Hafiz Cilik Indonesia Tampil Memukau Di Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) Moskow Rusia 2018

hafiz-cilik-indonesia-moskow-rusia

Hafiz cilik Muhammad Ghozali Akbar (kanan) dan Kamil Ramadhan membacakan hafalan ayat suci Alquran pada acara Festival Alquran di Crocus City Hall, Moskow, Rusia, Minggu (21/10). @Panca Syurkani, Russia Beyond

HAFIZ CILIK INDONESIA TAMPIL MEMUKAU DI MUSABAQAH HIFZIL QURAN RUSIA 2018. Sahabat Quran yang dimuliakan Allah SWT, beberapa hari lalu penulis membaca berita yang sangat membanggakan sekaligus mengharukan, yaitu tentang tampilnya 2 hafiz cilik Indonesia, sebagai bintang tamu pada acara puncak Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) di kota Moskow Rusia. Kedua hafiz cilik Indonesia itu, Muhammad Ghozali Akbar (10 tahun) dan Kamil Ramadhan (11 tahun), menggemakan lantunan surat Ar-Rahman, ayat 1-40 dengan sangat indah dan merdu, hingga mampu mengharubirukan peserta MHQ ke-19 yang berjumlah tidak kurang dari 6000 undangan.

Kehadiran dua hafiz cilik Indonesia pada Festival Alquran, yang menjadi puncak acara MHQ ke-19, di Crocus City Hall, Moskow, Rusia, Minggu (21/10/2018) karena diundang sebagai tamu khusus, dari Dewan Mufti Rusia. Indonesia sendiri menjadi negara peserta dari total 33 negara peserta acara MHQ International tersebut.

“Kami datang dari Indonesia ke Moskow, Rusia ingin memberikan hal yang berharga, berupa cinta kasih kami dan lantunan ayat-ayat suci Alquran,” kata Ketua Yayasan Wakaf De Muttaqin Pesantren Yatim Tahfizil, Ike Muttaqin, yang mendampingi Akbar dan Kamil, demikian seperti dilansir laman Russia Beyond.

Kedua hafiz cilik Indonesia asal Yogyakarta ini menjadi perhatian penonton, saat tampil dipenghujung acara. Dua bocah kecil bersetelan jas cokelat, berjalan dengan langkah kecil ke tengah panggung ditemani seorang pria. Kedua bocah itu pun mulai melantunkan untaian merdu surat Ar-Rahman, ayat 1-40, setelah sebelumnya mengucapkan salam dan duduk di kursi yang telah disediakan di tengah panggung acara.

Lantunan ayat demi ayat dibacakan dengan suara yang jernih khas bocah kecil, saling bersahut-sahutan dengan indahnya hingga membuai telinga para hadirin. Tak sedikit para hadirin yang menjadi terharu dan menitikkan air mata. Bukan saja karena keindahan bacaan keduanya, akan tetapi juga setelah melihat tayangan singkat video latar belakang kehidupan kedua hafiz cilik itu, yang ditayangkan bersamaan dengan lantunan bacaan mereka.

Ya, sahabat quran yang dicintai Allah, kedua hafiz cilik Indonesia ini adalah sepasang anak yatim, yang menjadi santri di pondok Pesantren Yayasan De Muttaqin. Sejak usia 8 tahun keduanya sudah mulai belajar membaca dan menghafalkan Al Quran. Dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun keduanya sudah mampu menghafal 30 juz Al Quran.

Baca juga artikel tentang : Murotal Juz Amma MP3 Muhammad Taha Al Junaid

Mereka pun dengan kemampuannya, dapat menjuarai lomba Hafiz yang diadakan di tanah air maupun internasional. Kamil Ramadhan, yang sempat menjadi pengemis pada tahun 2017 menjadi juara ketiga pada lomba Hafiz Indonesia 2017 RCTI, sementara sang adik bahkan mampu menjadi juara kesatu pada ajang lomba, yang juga disponsori oleh Syaamil Quran tersebut.

Tahun berikutnya, 2018, kedua kakak beradik itu pun sempat mengikuti lomba Hafiz International di Jeddah, dan Muhammad Ghozali Akbar berhasil menjadi juara ketiga, sementara Kamil Ramadhan menduduki peringkat keenam. Kepiawaian Ahmad dan Kamil tidak hanya hafal ayat-ayat Alquran, akan tetapi mereka pun mampu menyebutkan nomor surat, nomor ayat, halaman, bahkan urutan baris ayat yang dibacanya.

“Dengan penampilan Ahmad dan Kamil di Rusia ini, mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat banyak, untuk lebih mencintai Alquran, dengan banyak membaca, menghafal dan mengamalkanya,” ujar Ike.

