak harus dilakukan. Salah satu resep masakan yang akan dicoba dibuat adalah resep nugget tempe keju. Resepnya sendiri diperoleh dengan cara coba-coba atau modifikasi dari resep nugget daging yang sudah ada.

Ternyata hasilnya tidak mengecewakan sahabat-sahabat sekalian. Dalam waktu sekejap saja, hidangan nugget tempe keju tersebut sudah ludes dinikmati oleh anak-anak, termasuk penulis sendiri…he he he, dan komentarnya sangat memuaskan ternyata. Oh iya selain itu, kegiatan memasak di rumah seperti ini bisa dijadikan sebagai alternatif kegiatan dalam keluarga yang mendidik buat anak-anak kita. Ajak mereka untuk ikut terlibat dalam proses masak memasak ini. Bukan saja bisa mengajarkan life skill bagi mereka,  tetapi juga bisa menjadi alternatif kegiatan mengisi liburan akhir tahun yang murah, meriah dan penuh dengan manfaat. Kegiatan parenting seperti ini bukan saja dapat mengajarkan sesuatu yang bermanfaat buat anak-anak,  tetapi juga dapat menciptakan kedekatan antara anak dan orang tua dengan cara yang sangat luwes dan mengasyikkan.

Nah bagi sahabat-sahabat yang ingin membuat sendiri di rumah, baik sendiri maupun bersama keluarga, silahkan coba resep nugget tempe keju yang penulis salin ulang dibawah ini dari catatan istri. Insya Allah bahan makanan yang digunakan halal dan thoyyib, alias halal dan baik/menyehatkan. Silahkan dicatat dan segera dipraktekkan ya…..semoga bermanfaat.

RESEP NUGGET TEMPE KEJU

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
– 300 gram tempe
– 1 ons ayam cincang
– Tepung panir secukupnya
– 3 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 1 batang bawang daun
– 2 butir telur
– 3 sdm tepung terigu
– Garam, gula, merica secukupnya sesuai selera
– Bubuk kaldu ayam secukupnya sesuai selera (tidak harus)
– 2 sdm keju cheddar yang telah di parut halus

Cara Membuat :
– Kukus tempe kurang lebih 15 menit
– Kemudian tumbuk semua tempe yang sudah dikukus tadi hingga halus
– Potong-potong/rajang halus bawang merah, bawang putih dan bawang daun
– Tumis semua rajangan bumbu di atas sebentar hingga tercium wangi harum
– Angkat hasil tumisan kemudian tumbuk hingga halus
– Campur hasil tumbukan bumbu dengan 1 butir telur dan aduk hingga rata
– Kemudian tambahkan gula, garam, merica secukupnya dan aduk kembali hingga rata
– Campur tempe yang sudah ditumbuk halus dengan bumbu hingga tercampur merata
– Masukkan ayam cincang dalam adonan tempe yang sudah dicampur dengan bumbu tadi, kemudian aduk / adon hingga merata
– Masukkan juga parutan keju cheddar dalam adonan tadi, aduk kembali hingga merata dan tidak lengket lagi di tangan
– Siapkan wadah untuk tempat mengukus yang sudah dilapisi dengan plastik tahan panas dan diolesi dengan minyak agar tidak lengket
– Masukkan adonan dalam wadah untuk kemudian dikukus selama lebih kurang 20 menit
– Apabila adonan sudah matang, angkat dari kompor dan potong-potong sesuai selera
– Siapkan tepung panir pada piring terpisah dan telur yang telah dikocok pada piring lain
– Ambil satu persatu adonan yang sudah dipotong-potong tadi, kemudian masukkan dalam kocokan telur hingga rata
– Balur adonan yang telah bercampur rata dengan telur ke dalam tepung panir hingga rata
– Setelah semua potongan adonan nugget tersebut dilapisi oleh tepung panir simpan sebentar (lebih kurang 15-20 menit) dalam lemari pendingin (freezer) agar tepung panir yang sudah dibalur pada adonan tadi menempel dengan kuat
– Nugget Tempe Keju siap digoreng untuk dihidangkan bersama keluarga tercinta

Mudah bukan ? Nah untuk sahabat yang ingin lebih paham proses memasak resep nugget tempe keju ala rumahan ini, kami sediakan juga video step by stepnya.

Silahkan tonton video panduan memasak resep nugget tempe keju dibawah ini.

 


 

Semoga bermanfaat….

author
Author: 

    Leave a reply "Memasak Resep Nugget Tempe Keju : Parenting Liburan Akhir Tahun"