Cara Jualan di Facebook Organik Laris Manis

CARA JUALAN DI FACEBOOK ORGANIK LARIS MANIS. Sahabat Pondok Islami yang saat ini sedang berjualan online, pasti ada yang memanfaatkan facebook sebagai media pemasarannya. Baik menggunakan fasilitas iklan berbayar dari facebook (facebook ads) ataupun menggunakan metode generik (gratis) melalui facebook personal.

cara-promosi-di-fb-gratis

Bagi sahabat yang sedang belajar bisnis pemula dan belum memiliki modal untuk memanfaatkan iklan berbayar (facebook Ads), maka pilihan pemasaran online melalui facebook personal, alias tanpa iklan, pantas dicoba. Sudah banyak juga pebisnis online yang berhasil memasarkan produknya hingga mampu menjangkau ratusan ribu orang, dengan bermodalkan facebook personal ini.

Al Akram Traveller

Pada dasarnya facebook personal pun memang memiliki potensi sebesar itu. Bayangkan saja, pengguna facebook di Indonesia sudah tembus hingga 130 juta orang. Sahabat-sahabat bisa bayangkan 130 juta itu seberapa banyak ?

130 juta jiwa itu jumlahnya lebih banyak daripada jumlah seluruh penduduk pulau Sumatra, ditambah seluruh penduduk pulau Kalimantan, dan ditambah seluruh penduduk Pulau Sulawesi. Kalau 1 pulau saja penduduknya sudah banyak banget, nah “penduduk” facebook itu jauh lebih banyak daripada itu semua, he he he.

Karena paham hal inilah, maka kita harus yakin bahwa berjualan di facebook itu insya Allah tidak akan pernah kehabisan calon pembeli, asal tahu cara jualan online laris manis di facebook. Kalau ada yang jualannya di facebook sepi, bisa jadi karena belum tahu caranya saja.

Nah, pada artikel kali ini, penulis ingin sharing satu tips dan strategi berjualan di facebook agar bisa mendapatkan pembeli setiap hari. Tips dan strategi ini penulis dapatkan dari Kulwa (kuliah lewat WA) yang pernah diadakan EntrepreneurID beberapa waktu lalu.

FONDASI DASAR CARA JUALAN DI FACEBOOK PERSONAL

Untuk bisa menerapkan strategi jualan di facebook secara generik dan mau mendapatkan pembeli setiap hari lewat facebook, maka harus dipahami dahulu 2 hal mendasar berikut ini.

cara-jualan-online-di-facebook

Teman Tertarget Bertambah Setiap Hari

Pertama, teman tertargetnya harus bertambah setiap hari. Jadi buat sahabat yang ingin mudah dapat transferan di facebook, maka harus perhatikan isi pertemanannya.

Temannya sudah tertarget belum? Isinya calon pembeli? atau asal-asalan? Waktu cari atau terima teman, benar-benar disaring atau gak?

Teman tertarget artinya adalah orang-orang yang punya minat dengan produk/jasa kita. Nah, teman tertarget ini penting banget karena YANG BACA PENAWARAN KITA ADALAH MEREKA.

Kalau yang baca postingan kita bukan target pasar dari produk kita, pasti postingannya akan dicueki. Dilike aja nggak !

Koq tau? Tentu berdasarkan pengalaman, baik pribadi maupun orang lain yang penulis kenal dan juga berjualan di facebook. Nah jika isi teman-teman facebooknya adalah keluarganya, teman sekolahnya, teman mainnya, kira-kira bakalan closing gak ?

Mungkin bisa closing 1 atau 2 kali, tapi setelah itu ? Bisa dipastikan sulit untuk menambah closingan lagi. Mengapa ?

Karena teman-teman yang kita kenal tersebut belum tentu target market produk kita. Misalkan kita akan berjualan property, yang minat dengan property dan mungkin juga punya uang untuk beli property bisa jadi tidak banyak.

Mau tiap jam posting iklan promosi juga gak akan closing, disinilah pentingnya teman tertarget ketika jualan di facebook. Kalau mau jualannya di respon, ya jualan ke target pasarnya.

Tugasnya penjual itu jadi semacam perantara, yang akan mempertemukan antara produk dengan calon pembeli. Nah kalau sudah ada produknya, ya cari calon pembelinya. Jangan coba jodohin dengan orang lain, namanya bukan jodoh ya gak akan bersatu, he he he.