MUSABAQOH HIFZIL QURAN INTERNASIONAL MOSKOW

Musabaqah Hifzil Quran Internasional Moskow, atau acara perlombaan menghafal Al Quran Internasional Moskow, diselenggarakan oleh Dewan Mufti Rusia di bulan Oktober 2018 lalu, tepatnya pada tanggal 18-19 di Masjid Agung Moskow.

Lomba menghafal Al Quran Internasional yang ke-19 ini, diikuti oleh total 33 negara, diantaranya Indonesia, Serbia, Turki, Mesir, Yordania, Qatar, Arab Saudi, Kuwait, Palestina, Suriah, Yaman, Tanzania, Kirgyzstan, Brunei Darussalam, Malaysia dan masih banyak lagi.

Bapak Said Aqil Husin Al Munawar, yang merupakan mantan Menteri Agama RI periode 2001 – 2004 menjadi salah satu juri dari lima juri perlombaan hafiz yang dipimpin oleh Syeikh Abdulaziz Al-Anzi, Direktur Jenderal Pusat Bacaan Quran Departemen Studi Islam Kementerian Urusan Islam dan Wakaf Kuwait .

Pada ajang kali ini utusan Indonesia, Muhammad Abdul Faqih, Hafiz Quran asal Semarang belum berhasil menjadi yang terbaik. Juara kesatu perlombaan kali ini diraih oleh utusan dari Yaman, disusul kemudian oleh utusan dari Tunisia, Muhammad Abdulkadir, dan Waleed Al Marzouqi dari Uni Emirat Arab berhasil meraih posisi ketiga.

Meskipun belum berhasil menjadi yang terbaik, kepesertaan wakil Indonesia pada ajang Musabaqoh ini sangat positif. Karena acara Musabaqoh ini tidak hanya sekedar acara perlombaan hafalan quran, akan tetapi dapat menjadi sarana untuk memperkuat hubungan silaturahmi dan persaudaraan antara Indonesia dan Rusia, bahkan juga dengan negara-negara komunitas muslim dunia lainnya, demikian perkataan dari Bapak M. Wahid Supriyadi, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia.

Beliau hadir pada acara tersebut dan menyampaikan apresiasinya kepada perwakilan Indonesia, baik peserta, dua hafiz cilik, para pendamping, maupun perwakilan juri. “Untuk pertama kalinya panitia mengundang dua hafiz cilik dari Indonesia. Ini merupakan pengakuan luar biasa kepada Indonesia”, jelas Wahid dalam Russia Beyond.

 

hafiz-cilik-indonesia-mhq-moskow

Hafiz cilik Muhammad Ghozali Akbar (kedua dari kiri) dan Kamil Ramadhan berfoto bersama Duta Besar RI untuk Federasi Rusia M. Wahid Supriyadi (kiri) dan Pengasuh Pondok Pesantren De Muttaqin, Ike Muttaqin, seusai acara Festival Alquran di Crocus City Hall, Moskow, Rusia, Minggu (21/10). @Panca Syurkani, Russia Beyond

Dalam 20 tahun terakhir perkembangan Islam di Rusia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hingga kini lebih dari delapan ribu masjid dan sekolah Islam telah dibangun di seluruh Rusia. Jumlah penduduk muslimnya saat ini telah mencapai 25 juta jiwa, yang berarti mencapai 17% dari total populasi penduduk Rusia, yang berjulah 144.5 juta jiwa.

Bahkan saat ini dengan perkembangan penduduk muslimnya, agama Islam merupakan agama dengan jumlah penganut terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks. Kini Rusia telah menjelma menjadi negara di Eropa dengan penduduk muslim terbesar di benua tersebut.

Masya Allah sahabat Quran yang senantiasa mengharapkan ridho Allah dan kejayaan Islam di seluruh dunia. Tentu saja kabar ini sangat mengharukan sekaligus menggembirakan bagi kita. Teriring doa dan pengharapan agar saudara-saudara kita di Rusia khususnya, dan diseluruh dunia dapat senantiasa berada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT.

Semoga informasi mengenai Hafiz Cilik Indonesia Tampil Memukau Di Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) Moskow Rusia 2018 ini dapat bermanfaat, sekaligus kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran penting dari perkembangan dakwah Islam di negeri pecahan Uni Soviet tersebut.

Wallahu’alam bishaawab

sumber : Rusia Beyond (https://id.rbth.com/discover-russia/80864-hafiz-cilik-di-moskow-gyx)

author
Author: 

    Leave a reply "Hafiz Cilik Indonesia Tampil Memukau Di Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) Moskow Rusia 2018"

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.