Cara Menghafal Alquran Dengan Mushaf AlQuran Tikrar

No comment 6178 views

CARA MENGHAFAL ALQURAN. “Hafal tanpa menghafal”, demikianlah tagline dari produk AlQuran Tikrar, mushaf AlQuran terbitan Syaamil Quran yang saat ini sangat diminati oleh para penghafal AlQuran dan umat muslim yang ingin belajar menghafal alquran. Metode yang digunakan dalam Alquran Tikrar, merupakan salah satu cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa.

Banyak metode atau cara menghafal AlQuran yang digunakan oleh para penghafal AlQuran, salah satunya adalah dengan metode pengulangan (repetition) atau “bittikrar” dalam bahasa arab. Metode pengulangan ini merupakan cara atau metode menghafal Alquran tertua yang banyak diamalkan oleh para huffazh (penghafal Al-Qur’an) dari dulu hingga sekarang. Mushaf Alquran Tikrar terbitan Syaamil Quran ini telah disusun secara terstruktur dan sistematis untuk mempermudah para penghafal AlQuran dalam memperkuat hafalannya sekaligus dapat mempermudah para pemula yang ingin menjadi penghafal AlQuran.

mushaf alquran tikrar

                                                                     Alquran Tikrar digunakan peserta Hafiz Quran 2015

Metode “bittikrar” yang disusun dalam Alquran Tikrar ini akan membuat para pemula yang ingin menghafalkan AlQuran menjadi lebih mudah dan menyenangkan, bahkan tanpa perlu menghafal. Yang penting rajin melakukan tilawah Quran secara rutin setiap hari, mengikuti petunjuk dan cara menghafal AlQuran yang sudah disertakan di awal mushaf Alquran Tikrar ini dengan tekun dan sabar. Dengan demikian siapapun, asalkan rajin melakukan tilawah quran setiap hari, dan mengikuti petunjuk cara menghafal alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa, melalui metode tikrar secara konsisten, Insya Allah dengan sendirinya akan menjadi penghafal quran.

AlQuran ini diberi nama AlQuran Tikrar, atau dalam bahasa Indonesia yang artinya mengulang. AlQuran Tikrar merupakan AlQuran hafalan pertama di Indonesia dengan metode yang terstruktur dan sistematis. Sejak diluncurkan pertamakali menjelang bulan suci Ramadhan 1436 H (tahun 2015 M), Alquran Tikrar langsung menarik minat umat islam untuk memilikinya dan mempraktekkan metode dan cara menghafal Alquran dengan metode tikror ini.

testimoni Alquran Tikrar

BEBERAPA KEUNGGULAN CARA MENGHAFAL ALQURAN DENGAN MUSHAF ALQURAN TIKRAR :


Khat Rasm Usmani

Menggunakan khat yang tipis dan lancip sehingga nyaman dibaca. Penulisan huruf jelas dan stabil sehingga memberikan kenyamanan saat membaca dan tidak mudah membuat mata lelah.

Standard Kementrian Agama RI
Mushaf mengacu pada standard penulisan Kementrian Agama RI.

Tashih Kementrian Agama RI
Mushaf ini telah diperiksa dan diteliti oleh pihak lajnah pentashihan Mushaf Alquran Kementrian Agama RI, dengan mengeluarkan surat tashih sesuai peruntukkannya.

Ayat Pojok
Mushaf dengan 15 baris dengan penggalan akhir ayat yang setiap halamannya diakhiri ayat-ayat pojok, yang biasa digunakan sebagai standard untuk menghafal AlQuran.

contoh-halaman-dalam-alquran-tikrar

Sungguh merupakan suatu kebahagiaan dan keberkahan bagi sebuah keluarga, apabila seluruh anggota keluarga memiliki semangat untuk bersama-sama berusaha menjadi para penghafal AlQuran. Insya Allah berkah dunia dan akhirat akan menunggu kita, seperti hadist nabi Muhammad SAW tentang para penghafal Alquran (hafiz/hafizah):

Penghafal AlQuran adalah orang yang akan mendapatkan untung dalam perdagangannya dan tidak akan merugi.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

(Q.S Faathir [35]:29-30)

Penghafal Al Qur’an adalah orang yang paling banyak mendapatkan pahala dari Al Qur’an

Untuk sampai tingkat hafal terus menerus tanpa ada yang lupa, seseorang memerlukan pengulangan yang banyak, baik ketika sedang atau selesai menghafal. Begitulah sepanjang hayatnya sampai bertemu dengan Allah. Sedangkan pahala yang dijanjikan Allah adalah dari setiap hurufnya.

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu hasanah, dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (H.R. At-Turmudzi)

AlQuran akan menjadi penolong (syafa’at) bagi penghafal Alquran

Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an. Sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”” (H.R. Muslim)

Dan masih banyak lagi keutamaan dunia dan akhirat bagi para penghafal Alquran yang tidak disebutkan di sini.

Alquran Tikrar terdiri dari 2 ukuran yaitu A5 dan B6.

Ukuran A5 (ukuran besar) harga : Rp. 79.000,- (14.3 cm x 20.5 cm)
Ukuran B6 (ukuran kecil) harga : Rp. 59.000,- (11.5 cm x 16 cm)
Ukuran A4 (ukuran besar) harga : Rp. 129.000,- (21,5 cm x 30,1 cm)

(belum dihitung ongkir melalui kurir JNE dari kota Bandung)

Keduanya dikemas dalam bentuk hardcover dengan warna dasar merah dan hijau. Simak artikel Petunjuk Cara Mudah Menggunakan Alquran Tikrar, dan saksikan video cara menghafal alquran dengan Alquran Tikrar berikut ini.

Berikut video tentang cara menghafal Alquran mengunakan Alquran Tikrar.

Bagi sahabat  yang ingin memiliki Alquran Tikrar dapat menghubungi Kami, Distributor Resmi Syaamil Quran dengan nomor kontak di bawah ini sebagai berikut :

HP : 087821830344
Pin BB : 27C69F90
WA : 087821830344

Semoga dengan hadirnya Alquran Tikrar terbitan Syaamil Quran yang menghadirkan cara menghafal Alquran tanpa menghafal, dengan cepat dan tidak mudah lupa ini, dapat menambah semangat kita dalam mempelajari dan menghafalkan Alquran, sehingga kita berharap dan senantiasa berdoa agar keberkahan dan kemuliaan diri kita disisi Allah SWT akan bisa kita dapatkan. Aamiin Ya Rabbal Alaamiin.

Salam.

Silahkan dishare jika Anda rasa bermanfaat bagi orang lain……

author
Author: 

    Leave a reply "Cara Menghafal Alquran Dengan Mushaf AlQuran Tikrar"