Berikutnya, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan teman tertarget ?

Team EntrepreneurID memiliki 6 tips cara mendapatkan teman tertarget. Nah berikut ini adalah salah satu cara yang bisa langsung sahabat-sahabat praktekkan.

  1. Cari Kata Kunci (misal jualan Gamis) :
    • Produk sejenis, tapi merk berbeda. Kata kuncinya : gamis merk B, gamis merk C, gamis merk D
    • Produk yang kira-kira dikonsumsi target pasar. Kata kuncinya : hijab, pasmina dan lainnya
  2. Setelah dapat kata kuncinya, search kata kunci tersebut
  3. Cari postingan yang jualan produk-produk tersebut.
    Pastikan postingannya masih baru, atau paling nggak baru diposting 2 bulan yang lalu.
  4. Buka komen-komennya.
  5. Add orang-orang yang minat beli produk tersebut. Biasanya komennya seperti ini
    “Harga berapa?”
    “Nomor WA berapa?”
    “Bisa kirim ke kota X gak?”
    Dan sejenisnya
  6. Add teman maksimal 50 orang/hari. Jangan lebih, nanti dianggap spam.

Begitulah salah satu cara dapat teman tertarget, semoga bisa dipahami ya.

Interaksi Setiap Hari

Ada banyak cara interaksi di facebook, salah satunya melalui status facebook. Kita pancing teman facebook kita untuk komen postingan kita, misal dengan status facebook seperti ini :

  1. Status Tebak-tebakan
    Ajak teman facebook untuk seru-seruan. Lemparkan ke mereka tebak-tebakan yang mudah ketebak. Buat apa tebak-tebakan yang mudah ketebak? Ya supaya mereka komen, kan tujuannya interaksi, hehehe.
  2. Status Doa
    Doa adalah bahasa umum. Apa doa teman-teman hari itu? Tuliskan di status facebook, nanti insya allah akan ada teman facebooknya yang mampir untuk mengetikkan “aamiin”, maka terjadilah interaksi.
  3. Status Tips
    Apa masalah target pasar yang bisa teman-teman selesaikan? Nah posting tips, misal target pasarnya ibu-ibu, masalahnya kelola keuangan. Share tipsnya. Nanti akan ada yang komen, terimakasih. Atau bahkan postingannya dishare.

Tidak sulit kan ? Insya allah semua pasti bisa melakukannya. Nah, buat apa sih kita melakukan interaksi ini ? Kalau akun facebook personal kita tidak ada interaksi, maka nanti akun kita akan TENGGELAM.

Jika akun kita sepi interaksinya, maka akun kita akan dinilai tidak dekat dengan siapapun oleh sistem algoritma facebook. Alias, nantinya postingan-postingan kita tidak akan ada yang baca.

Tiap posting, sepi like, komen, share, otomatis saat posting status yang isinya jualan juga akan sepi pembeli. Karena tidak ada satupun teman-teman facebook kita yang akan melihat postingan kita.

Jadi interaksi ini wajib hukumnya, jika sahabat bermain facebook personal. Makin sering interaksi, makin dekat dengan transaksi. Salah satu cara interaksinya adalah dengan tips yang barusan.

Sebenarnya ada tips lainnya untuk dapat teman tertarget dan interaksi, semuanya dibahas dan diajarkan secara lengkap di grup mentoring Kelas Facebook Hacking, dari EntrepreneurID.

Insya allah pada kelas mentoring tersebut, sahabat akan diajari secara lengkap, bagaimana melakukan promosi dari A sampai Z melalui facebook personal secara organik. Semuanya berdasarkan pengalaman para mentor di sana, yang sudah terbukti sukses membangun brand EntrepreneurID hingga memiliki puluhan ribu alumni.

Tapi intinya, tentang teman tertarget dan interaksi ini harus tiap hari ya.
Kenapa tiap hari? Karena closingnya mau tiap hari, hehehe

Teman tertarget harus tambah setiap hari, karena kalau kita jualan terus ke orang yang sama, mereka tentu akan jenuh, tidak mungkin bisa closing setiap hari. Jika tidak rajin melakukan interaksi, maka kita akan jauh dari mereka, akhirnya saat posting jualan, yang nyimak cuma segelintir orang aja.

Dua fondasi penting di atas harus dilakukan setiap hari !

Jika kedua hal itu sudah bisa berjalan setiap hari, baru bisa melangkah pada step berikutnya, yaitu tentang strategi utama cara jualan di facebook personal laris manis.

STRATEGI MANAJEMEN STATUS

Setelah sahabat bisa melakukan 2 fondasi penting cara jualan di facebook personal barusan, maka supaya bisa closing tiap hari yang harus dilakukan adalah mengatur postingan status sahabat-sahabat di facebook personal (manajemen status).

cara-iklan-di-facebook-organik

Jadi status yang kita posting di facebook harus diatur dengan baik, supaya bisa closing tiap hari. Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu, Minggu, pokoknya closing terus, hehehe.

Supaya teman-teman bisa closing tiap hari, maka harus update status 3 kali/hari. Skema postingannya dengan porsi seperti ini, 2 status interaksi : 1 status promosi.

Jadi status interaksinya harus lebih banyak daripada status promosinya, jangan dibalik ya, hehehe. Karena kalau dibalik, hasil tidak sesuai harapan.

Langkah-langkahnya akan dibahas dibawah ini.

Status Interaksi

Status interaksi adalah status yang kita buat dengan tujuan memancing tanggapan / respon dari teman-teman facebook kita. Pola yang bisa digunakan adalah 2 kali posting status interaksi setiap hari.

Bukan sekedar posting ya, tetapi semaksimal mungkin dapat memancing interaksi teman-teman facebook dengan target like dan komen yang tinggi setiap kali posting.

Status Promosi

Status Promosi tidak bisa asal-asalan. Ada ilmunya agar postingan status kita direspon dengan baik oleh prospek kita, atau dikenal dengan ilmu copywriting. Jadi saatnya kita belajar copywriting produk kita ya.

Status promosi jelas merupakan status yang menjadi tujuan utama kita, yaitu status yang berisikan iklan promosi produk yang akan kita jual. Jadi, setelah memposting 2 kali status interaksi dan mendapatkan interaksi yang bagus/tinggi, maka buatlah 1 kali postingan status promosi.

Strategi dalam postingan status promosi ini adalah membuat postingan promosi dengan sudut pandang (angle) yang berbeda-beda tiap postingannya. Tujuannya agar isi statusnya variatif dan tidak membosankan.

Variasi Status Promosi Cara Jualan Di Facebook

Pertanyaan berikutnya bagaimana cara membuat status promosi yang variatif ?

Nah di bawah ini, adalah contoh 7 ide angle status promosi di facebook sebagai gambaran untuk sahabat-sahabat semua, saat membuat status facebook setiap harinya.

cara-jualan-di-fb

Contoh Produk : Madu Propolis

Status Pertama, Survey

Lakukan survey kepada teman-teman facebook kita, terkait dengan produk yang akan kita promosikan.

Contoh:

Keluarga Saya rutin konsumsi si kecil ini.
Manfaatnya, Alhamdulillah jarang banget keluarga sakit, bahkan saat cuaca lagi extrem sekalipun.

Kalau ada kenalan yang sakit, Saya pasti merekomendasikan ini.
Dan memang manjur banget.
Proses kembali sehatnya jadi lebih cepat.

Nah, ngomong-ngomong tentang si kecil ini.
Kalau misal ada promo gratis ongkir, jadi hemat buat stock dirumah.
Berapa banyak yang mau ya?

Status Kedua, Full Penawaran

Beritahu efek produk untuk kehidupan mereka. Serta beritahu apa yang akan didapatkan pembeli dan kerugiannya kalau melewatkan penawaran tersebut.

Contoh :

Untuk teman-teman yang care sama kesehatannya, ini ada informasi bermanfaat.
Jadi saat ini propolis X lagi ada promo spesial.

Propolis X sangat bermanfaat buat kita dalam meningkatkan stamina, daya tahan/kekebalan tubuh serta membantu mengatasi masalah kesehatan seperti diabetes, asam urat, kolesterol, sakit saat PMS dan lain-lain.

Kebetulan saat ini sedang ada promo gratis ongkir.
Lumayan, hemat 20ribu sampai 150ribu

Sudah sehat, hemat juga, hehe. 😊

Yang mau memanfaatkan kesempatan ini, kasih tau Saya ya…

Status Ketiga, Edukasi

Bisa saja teman-teman facebook tidak membeli karena mereka kurang paham dengan manfaat dari produk yang kita tawarkan. Jadi tugas dari postingan kita adalah membuat mereka paham.

Contoh :

Sudah tau belum?
Selain memproduksi madu, lebah juga menghasilkan senyawa berwarna coklat-kehijauan yang disebut propolis.

Nah, sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herba yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Contohnya, masyarakat Yunani kuno menggunakan propolis sebagai obat bisul.
Sementara banyak masyarakat negara lain memanfaatkan propolis untuk menangkal infeksi dan membantu proses penyembuhan saat luka atau bahkan untuk mengatasi tumor.

Jadi kesimpulannya, propolis ini memang kaya manfaat.

Dan sekarang, kita bisa merasakan manfaat propolis langsung dari Propolis X.

Kelebihanya, ini propolis terbaik dengan kandungan flavonoids 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan propolis biasa.

Dengan kandungan itu, maka sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan juga keluarga kita.

Nah, sudah banyak yang pakai Propolis X karena mereka peduli dengan kesehatannya.

Kalau teman-teman, siapa aja nih yang sudah pernah konsumsi propolis? 😊

Status Keempat, Curhat

Facebook sering digunakan sebagai tempat curhat. Nah itu bisa dipakai buat menawarkan produk kita. Caranya, curhat aja tentang sesuatu yang kita sedang alami.

Contoh :

Bersyukur banget.
Semakin banyak yang paham manfaat propolis X untuk kesehatan mereka.

Apalagi ada promo gratis ongkir seperti ini.
Tiap hari ada aja yang tanya-tanya.

Minggu ini sudah 40 orang yang transfer.
Alhamdulillah. 😊

Hal apa yang teman-teman syukuri hari ini?

Status Kelima, Story Telling

Yang satu ini adalah cara jualan dengan cerita. Bedanya dengan curhat, kalau curhat kita nyeplos sesuatu yang kita alami, kalau cerita, kita menceritakan suatu kejadian. Nah angkat cerita yang ada hubungannya dengan produk kita.

Contoh :

Teman dekat ku namanya Sony pernah punya masalah insomnia akut.
Setiap malam, baru bisa tidur paling cepat jam 2 malam.
Padahal, besoknya dia harus bangun pagi untuk kerja.

Karena masalah Insomnianya, dia sering gak prima dikantor.

Waktu kerja, ngantuk.
Waktu kerja, gak konsen.

Gak hanya itu.

Karena kurang tidur, dia jadi lebih sensitif.

Moodnya jadi cepat rusak.

Tapi itu cerita 2 bulan yang lalu.

Sekarang Alhamdulillah penyakit insomnianya sudah hilang.

Saat ini tidurnya jadi lebih berkualitas, sehari bisa 7 sampai 8 jam.

Dampaknya ke kehidupan sosialnya.

Di kantor performanya bagus, dan moodnya jadi lebih baik.

Waktu ku tanya gimana koq bisa insomnianya hilang.

Dia bilang, dia cuma rutin konsumsi propolis.

Ini memang suplemen yang bagus buat kesehatan.

Si Sony aja ngerasain dampaknya setelah rutin konsumsi 1 minggu doang.

Nah, kalau ada yang punya masalah yang sama, coba deh rutin konsumsi propolis ini juga.

Kalau belum tau propolis yang rekomended, Saya bisa kasih tau propolis yang dikonsumsi Sony.

Semoga postingan ini bermanfaat ya. 🙂

Status Keenam, Follow Up

Nah selain cara posting status, coba follow up.
Kalau jualannya lewat inbox, maka inbox mereka.
Kalau jualannya lewat WA, maka chat mereka.

Contoh :

Halo Bu (Sebut namanya)

Beberapa waktu yang lalu ibu rencana ikut promo propolis X. Mungkin karena tertarik dengan penawaran gratis ongkirnya dan manfaat produknya.

Tentang promo tersebut, lewat pesan ini Saya ingin beritahukan bahwa besok promonya akan berakhir.
Karena itu, silahkan selesaikan transaksinya paling lambat besok siang untuk tetap bisa dapat promonya ya.
Terimakasih 😊🙏

Status Ketujuh, Panggilan Terakhir

Hehe, ini cocok digunakan saat penutupan promo.
Beritau aja kalau promonya berakhir hari ini.

Contoh :

Hari ini promo Propolis X akan berakhir ya.
Ada yang belum sempat order? 🙂

Kalau pesan sekarang, selain sehat, bisa juga hemat.
Karena ada potongan gratis ongkir. Bisa hemat mulai dari 20ribu sampai 150ribu.

Yang belum sempat pesan, kesempatan ini cuma sampai sore aja ya.

Nah itulah 7 contoh status yang variatif untuk promosi di Facebook, jadi tiap hari, harus beda-beda anglenya. Tapi yang terpenting, agar strategi ini ngefek, maka kuncinya adalah menjaga Interaksi, bukan menawarkan terus-terusan.

Jadi sambil promosi, sambil juga berinteraksi, gak boleh hanya salah satunya saja. Jika sahabat membutuhkan lebih banyak contoh copywriting status promosi, silahkan baca artikel kami tentang kumpulan kata-kata promosi siap pakai.

Kesalahan banyak orang adalah pinginnya closing tiap hari, tapi yang dilakukan cuma promosi aja. Nah ini gak akan bisa. Apalagi kalau teman gak nambah, interaksi gak jalan, promo terus, eh dengan angle/pola kalimat yang sama. Bubar deh jualannya, hehehe.

Karena itu, sahabat-sahabat jangan melakukan kesalahan yang sama ya setelah membaca tulisan ini ya…

RESUME CARA JUALAN DI FACEBOOK LARIS MANIS

Kalau mau jualan sahabat semua laris manis, bisa closing terus setiap hari di Facebook maka lakukanlah secara konsisten 4 hal di bawah ini :

  • Tambah teman tertarget tiap hari
  • Interaksi tiap hari
  • Manajemen status 2 interaksi : 1 promosi
  • Promosinya tiap hari dengan angle berbeda

Sip ya?

Sebenarnya masih ada banyak tips jualan di Facebook, tapi kali ini cukup sampai disini saja dulu. Intinya, sebagai seorang pengusaha Saya mengajak sahabat-sahabat semua untuk terus belajar.

Kata seorang motivator :

“Bedanya orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu itu seperti saat membuka tutup botol. Jika tidak tidak tahu caranya, kita akan injak, banting, tekan. Padahal untuk membuka tutup botol, kita hanya perlu memutarnya”

Begitulah, untuk hal yang sederhana seperti membuka tutup botol, kita butuh ilmu, apalagi berbisnis. Ilmu memang tidak akan memastikan bisnis kita langsung berhasil.

Tapi, dengan ilmu kita akan mengurangi kebodohan-kebodohan yang tidak perlu kita lakukan. Karena dalam bisnis, tidak ada yang kebetulan, semuanya nyaris selalu ada polanya.

Jika ingin bisnis kita tumbuh cepat, tugas kita sederhana, cari ilmunya, pelajari, praktekkan, dan fokus. Bersungguh-sungguhlah mengejar ilmu, dengan membaca, melalui buku, internet, dan media informasi lainnya. Bila perlu carilah guru atau mentor, jika dirasa kita tidak bisa berproses sendiri/autodidak.

Misalnya kita perlu belajar ilmu menulis iklan (copywriting) yang menghasilkan, maka carilah ilmunya melalui buku, seperti buku Copywriting Next Level misalnya. Atau googling saja jika sahabat memang mampu untuk belajar sendiri.

Carilah guru copywriting dengan mengikuti kursus copywriting seperti Kelas Online Copywriting. Dengan begitu, insya Allah rezeki juga akan sungguh-sungguh mendatangi kita.

Karena pada dasarnya tidak ada ilmu yang sia-sia. Termasuk juga bila sahabat-sahabat ingin mendapatkan ilmu yang lebih lengkap tentang cara jualan di Facebook Personal secara organik, sahabat bisa mengikuti Kelas Facebook Hacking, dari EntrepreneurID.

Investasinya sangat terjangkau, sementara ilmu yang didapatnya sangat lengkap. Untuk informasi lebih lanjut sahabat-sahabat bisa melihatnya pada link berikut >>> Kelas Facebook Hacking.

Note : jika pendaftaran batch terbaru sudah tutup silahkan isi form di bawah ini untuk kami catatkan sebagai waiting list peserta batch berikutnya.

Demikianlah artikel tentang Cara Jualan Di Facebook Organik Laris Manis.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
GRATIS ! E-book Kisah-kisah Shahih Dalam Al Quran> Download DISINI <
+ +